Inilah 6 Tips Jadi Travel Vlog yang Menarik Buat Para Newbie, Dijamin Hasilnya Ciamik!

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 3 Desember 2020 09:11
Inilah 6 Tips Jadi Travel Vlog yang Menarik Buat Para Newbie, Dijamin Hasilnya Ciamik!
Jadi travel vlog untuk pemula caranya gampang banget, kok.

Mungkin, tak sedikit dari kalian yang ingin menjadi seorang content creator dengan menghasilkan sebuah konten audio visual yang menarik saat melakukan traveling. Jika dulu banyak para traveler membuat konten hanya melalui tulisan, kini banyak sekali yang berlomba-lomba menciptakan konten video untuk di unggah di YouTube ataupun Instagram TV.

Nah, apabila kamu yang mulanya lebih senang menulis cerita traveling tapi mulai tertarik untuk bikin sebuah konten video, tak ada salahnya untuk mencoba. Hanya saja kamu perlu tahu step by step dalam membuat travel vlog agar hasilnya menarik dan ciamik. Untuk itu, simak ulasannya berikut ini.

1 dari 6 halaman

1. Konsep Kasar Konten Video

Ilustrasi Travel Vlog © Diadona

Sebelum memulai perjalanan, kamu harus menyiapkan konsep kasar atau gambaran secara umum terlebih dahulu tentang cerita apa yang ingin kamu sampaikan di video itu nantinya. Hal ini disebabkan karena konsep tersebut bakal membantu kamu dalam membuat footage di destinasi yang dituju.

Misalnya saja kamu pengin bikin travel vlog ke wisata Gunung Semeru, Jawa Timur. Maka, rangkaian konsep yang bisa kamu buat antara lain tentang akses transportasi dari lokasi asalmu, informasi harga tiket, aktivitas seru apa yang bisa kamu lakukan di objek wisata tersebut, serta tips yang kamu rekomendasikan buat para pengunjung yang pengin ke Gunung Semeru.

2 dari 6 halaman

2. Ambil Footage Sebanyak-banyaknya

Setelah mengetahui konsep dasar dar konten video kamu, maka langkah selanjutnya jadi travel vlog untuk para newbie ialah footage. Untuk bikin footage, kamu bisa mulai sejak dari rumah atau saat persiapan memulai perjalanan. Buatlah sebanyak-banyaknya supaya kamu punya banyak referensi pada saat menggabungkan rekaman-rekaman tersebut di proses editing.

Akan tetapi, pastikan footage yang kamu ambil berkualitas serta tetap perhatikan gimana cara pengambilan gambar yang baik dan cukup rekam spot-spot yang relevan dengan konsep yang sudah kamu bikin di awal.

3 dari 6 halaman

3. Pemilihan Backsound atau Musik

Ilustrasi Travel Vlog © Diadona

Sepulangnya dari traveling, inilah proses yang ditunggu-tunggu dalam pembuatan travel vlog, yakni masuk ke proses editing. Hal pertama yang kamu lakukan untuk menyunting video ialah memilih lagu atau musik yang akan kamu gunakan sebagai backsound di travel vlog pertamamu.

Meski, musik pemilihan musik ini gak wajib, tapi videomu bakal lebih menarik jika ditampilkan dengan backsound. Perlu diingat, bahwa video yang menarik haruslah seirama dengan perpindahan suara yang ada di dalam musik tersebut.

4 dari 6 halaman

4. Penggabungan Footage

Langkah berikutnya untuk membuat travel vlog buat para newbie adalah menggabungkan footage yang telah kamu ambil sebelumnya. Jika kamu edit di smartphone, maka aplikasi video editing yang recommended salah satunya yaitu InShot dan VN. Kalau sudah, pilihlah footage yang kira-kira sesuai dan gabungkan sesuai jalan cerita yang ingin kamu sajikan di konten audio visual mu tersebut.

Nah, supaya hasil penggabungan footage lebih menarik, perhatikan beat atau ketukan di lagu yang kamu pakai, dan sesuaikan perpindahan antar footage dengan ketukan yang ada di lagu tersebut. Selain itu, kamu juga bisa memberikan efek transisi antar footage, misalnya efek rotate, zoom in, zoom out, dan sebagainya agar videomu lebih atraktif.

5 dari 6 halaman

5. Sisipkan Tulisan yang Informatif atau Narasi

Ilustrasi Travel Vlog © Diadona

Step lainnya yang gak kalah penting dalam pembuatan travel vlog yaitu narasi atau tulisan yang informatif. Hal ni dilakukan setelah footage tergabung menjadi satu video utuh, kemudian sisipkan narasi berupa audio atau bisa juga berupa teks. Nah, untuk membuat audio narasi, kamu bisa bikin narasi tertulisnya dulu, lalu kamu rekam suara kamu sembari membaca narasi yang telah kamu buat.

Sedangkan, untuk bikin audio narasi yang jelas dan enak didengar, kamu bisa menggunakan aplikasi Lexis Audio Editor serta mikrofon eksternal. Tapi, jika tidak ada mikrofon eksternal, pakai mic bawaan smartphone pun juga gak masalah.

Sementara untuk tulisannya, sebaiknya sisipkan teks yang singkat, padat, jelas, dan juga gunakan font yang mudah dibaca, ya. Namun, kalau kamu sudah menggunakan audio narasi, maka teks hanya berfungsi sebagai tambahan saja, jadi nggak disertakan pun gak masalah.

6 dari 6 halaman

6. Finish

Wah, travel vlog pertama kamu sudah hampir selesai, nih. Ohiya, sebelum disimpan atau di-export menjadi file MP4, pastikan kamu tonton lagi dari awal sampai akhir guna mengecek apakah di dalam video tersebut masih ada kekurangan atau tidak.

Supaya vlog kamu nantinya gak monoton, kamu bisa memberi sentuhan akhir pada videomu dengan mengubah filter gambar agar lebih sinematik dan berkelas. Selesai, deh. Travel vlog-mu siap diunggah ke YouTube maupun Instagram TV, deh.

Gimana? Ternyata prosesnya gak seribet yang kamu bayangkan, bukan? Meski membutuhkan waktu yang tak sedikit, tapi bikin travel vlog yang kece sangat bisa dilakukan oleh para newbie. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar