5 Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru Islam di Berbagai Negara

Reporter : Nasa
Jumat, 21 Agustus 2020 09:35
5 Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru Islam di Berbagai Negara
Lebih semarak gak ya?

Tahun baru Islam menjadi salah satu momen bagi umat muslim di seluruh dunia. Tahun 2020 ini, 1 muharram Hijriah jatuh pada 20 Agustus dalam kalender Masehi.

Meski perayaan tahun ini juga harus terhalang dengan pandemi Covid-19 yang belum berakhir, namun masyarakat Indonesia masih tetap antusias dalam rayakan tahun baru Islam kali ini.

Indonesia sendiri miliki berbagai jenis tradisi perayaan sesuai dengan budaya dan adat istiadat di beragam kawasan. Seperti halnya di sejumlah daerah di Jawa yang masyarakatnya akan mandi di kali sebelum tahun baru Islam.

Kemudian juga ada lomba menabuh bedug di Sukabumi yang selalu menarik perhatian masyarakat. Lalu juga ada tradisi memandikan Kebo Bule di Keraton Surakarta, dan masih banyak lagi.

Nah, karena tahun baru Islam ini tak hanya dirayakan di Indonesia, kira-kira bagaimana ya perayaan ta1 Muharram di berbagai negara? Sama atau gak ya? Yahh di Indonesia aja tradisinya beda-beda, apalagi di luar negeri.

Ini dia tradisi uni perayaan tahun baru Islam di berbagai negara :

1 dari 3 halaman

1. Maroko

Tradisi perayaan 1 Muharram di negeri bagian utara Benua Afrika ini punya tradisi perayaan Tahun Baru Islam yang cukup hangat loh. Umat muslim di sana akan saling bertukar roti untuk peringati momen spesial agama Islam ini.

2. Malaysia

Umat muslim di Malaysia biasanya akan rayakan 1 Muharram dengan membaca surah Yasin bersama di Masjid. Selain itu, umat muslim di Kuala Lumpur biasanya juga akan hadiri event pengajian akbar.

2 dari 3 halaman

3. Arab Saudi

Seperti halnya di Indonesia, Arab Saudi juga berlakukan hari libur nasional saat 1 Muharram. Di sana, peringatan 1 Muharram juga dilakukan dengan diadakannya gelaran pengajian akbar yang dipimpin oleh satu Imam.

4. Brunei Darrusalam

Masyarakat muslim di Brunei rayakan 1 Muhrram dengan bersama-sama dalam membersihkan masjid. Lalu malam harinya, mereka akan menggelar pengajian dan makan bersama di masjid.

3 dari 3 halaman

5. Uni Emirat Arab

Salah satu kota besar di Uni Emirat Arab yakni Abu Dhabi punya cara unik dalam merayakan momen spesial Tahun Baru Islam. Menurut info dari laman The National (21/8/2020), otoritas setempat akan berlakukan gratis parkir.

Kabarnya biaya parkir akan digratiskan mulai Miggu 23 Agustsus 2020 hingga Senin 24 Agustus 2020 pukul 7.59 WIB. Wah lumayan banget kan, mengingat biaya parkir di sana bisa dibilang tidak murah.

Wah seru-seru juga ya tradisi mereka. Gak kalah semarak dengan Indonesia. Gimana nih menurut kamu?

Beri Komentar