Miris, Begini Potret Jalanan Kota Makkah yang Sepi Bak Kota Mati

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 18 Maret 2020 10:51
Miris, Begini Potret Jalanan Kota Makkah yang Sepi Bak Kota Mati
Seperti kota nggak berpenghuni, begini keadaan kota Makkah saat ini

Dampak dari penyebaran virus Corona ini memang cukup masive. Tidak hanya dirasakan di Indonesia saja, Kota Makkah di Arab Saudi juga terkena dampak dari virus Corona ini. Sebuah momen langka, kawasan sekitar Masjidil Haram yang biasanya ramai lalu lalang jamaah maupun kendaran menjadi sepi seperti kota mati.

Dilansir dari youtube channel Alman Mulyana, ini adalah berbagai potret jalanan Makkah yang seperti kota mati.

1 dari 3 halaman

Kota Mati

Kota Makkah Sepi © Diadona

Makkah biasanya menjadi tujuan utama umat muslim dalam melaksanakan umroh atau haji, sehingga kawasan ini selalu ramai. Namun sekarang menjadi sangat sepi bahkan jalan raya terlihat begitu lenggang. Hampir tidak ada kendaraan bermotor sama sekali. Hanya beberapa taksi saja yang lalu lalang.

Kota Makkah Sepi © Diadona

Dalam video yang diunggah Alman Mulyana di akun youtubenya, terlihat ia sedang berdiri di tengah jalan raya. Padahal biasanya jalan itu sangat macet dan ramai dengan kendaraan bermotor.

2 dari 3 halaman

Aktivitas perdagangan seakan tidak ada

Kota Makkah Sepi © Diadona

Terlihat gedung-gedung pencakar langit di kawasan itu terpantau sepi. Bahkan toko-toko yang biasanya ramai dengan pengunjung, terlihat tutup. Selain itu, hotel-hotel di sana juga sangat sepi.

Kota Makkah Sepi © Diadona

Dampak ini juga dirasakan oleh supir taksi di sekitar Masjidil Haram. Di mana supir taksi setiap hari harus setor 150 real sehari. Namun di hari yang sepi seperti kota mati ini ia hanya mendapat pendapatan sebesar 40 real yang tentu saja nggak bisa menutup setorannya.

Kota Makkah Sepi © Diadona

3 dari 3 halaman

Ramai di jam tertentu

Kota Makkah Sepi © Diadona

Meskipun terlihat sepi, namun di Kota Makkah ini tetap ada jam ramai yaitu selepas Azan Isya yang ramai dengan jamaah yang ingin melaksanakan sholat isya. Namun, setelah jam 10 jalanan kembali sepi.

Dampak dari Corona ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap beberapa sektor mulai dari pariwisata, perhotelan, hingga negara Arap Saudi sendiri yang mengalami kerugian.

Baca juga

Momen Bersejarah, Ka'bah Tutup dan Kosong, Tak Ada Aktivitas Thawaf Para Jamaah

Momen Bersejarah Penutupan Ka'bah Ternyata Pernah Terjadi Lebih dari 40 Kali, Penyebabnya Memilukan 

Semoga wabah ini bisa segera berakhir dan obat penawarnya bisa segera ditemukan ya guys.

Beri Komentar