Jessica Iskandar Lakukan Tradisi Melukat Saat Pindah ke Bali, Apa Itu?

Reporter : Nasa
Jumat, 4 September 2020 12:36
Jessica Iskandar Lakukan Tradisi Melukat Saat Pindah ke Bali, Apa Itu?
Jessica Iskandar makin mantap pindah ke Pulau Dewata

Tak lama setelah putuskan pindah ke Pulau Dewata Bali, Jessica Iskandar lakukan tradisi Melukat. Lewat akun instagramnya, perempuan 32 tahun ini mengunggah momen sakral tersebut.

Ibu dari El Barack ini terlihat mengenakan pakaian adat berwarna putih dan kuning. Jessica juga terlihat tengah mengenakan rangkaian dedaunan dan bungan yang disematkan di kepalanya.

Lebih lanjut, Jessica juga ditemani oleh seorang perempuan paruh baya yang mengenakan pakaian adat Bali. Mereka berdua terlihat sedang berada di kawasan sekitar Pure.

"Melukat saat purnama, memohon ijin dan berkat dari Tuhan untuk tinggal di Bali. Semoga berkah dan berkat bagi kita semua, dibersihkan dari segala yang kurang baik dan di dekatkan dengan kebaikan dan kasih sayang. Amin #bali," tulis Jedar di laman instagramnya.

1 dari 2 halaman

Unggahan Instagram Jessica Iskandar © Diadona

2 dari 2 halaman

Apa Itu Melukat?

Sementara itu, tradisi Melukat adalah sebuah ritual sakral bagi masyarakat Bali. Melukat berasal dari kata 'lukat' yang bermakna 'melepaskan'. Jadi Melukat adalah aktivitas untuk melepaskan hal-hal kurang baik yang melekat melalui upacara keagamaan.

Menurut info dari laman Dharmadana, pacara melukat dikenal sebagai salah satu upaya untuk membersihkan dan menyucikan diri agar dapat lebih dekat pada Yang Suci, yaitu Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Sedang Ida Sang Hyang Widhi Wasa adalah Maha Suci yang merupakan sumber kesucian. Maka dari itu, sangat diperlukan adanya kesucian dalam pribadi manusia untuk dapat mendekatkan diri pada-Nya.

Sebelumnya, selain Jessica Iskandar, ada juga selebritas lain yang pernah melakukan tradisi Melukat. Di antaranya adalah Cita Citata dan DJ Westny. Wahh semoga Jessica Iskandar bisa makin tenang di Bali.

Beri Komentar