Terbengkalai Selama 46 Tahun, Kota Mati Ini Akan Kembali Sambut Wisatawan

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 31 Agustus 2020 17:20
Terbengkalai Selama 46 Tahun, Kota Mati Ini Akan Kembali Sambut Wisatawan
Berani ke tempat ini?

Gimana ya, keadaan kota yang udah terbengkalai selama 46 tahun lamanya? Berani nggak kamu kalau mengunjungi tempat ini sebagai tempat wisata?

Sebuah kota di Turki bernama Varosha adalah tempat yang sedang kita bicarakan. Kota ini bahkan dikenal sebagai kota hantu karena sudah terlantar sejak 46 tahun silam. Seperti apa kota ini? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Kota Varosha

Kota Varosha © Diadona

Melansir dari Times Travel, Varosha adalah sebuah kawasan di Turki yang terkenal sebagai kota hantu. Varosha dulunya merupakan resor wisata yang populer di tahun 197-an di kalangan wisatawan mancanegara. Namun, kota ini menjadi terbengkalai setelah invasi militer Turki ke pulau ini.

Tahun 1975, pulau Mediterania di Siprus dibagi menjadi dua, ketika kudeta didukung oleh Pemerintah Yunani bertemu dengan Invasi Militer Turki. Karena kejadian inilah yang membuat negara ini terbagi menjadi Turki-Siprus di utara dan Yunani-Siprus di selatan.

Sejak saat itulah, resor Varosha yang memang terkenal di kalangan wisatawan berubah menjadi kota hantu yang tak berpenghuni. Area inipun telah dilarang untuk dimasuki wisatawan.

2 dari 2 halaman

Kembali Dibuka

Kota Varosha © Diadona

Seakan ingin mengembalikan masa kejayaannya, Perdana menteri Republik Turki Sipurs Utara, Ersin Tatar, telah mengumumkan akan membuka kota hantu tersebut.

Dalam masa kejayaanya, Varosha dulu memiliki lebih dari 12 ribu kamar hotel. Temmpat ini bahkan menjadi rumah bagi 25 ribu penduduk di sana.

Bagaimana? Tertarik untuk mendatangi kota ini?

Beri Komentar