Mengintip Indahnya Karang Jamuang, Surga Indonesia yang Terlarang Bagi Wanita

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 28 April 2020 14:20
Mengintip Indahnya Karang Jamuang, Surga Indonesia yang Terlarang Bagi Wanita
Wah kenapa ya kira-kira?

Indonesia memang punya banyak surga tersembunyi. Salah satunya adalah yang ada di Ujung Pangkah, Gresik, Jawa Timur. Di sini ada sebuah pulau indah namun tak berpenghuni. Bahkan pulau ini masih belum banyak diketahui orang.

Namanya adalah Karang Jamuang. Selain keindahannya, ada hal unik lain yang nggak kalah bikin penasaran. Ya, pulau ini terlarang bagi kaum wanita. Kira-kira kenapa ya?

1 dari 2 halaman

Karang Jamuang © Diadona

Meskipun tak berpenghuni, namun masih ada beberapa orang yang berjaga di sana. Beberapa ada yang terlihat sebagai penjaga mercusuar. Mitos muncul di masyarakat. Kabarnya pulau ini sangat terlarang bagi wanita.

Meskipun demikian, bukan berarti perempuan nggak boleh menginjakkan kaki di tempat ini. Mereka hanya tidak diizinkan untuk bermalam di pulau ini. Bahkan, perempuan tidak diizinkan untuk berada di pulau itu di atas jam lima sore.

Dilansir dari berbagai sumber, mitos yang berkembang di masyarakat menyebutkan jika akan selalu terjadi masalah tiap kali ada yang mencoba melanggar pantangan tersebut.

Mereka percaya, pulau Karang Jamuang seakan tenggelam ketika ada perempuan nekat bermalam di sana.

2 dari 2 halaman

Karang Jamuang © Diadona

Nah, usut punya usut, mitos ini sengaja diciptakan untuk mencegah hal-hal negatif di pulau ini.

Tenang aja, untuk bisa ke Pulau Karang Jamuang, kamu bisa menyeberang dari Surabaya. Kamu juga bisa menuju Pulau Karang Jamuang melalu Ujung Pangkah dengan menggunakan perahu tradisional milik nelayan. Untuk bisa ke sana menempuh waktu kurang lebih 3 jam perjalanan.

Tertarik untuk ke Pulau indah ini?

Beri Komentar