Palung Terdalam di Dunia Ini Bisa Kamu Jelajahi Dengan Tarif Rp 12,3 Miliar, Mau Coba?

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 17 April 2020 17:20
Palung Terdalam di Dunia Ini Bisa Kamu Jelajahi Dengan Tarif Rp 12,3 Miliar, Mau Coba?
Mengenal Palung Mariana, Dasar Laut Paling Dalam di Dunia.

Jika ditanya dasar laut paling dalam di dunia, jawabannya adalah Palung Mariana. Palung Mariana merupakan jurang yang berada di dasar laut, di timur pulau Mariana barat Samudra Pasifik.

Bahkan Palung Mariana bisa dibilang sebagai perairan paling dalam di bumi. Palung Mariana membentang sepanjang 2550 km, dengan lebar 64 meter. Bahkan, kedalamannya hingga 11 km. Ini melebihi tinggi dari Gunung Everest yakni sekitar 8km. Kebayang nggak seberapa dalamnya? Seperti apa sih bentuknya? Yuk kita lihat.

1 dari 3 halaman

Menyimpan banyak misteri

Palung Mariana © Diadona

Ternyata saking dalamnya Palung Mariana ini, masih belum ada yang bisa mengeksplore hingga dasarnya. Hal ini dikarenakan tekanan air di Palung Mariana yang cukup tinggi.

Hal ini yang menyebabkan Palung Mariana masih menyimpan banyak misteri yang belum terkuak. Karena itu, Palung Mariana kerap kali dijadikan sebagai objek penelitian.

Berdasarkan penelitian, Palung Mariana ini sudah terbentuk sejak 180 juta tahun lalu. Dilansir dari berbagai sumber, Palung Mariana ini terbentuk karena adanya tumbukan antara dua lempeng. Dua lempeng ini berasal dari lempengan tektonik pasifik dan lempeng Filipina. Dampak dari tubrukan inilah yang akhirnya menyebabkan lapisan jatuh ke dalam lapisan mantel bumi.

2 dari 3 halaman

Habitan Ikan Seadevil

Ikan Seadevil © Diadona

Kalau kamu belum tahu ikan seadevil, ikan ini merupakan salah satu ikan dengan bentuk yang sangat menyeramkan. Ikan ini memiliki keunikan yakni memiliki semacam lampu penerangan di dekat kepalanya untuk menarik mangsa. Hal ini juga karena habitatnya yang berada di dasar laut yang gelap sehingga Ikan Seadevil akan nyaman hidup di dasar laut.

Selain itu, dikabarkan bahwa Hiu Raksasa atau Hiu Megalodon masih ada dan tinggal di sana. Hal inilah yang membuat para peneliti ingin sekali menyelaminya. Namun, ternyata sekarang kamu bisa ikut menyelam hingga ke dasar laut karena sudah dibuka untuk wisata.

3 dari 3 halaman

Tarif Menyelam hingga Rp 12,3 miliar

Palung Mariana © Diadona

Kabarnya, saat ini kamu bisa menikmati dasar laut dari Palung Mariana ini. Untuk bisa menjelajahi hingga titik terdalam, kamu perlu merogoh kocek hingga Rp 12,3 miliar. Hal ini berkat penjelajah laut Victor Vescovo, sehingga kamu bisa melihat isi palung tersebut hingga titik paling dalam.

Titik paling dalam di Palung Mariana disebut Challenger Deep. Bahkan untuk bisa ke Challenger Deep perlu memakan waktu hingga delapan hari, termasuk tiga kali menyelam ke Challenger deep.

Syarat utama untuk bisa ke Challenger Deep adalah harus memiliki berat badan di bawah 100 kg. Hal ini supaya kamu bisa masuk ke dalam lubang kapal selam yang sempit. Bagaimana? Tertarik untuk menjelajahi palung terdalam di dunia ini?

Beri Komentar