Melebihi Tinggi liberty, Garuda Wisnu Kencana Jadi Salah Satu Patung Tertinggi di Dunia

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 13 Februari 2020 15:57
Melebihi Tinggi liberty, Garuda Wisnu Kencana Jadi Salah Satu Patung Tertinggi di Dunia
Patung Garuda Wisnu Kencana di Bali jadi salah satu patung tertinggi di dunia, bahkan melebihi Patung Liberty di New York.

Bagi kamu yang udah pernah ke Bali, apakah udah pernah melihat kemegahan patung Garuda Wisnu Kencana? Patung ini terletak di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten badung. Kira-kira berjarak 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar.

Nah, Patung ini diklaim merupakan salah satu patung tertinggi di dunia. Bahkan, tinggi Garuda Wisnu Kencan melebihi patung liberty di New York. Bener nggak sih? Yuk kita simak.

1 dari 2 halaman

Patung ini berwujud Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu adalah Dewa Pemelihara (Sthiti) yang mengendarai burung Garuda.

Patung Garuda Wisnu Kencana diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak hingga 20 kilometer sehingga kita bisa melihatnya dari Kuta, Sanur, Nusa Dua, hingga Tanah Lot. Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan amupun dunia.

Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton. Patung ini memiliki tinggi hingga 121 meter dan lebar 60 meter. Ini mengalahkan patung liberty yang memiliki tinggi 93 meter.

 

2 dari 2 halaman

Garuda Wisnu Kencana Bali © Diadona

Garuda Wisnu Kencana telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu, 22 September 2018 lalu. Dikutip dari merdeka.com, Presiden menyebut hanya ada dua patung yang lebih tinggi dari GWK, yaitu The Spring Temple Buddha di China dan The Laykyun Sekkya Buddha di Myanmar.

Ternyata kita punya patung yang menjadi salah satu patung tertinggi di dunia, ya. Udah bangga belum jadi orang Indonesia? Jangan lupa share ke temen-temen kamu, ya.

Beri Komentar