Indahnya Alas Purwo, Hutan Tua di Pulau Jawa yang Menyimpan Banyak Misteri!

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 29 September 2020 18:20
Indahnya Alas Purwo, Hutan Tua di Pulau Jawa yang Menyimpan Banyak Misteri!
Selain keindahannya, Alas Purwo juga terkenal karena keangkerannya. Alas Purwo selalu dikaitkan dengan hal-hal mistis.

Indonesia memang terkenal karena alamnya yang Indah. Menjadi negara kepulauan, Indonesia menawarkan keindahan alam dari Sabang sampai Merauke yang tak ada habisnya.

Beberapa terkenal karena keindahannya, namun ada juga yang terkenal karena kemistisannya. Salah lokasi wisata yang terkenal karena keangkerannya adalah Alas Purwo.

Bahkan, ada yang bilang jika tempat ini sudah terkenal mistis sejak zaman Bung Karno hingga saat ini. Seperti apa seremnya Alas Purwo? yuk kita jalan-jalan.

1 dari 3 halaman

Misteri Alas Purwo

Alas Purwo © Diadona

Taman Nasional Alas Purwo adalah taman nasional yang terletak di kecamatan Tegaldilmo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Menjadi daerah kawasan taman nasional, Alas Purwo memiliki cerita mistis di balik keindahannya.

Beberapa cerita orang sekitar mengatakan orang-orang yang masuk Alas Purwo namun tidak bisa keluar dari sana. Beberapa mengaitkannya dengan mitos. Jika sebagian orang tidak bisa keluar dari sana, itu artinya orang-orang itu punya niatan yang jahat serta hati yang kotor.

Ternyata, mistisnya tempat ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin belajar ilmu gaib. Hal ini terlihat dari banyaknya gua-gua yang meninggalkan jejak manusia.

Karena tempatnya yang terbilang Mistis, banyak yang mengatakan jika Alas Purwo adalah tempat kerajaan Jin Terbesar. Cerita masyarakat yang berkembang adalah menganggap Alas Purwo adalah daerah di mana kerajaan jin berdiri.

2 dari 3 halaman

Info Lokasi dan Tiket Masuk Alas Purwo

Alas Purwo © Diadona

Meskipun tempat ini terkenal angker, Alas Purwo tetap menjadi destinasi wisata untuk pecinta wisata alam. Di Alas Purwo, kamu akan menemukan banyak sekali hal-hal menarik. Seperti Goa Istana Alas Purwo, Savana Sadengan, Pura Giri Selaka dan Situs Kawitan, Hutan Bambu, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang ingin menuju wilayah ini, kamu bisa menemukan lokasinya yang secara administratif masuk dalam wilayah 2 kecamatan, yaitu di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi Jawa TImur. Lokasi Alas Purwo berada di perlintasan jalur antara Banyuwangi dan Situbondo.

Untuk harga tiket masuknya, kamu hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 15 ribu saja. Untuk jam operasionalnya, Taman Nasional Alas Purwo buka mulai jam 07.30 hingga 16.00 saja.

Beri Komentar