15 Tempat Wisata di Bondowoso dengan Pemandangan Paling Memukau yang Sayang Untuk Dilewatkan!

Reporter : Nasa
Kamis, 27 Mei 2021 12:25
15 Tempat Wisata di Bondowoso dengan Pemandangan Paling Memukau yang Sayang Untuk Dilewatkan!
Yuk simak deretan rekomendasinya..

Tempat Wisata di Bondowoso menjadi salah satu daya tarik wisata memukau di Indonesia. Pasalnya, tak seidikit deretan Wisata Bondowoso yang menawarkan pemandangan alam memukau kelas dunia. Tak hanya itu, deretan tempat wisata di Bondowoso juga dikenal berkat keindahan alam otentik yang tak akan kamu temukan di tempat lain loh.

Menurut info dari laman Wikipedia, Kamis (26/5/2021), Bondowoso merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki luas 1.526 km persegi. Buat kamu yang belum tahu, Bondowoso merupakan salah satu Kabupaten di Indonesia yang tidak memiliki wilayah laut.

Jadi wilayah Bondowoso bisa dibilang sebagai wilayah yang terkurung daratan atau biasa disebut sebagai Tapal Kuda. Namun, meski tak memiliki wilayah laut, Bondowoso dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki deretan wisata alam dan wisata lainnya yang sayang banget untuk dilewatkan.

Nah ini dia deretan rekomendasi Wisata Bondowoso yang sudah Diadona himpun dari berbagai sumber :

1 dari 3 halaman

Tempat Wisata di Bondowoso

Buat kamu yang masih bingung mau berkunjung ke mana untuk momen liburan kali ini bisa banget mengunjungi deretan rekomendasi Tempat Wisata di Bondowoso berikut ini. Selain terdiri dari wisata alam yang mengagumkan, wisata Bondowoso juga memiliki deretetan rekomendasi wisata lainnya yang wajib kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup.

1. Kawah Ilalang

Tempat Wisata di Bondowoso - Kawah Ilalang © Diadona

Rekomendasi tempat wisata di Bondowoso yang pertama ada Kawah Ilalang yang berlokasi di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, tepatnya berada di daerah Curah Macam. Pada saat musih penghujan, padang ilalang di kawasan tersebut akan menjadi hamparan permadani hijau dengan ujung-ujungnya yang berwarna putih.

2. Gunung Raung

Tempat Wisata di Bondowoso - Gunung Raung © Diadona

Berikutnya, ada Gunung Raung yang menjadi salah satu gunung yang menjadi rute terfavorit bagi para pendaki. Gunung dengan ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut ini memiliki kaldera sedalam 500 meter yang terus mengeluarkan asap. Untuk lokasinya, gunung ini berada di perbatasan 3 kabupaten, yakni Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember.

3. Pegunungan Hyang Bondowoso

Tempat Wisata di Bondowoso - Pegunungan Hyang Bondowoso © Diadona

Tempat wisata di Bondowoso yag berikutnya ada Pegunungan Hyang Bondowoso. Kawasan pegunungan ini disebut jadi salah satu spot pemandangan alam paling indah di Bondowoso. Menariknya, kamu tak perlu mendaki saat berkunjung ke sana. Melainkan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi seperti halnya mobil dan motor.

4. Kawah Wurung

Tempat Wisata di Bondowoso - Kawah Wurung © Diadona

Selanjutnya ada Kawah Wurung yang lokasinya ada Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Kawah Wurung ini bisa dijangkau dengan menggunakan sepeda motor. Jaraknya hanya sekitar 20 menit perjalanan dari pintu masuk Kawah Ijen. Saat bertandang ke sana, kamu akan mendapati keindahan rerumputan hijau dengan beranekaragam jenis bunga.

