Eloknya Waduk Mrica, Bendungan Terpanjang Se-Asia Tenggara di Kota Banjarnegara

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 11 Januari 2021 11:10
Eloknya Waduk Mrica, Bendungan Terpanjang Se-Asia Tenggara di Kota Banjarnegara
Keren nih viewnya!

Bicara tentang destinasi wisata di Indonesia pasti tak ada habisnya. Mulai dari pantai, pegunungan, pulau, hutan pinus, hingga waduk dengan kondisi udara yang sejuk dan asri tentunya tak bisa kamu kunjungi dalam satu waktu sekaligus.

Nah, salah satu keasrian yang bisa kamu jumpai saat berlibur ke Banjarnegara ialah Waduk Panglima Besar Jenderal Soedirman atau lebih terkenal dengan sebutan Waduk Mrica.

Perlu diketahui, Waduk Mrica ini berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang melayani area Jawa dan Bali. Listrik yang dihasilkan pun mencapai 184,5 MW. Pada tanggal 28 Februari 1987, Presiden Soeharto meletakkan batu abadi PLTA Mrica sebagai tanda dimulainya pembangunan bendungan tersebut dan kemudian penggunaannya diresmikan pada 1989 oleh Presiden Soeharto.

1 dari 2 halaman

Waduk Mrica © Diadona

Selain digunakan sebagai PLTA, waduk ini juga dijadikan sebagai destinasi wisata dengan keelokan alam yang memukau. Lokasi Waduk Mrica ini berada di dua kecamatan, yakni Kecamatan Bawang dan Kecamatan Wanadadi, tepatnya berjarak 9km dari pusat kota Banjarnegara.

Menariknya lagi, Waduk Mrica dinobatkan sebagai waduk yang memiliki bendungan terpanjang se-Asia Tenggara dengan panjang mencapai 6.5 km dan luas 1,250 Ha, lho!

Untuk mencapai lokasi waduk tersebut, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi beroda empat ataupun roda dua. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena posisi waduk berada kurang dari 1 km dari jalan raya atau gapura Waduk Mrica, sehingga tidak ada kendaraan umum melewati area waduk.

Daya tarik yang dimiliki oleh Waduk Mrica Banjarnegara ialah bendungan airnya yang sangat luas, suara gemercik air dan kilauan sinar matahari yang dipantulkan di atas permukaan air membuat siapa saja yang memandangnya langsung terpikat. Apalagi saat sore hari dan bila cuacanya sedang cerah, panoramanya pun makin eksotis deh.

2 dari 2 halaman

Waduk Mrica © Diadona

Tenang, buat kamu yang suka foto-foto, di setiap sudut Waduk Mrica terdapat spot foto ciamik. Ditambah dengan angin yang bertiup sepoi melewati pepohonan rindang membuat kamu betah lama-lama di waduk tersebut. Sungguh menggambarkan surga duniawi, kan?

Dengan biaya tiket seharga Rp3.000 per orang ditambah parkir Rp2.000, kamu bisa merasakan fasilitas lain berupa wisata air, dayung, area memancing, panggung terbuka, lapangan golf, perahu motor, parkiran yang, tempat berfoto yang hits, toilet, dan kios pedagang di luar lokasi waduk.

Pokoknya, berkunjung ke Waduk Mrica bikin liburanmu makin seru. Jangan lupa, kalau kesini ajak kerabat atau keluarga untuk menikmati keelokan alamnya sembari piknik dengan menggelar tikar dan menyantap bekal, ya.

Jadi, kapan kamu ke Waduk Mrica?

Beri Komentar