Indahnya Curug Ciastana, Air Terjun Dua Kolam yang Memanjakan Mata

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 9 November 2020 18:21
Indahnya Curug Ciastana, Air Terjun Dua Kolam yang Memanjakan Mata
Berada di pedalaman, Curug Ciastana ini menjadi surga tersembunyi yang ada di Jawa Barat.

Indonesia memang tak habisnya menyajikan surga tersembunyi. Terkenal sebagai negara kepulauan yang dikelilingi gunung aktif, Indonesia memang menyimpan berbagai tempat-tempat indah tersembunyi.

Salah satu yang menjadi destinasi wisata unik adalah air terjun. Indonesia memang memiliki ribuan bahkan jutaan air terjun yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Nah, ada nih, air terjun unik yang bisa menjadi refernsi kamu untuk destinasi wisata baru. Namanya adalah Curug Ciastana. Selain indah, Curug Ciastana menjadi istimewa karena keunikannya yakni memiliki dua kolam bertingkat. Seperti apa keindahan Curug Ciastana ini? Yuk kita jalan-jalan.

1 dari 3 halaman

Curug Ciastana © Diadona

Curug Ciastana adalah kawasan wisata alam yang ada di Jawa Barat. Curug Ciastana berada di Wargasari, Sinarmuda, Bojongkasi kadupandak, kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Curug Ciastana menghadirkan air terjun bertingkat. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 50 meter. Sedangkan di tingkat bawah lebih rendah. Karena air terjun bertingkat ini membuatnya membentuk 2 kolam kecil yang biasa digunakan pengunjung untuk berenang.

Keunikan lainnya adalah air aliran air terjun yang lebar. Karena aliran air terjun yang lebar inilah membuatnya membentuk seperti tirai.

Ternyata, nama Ciastana ini diambil berdasarkan daerah sekitar air terjun. Astana, dalam bahasa Sunda memiliki arti makam. Karena di sekitar curug terdapat pemakaman warga, maka curug ini juga diberi nama Ciastana.

Karena Curug Ciastana ini belum dikelola oleh pihak manapun, tempat ini masih belum didukung dengan fasilitas umum. Bahkan, untuk parkir motor harus di depan rumah warga setempat.

2 dari 3 halaman

Rute Menuju Curug Ciastana

Curug Ciastana © Diadona

Untuk menuju tempat ini memang cukup sulit. Namun, akan lebih mudah apabila kamu menggunakan kendaraan roda dua ketimbang roda empat. Lokasi Curug Ciastana ini berada di daerah yang cukup terpencil. Sehingga akses jalan yang tersedia juga seadanya.

Akses jalan menuju Curug Ciastana merupakan jalan kecil dan berbatu. Hal inilah yang membuat kawasan curug ini hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja.

Rute yang ditempuh untuk bisa sampai ke Curug Ciastana,, kamu bisa melewati warung kondang - cibeber - cempaka - sukanagara - pasirnangka = sukasari - purut - lalu menuju sinarmuda. Untuk waktu yang ditempuh sekitar 3,5 jam dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Harga tiket? Tenang aja, kamu nggak perlu bayar harga tiket kok untuk bisa masuk ke sini, Karena belum dikelola oleh pihka mana pun, maka para pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir motor sebesar Rp 2.000.

Beri Komentar