5. Kawah Ijen

Tempat Wisata di Bondowoso - Kawah Ijen © Diadona

Kemudian ada Kawah Ijen Bondowoso yang jadi salah satu wisata alam paling populer dari Bondowoso. Unutk menjangkau Kawah Ijen, kau harus melalui rute sejauh 3 km. Namun perjuanganmu dijamin langsung terbayar keindahan pemandangan kawah Ijen dan sekitarnya yang memesona. Belum lagi, kamu juga bisa menikmati keindahan fenomena blue fire yang langka.

2 dari 3 halaman

Wisata Alam di Bondowoso

Wisata Alam di Bondowoso - Air Tancak Kembar © Diadona

Lebih lanjut, kali ini Diadona juga turut menghadirkan deretan Wisata Alam di Bondowoso yang bisa kamu jadikan sebagai tambahan referensi. Jadi, selain deretan rekomendasi tempat wisata di Bondowoso sebelumnya, kamu juga boleh nih mempertimbangkan deretan wisata berikut ini :

6. Air Tancak Kembar (Pemandangan air terjun memukau yang dikelilingi pemandangan alam hijau yang memukau)
7. Bukit Mahadewa Bondowoso (Pemandangan alam hijau nan indah dari atas ketinggian)
8. Bukit Putus Wringin (Pemandangan indah perbukitan dan spot untuk menikmati senja terbaik)
9. Puncak Scorpio Wringin (Pemandangan alam hijau dengan spot foto instagramable)
10. Puncak P28 Bondowoso (Lokasi wisata keindahan alam dari atas ketinggian)
11. Air Terjun Pulo Agung (Wisata alam air terjun dengan aliran air sangat jernih)
12. Air Terjun Blawan (Wisata air terjun dengan aliran air yang cukup unik)
13. Air Terjun Solor Bondowoso (Wisata air terjun dengan pemandangan alam menarik)
14. Air Terjun Gentongan (Wisata air terjun yang dikelilingi oleh tebing bebatuan yang unik)
15. Air Terjun Belerang (Wisata air terjun dengan bebatuan yang dihiasi dengan corak belerang)

3 dari 3 halaman

Wisata Kawah Ijen Bondowoso

Wisata Kawah Ijen Bondowoso © Diadona

Selain itu, kali ini Diadona juga akan sedikit mengulas soal wisata Kawah Ijen Bondowoso. Kawasan Kawah Ijen memang cukup terkenal seantero negeri sebagai wisata alam memukau yang jarang ditemui di tempat lain.

Menurut info yang dihimpun dari laman Wikipedia, Kamis (26/5/2021), Kawah Ijen merupakan berada di puncak Gunung Ijen yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan juga Kabupaten Bondowoso. Kawah Gunung Ijen sendiri berada di ketinggian 2.386 Mdpl.

Gunung Ijen ini merupakan gunung vulkanik yang masih aktif. Kabarnya gunung ini terakhir meketus pada tahun 1999. Salah satu hal unik yang bisa kamu temui saat bertandang ke Wisata Kawah Ijen Bondowoso kamu bisa mendapati keindahan tambang belerang yang memukau.

Namun, saat berkunjung ke sana usahakan untuk menggunakan penutup hidung yang paling pas dan nyaman ya. Pasalnya, aroma belerang cukup menyengat dan membahayakan alat pernafasan manusia. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan Kawah Ijen dengan warna hijau atau biru terang sesuai dengan kondisi alamnya.

Tak hanya itu, kamu juga bisa dapetin pemandangan indah dan super langka fenomena 'Blue Fire' Gunung Ijen. Fenomena Blu Fire sendiri hanya terdapat pada dua tempat di seluruh dunia, dan salah satunya ada di Gunung Ijen ini. Nah itu dia ulasan mengenai Wisata Bondowoso yang terdiri dari Tempat Wisata di Bondowoso, Wisata Alam Bondowoso dan juga Wisata Kawah Ijen Bondowoso.

Gimana nih, makin gak sabar kan pengen liburan ke Bondowoso?

Beri Komentar