Gunung Merapi Erupsi, Wisatanya Masih Aman Nggak Ya?

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 4 Maret 2020 11:23
Gunung Merapi Erupsi, Wisatanya Masih Aman Nggak Ya?
Erupsi membuat sejumlah daerah sekitar gunung merapi dilanda hujan abu karena gunung yang menyemburkan abu hingga 6 kilometer.

Gunung merapi terpantau erpusi pada 3 Maret pukul 05.22 WIB. Letusan ini mengeluarkan awan panas dan kolom abu. Lalu gimana kondisi di sekitar gunung Merapi? Masih amankah berwisata di sekitar gunung Merapi?

1 dari 2 halaman

Wisata Pendakian Ditutup Sementara

Dilansir dari kompas.com, tindakan preventif kepada wisatawan yang sedang atau akan berkunjung ke tempat wisata sekitar Gunung Merapi masih belum harus dilakukan. Meskipun begitu, pantauan akan tetap berlangsung dari seluruh pos penjagaan.

Sementara itu, untuk jalur pendakian memang masih ditutup sejak Mei 2018. Hal ini dikarenakan Gunung Merapi memang masih dalam status waspada. Eits, tapi jangan khawatir. Masih ada beberapa wisata sekitar Gunung Merapi yang masih bisa kamu kunjungi kok.

2 dari 2 halaman

Alternatif wisata sekitar Gunung Merapi

1. Deles Indah

Deles Indah © Diadona

Dales Indah ini berada di Klaten. Kawasan ini sangat luas dengan pemandangan alam yang sejuk khas pegunungan. Selain itu, kamu juga bisa melihat pemandangan puncak Gunung Merapi yang jelas.

2. Obyek Wisata Alam Tlogo Muncar

Tlogo Muncar © Diadona

Tlogo Muncar berada di Kaliurang, Sleman, DIY. Tempat ini terkenal dengan wisata air terjunnya yang indah. Di sana kamu juga akan disambut oleh satwa asli penghuni Gunung Merapi yaitu monyet ekor panjang.

 

3. Kalikuning Park

Kalikuning Park terletak di Desa Ngrangkah, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. Tempat ini menawarkan beragam spot sfoto berbentuk flora dan fauna. Kamu juga bisa mengabadikan pemandangan berlatarkan panorama alam yang indah.

4. Jurang Jero Srumbung

Tempat ini berada di Desa Ngargosoko, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Di sini kamu akan disuguhkan pemandangan pohon pinus merkusi yang indah. Di sini kamu juga bisa melakukan berbagai hal seperti camping, outbound, pramuka, wisata keluarga dan banyak lagi. Ada juga spot rumah pohon untuk menghiasi feed instagram kamu, lho.

5. Bunker Kali Adem

Bunker Kaliadem © Diadona

Tempat ini berada di Kinahrejo, Hargobinangon, Pakem, Sleman. Di sini kamu bisa menikmati indahnya Gunung Merapi dengan jelas.

6. Museum Sisa Hartaku

Museum Sisa Hartaku © Diadona

Museum ini dibuat untuk mengenang keganasan letusan Gunung Merapi pada 2010 lalu. Museum ini merupakan milik warga yang mengoleksikan sisa harta bendanya akibat letusan Gunung Merapi. Museum ini terletak di Jalan Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi wisata sekitar Gunung Merapi yang masih aman?

Beri Komentar