Cantiknya Air Terjun Izvorul Bigar, Bentuknya Unik Seperti Jamur Raksasa

Reporter : Nasa
Kamis, 23 Juli 2020 11:43
Cantiknya Air Terjun Izvorul Bigar, Bentuknya Unik Seperti Jamur Raksasa
Air terjun ini juga menyimpan legenda kisah cinta dua sejoli yang menyakitkan.

Keindahan air terjun yang terletak di pegunungan Anina bagian selatan Rumania ini selalu bikin penasaran. Adalah air terjun Izvorul Bigar, yang memiliki keunikan dan pemandangan cantik yang tak akan bisa ditemukan di belahan bumi manapun selain Rumania.

Nah, yang bikin air terjun Izvorul Bigar ini jadi spesial adalah bentuknya yang cenderung tak lazim. Kalau biasanya air terjun pada umumnya terletak diujung tebing, dan menimbulkan guyuran air yang sangat tinggi. Beda banget nih sama air terjun yang satu ini.

 

1 dari 4 halaman

Izvorul Bigar Rumania © Diadona

2 dari 4 halaman

Berbentuk Seperti Jamur Raksasa

Jadi Izvorul Bigar ini justru memiliki bentuk seperti sebuah jamur raksasa yang selalu diguyur oleh derasnya air. Menariknya lagi, Izvorul Bigar ini terletak di sebuah sungai terpencil dan paling tertutup di Rumania.

Gak heran lah kenapa Izvorul Bigar ini dinobatkan sebagai air terjun yang sangat spesial. Soalnya, air terjun ini benar-benar dikelilingi oleh nuansa hijau alami hutan sekitar yang masih belum banyak terjamah manusia.

Air terjun Izvorul Bigar ini ditemukan pada 1982 dan langsung diumumkan sebagai kawasan yang dilindungi. Menurut info dari laman Thousand Wonder, kawasan alami air terjun Izvorul Bigar terdiri dari 175 hektar. Termasuk ke dalam Taman Nasional Cheile Nerei.

Tak jauh dari lokasi air terjun itu juga ada sebuah gua dengan nama serupa. Gua itu menyimpan kisah legenda asal usul terbentuknya air terjun indah Izvorul Bigar.

 

3 dari 4 halaman

Izvorul Bigar Rumania © Diadona

4 dari 4 halaman

Legenda Kisah Cinta Menyakitkan

Keindahan Izvorul Bigar menyimpan sebuah kisah cinta yang menyakitkan di antara dua sejoli. Konon, dahulu kala di kawasan tersebut tinggalkan sepasang suami istri yang bekerja sebagai petani. Namun mereka tak kunjung dikaruniai buah hati.

Hingga akhirnya mereka bertemu seorang penyihir 'Gipsi'. Penyihir itu memberi mereka saran agar meminum air terjun di musin semi. Katanya, jika sang istri meminum air itu maka dia akan bisa memiliki keturunan.

Tapi, kalau nantinya dia melahirkan bayi perempuan, maka ketika tumbuh dewasa bayi itu tak diperbolehkan untuk jatuh cinta. Karena itu menjadi tanda kematiannya. Dan ternyata istri petani itu melahirkan bayi perempuan.

Ketika dewasa anak perempuan itu ternyata jatuh cinta dengan seorang bernama Bigar. Sang ayah murka dan mengurung anaknya di dalam gua dekat air terjun. Perempuan itu menangis sejadi-jadinya.

Tangisan itu sampai terdengar oleh penyihir Gipsi. Penyihir itu mendatangi perempuan di gua, dan mengatakan kalau dia tak menyelamatkannya. Tapi dia bisa menyatukan kembali cinta perempuan itu dengan Bigar.

Caranya adalah menjulurkan rambutnya keluar gua, sehingga air matanya bisa keluar melalui air terjun dan memenuhi sungai. Bigar yang mengetahui hal itu memilih menenggelamkan diri dalam air mata kekasihnya.

Sungguh kisah cinta yang memilukan. Tapi terlepas dari kisah legenda sedih di baliknya, air terjun Izvorul Bigar memanglah sangat indah. Sepakat gak?

Beri Komentar