Momen Bersejarah, Ka'bah Tutup dan Kosong, Tak Ada Aktivitas Thawaf Para Jamaah

Reporter : Nasa
Jumat, 6 Maret 2020 10:28
Momen Bersejarah, Ka'bah Tutup dan Kosong, Tak Ada Aktivitas Thawaf Para Jamaah
Otoritas Arab Saudi memutuskan untuk menutup kawasan sekitar Ka'bah, menyusul kekhawatiran penyebaran virus Corona pada para jemaah Umroh dari seluruh dunia.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, otoritas Arab Saudi memutuskan untuk menutup kawasan sekitar Ka'bah selama beberapa jam pada Kamis (5/3) waktu setempat. Dilansir dari laman Middle East Eye, upaya tersebut dilakukan untuk mensterilisasi dua masjid suci umat muslim yakni Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Cukup banyak beredar gambar dan juga video di media sosial yang menggambarkan suasana sekitar Ka'bah yang steril dari Jam'aah. Pada sejumlah video terlihat sejumlah petugas yang terlihat membersihkan kawasan sekitar Ka'bah. Lokasi sekitar Ka'bah biasanya digunakan sebagai lokasi Thawaf yang dilakukan dengan mengelilingi Ka'bah sebanyak 7x.

1 dari 4 halaman

Sebelumnya, Arab Saudi sudah mengeluarkan larangan masuk terhadap jamaah umroh dari 25 negara, termasuk juga jama'ah umrah dari negaranya sendiri. Namun demikian ditegaskan oleh otoritas setempat bahwa yang dilarang adalah aktivitas ibadah umroh. Sedang untuk beribadah selain Umroh di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi masih tetap diperbolehkan.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Ka'bah © Diadona

Masih belum jelas sampai kapan pelarangan pelaksanaan ibadah umroh ini akan diberlakukan. Dari banyak video yang beredar di media sosial, masih terlihat jamaah yang tampak sedang berthawaf di lantai dua bagian luar dari kawasan Ka'bah.

Lebih lanjut, pada Senin (2/3) Arab Saudi menemukan kasus jamaah yang positif terkena virus Covid-19. Jemaah tersebut merupakan warga negara Arab Saudi sendiri yang ternyata baru saja mengunjungi Iran melalui Bahrain dan Kuwait.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Ka'bah © Diadona

Momen bersejarah penutupan Ka'bah ini tentu menyita perhatian jutaan umat muslim di seluruh dunia. Indonesia sendiri masuk ke dalam daftar negara yang jemaahnya dilarang memasuki Arab Saudi untuk melakukan ibadah Umroh, menyusul penyebaran virus Covid-19 beberapa waktu belakangan ini.

Netizen dari seluruh dunia juga ramai-ramai membahas peristiwa langka yang terjadi di tempat ibadah suci umat Islam ini. Perlu diketahui, tak hanya kawasan Ka'bah saja yang sempat ditutup, kawasan pegunungan Safa dan Marwah juga ditutup dari aktivitas ibadah Umroh. Selain itu, air sumber mata air suci zam-zam juga ditutup sementara waktu.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Ka'bah © Diadona

" Subhan Allah, Ka'bah Kosong, Thawaf berhenti saat otoritas setempat membersihkan Al-Haram karena virus Corona yang mengkhawatirkan. Semoga Allah melindungi kita!" kata seorang pemuka agama Islam Dr. Yasir Qadhi pada akun twitternya.

Semoga penyebaran virus Corona segera bisa dikendalikan, sehingga umat muslim dari seluruh dunia bisa kembali menunaikan ibadah Umroh dengan tenang seperti sedia kala.

Beri Komentar