Indahnya Taman Nasional Terbesar di Asia Tenggara yang Ternyata Ada di Papua!

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 15 September 2020 19:52
Indahnya Taman Nasional Terbesar di Asia Tenggara yang Ternyata Ada di Papua!
Taman Nasional Lorentz menjadi Taman Nasional terbesar di Asia Tenggara, Yuk simak rute menuju lokasi ini!

Papua memang menjadi bagian dari Indonesia dan banyak menyimpan tempat-tempat unik. Salah satu wisata yang paling banyak digemari di Papua adalah Raja Ampat.

Ternyata, nggak cuma itu aja, lho. Papua ini memiliki banyak surga tersembunyi yang patut kamu ketahui. Bahkan, asal kamu tahu, Pulau paling timur di Indonesia ini punya taman nasional terluas di Asia Tenggara, lho! Di mana itu? Yuk kita jalan-jalan.

1 dari 2 halaman

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz © Diadona

Taman Nasional Lorentz ini memiliki luas sekitar 2,4 juta hektare. Nggak heran kalau Taman Nasional Lorentz ini memiliki predikat sebagai taman nasional terbesar di Asia Tenggara.

Dengan luas sekitar 2,4 juta hektare ini, Taman Nasional Lorentz termasuk ke dalam 10 Kabupaten di Provinsi Papua, yaitu Kabupaten Mimika, Paniai, Intan Jaya, Puncak Jaya, Lanny Jaya, Jaya Wijaya, Yahukimo, Ndua, dan Asmat.

Menjadi Taman Nasional Terluas di Asia Tenggara, Taman Nasional Lorentz ini juga memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Total sekitar 630 spesies burung dan 123 spesies mamalia yang bisa ditemukan di sini. Spesies ini juga termasuk satwa langka endemik.

Ketika menginjakkan kaki ke tempat ini, kamu akan disuguhkan dengan keindahan pasir karang, padang rumput, bahkan menjelajahi bentangan es di Puncak Cartenz yang berada di ketinggian 4.884 mdpl.

Selain itu, yang menjadi daya terik wisatanya adalah Habema Lake, yang menjadi danau tertinggi di Indonesia.

2 dari 2 halaman

Rute menuju Taman Nasional Lorentz

Danau Habema © Diadona

Untuk bisa mencapai Taman Nasional Lorentz, memang cukup sulit. Kamu bisa menempuh perjalanan dari Timika. Dari sana, kamu bisa menggunakan pesawat perintis untuk menuju Kabupaten Panilia yang ada di utara Taman Nasional Lorentz.

Setelah itu, kamu harus menempuh perjalanan melalui jalur laut menuju pelabuhan Sawa Erma dan berjalan kaki ke beberapa lokasi.

Kamu juga bisa memulai perjalanan dari Wamena. Dari Wamena, kamu bisa mencapai bagian selatan taman nasional menggunakan mobil ke Danau Habema lalu berjalan kaki ke puncak Trikora.

Tertarik untuk wisata ke tempat ini?

Beri Komentar