Black Day, Hari Ambyar Nasional Para Jomblo di Korea Selatan!

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 15 Februari 2021 17:03
Black Day, Hari Ambyar Nasional Para Jomblo di Korea Selatan!
Kata orang Korea Selatan, hari ini tuh harinya menikmati kesendirian. Pada ngapian ya mereka?

Hari Valentine atau hari kasih sayang yang tepat pada 14 Februari menjadi momen yang istimewa bagi para pasangan. Momen tersebut seringkali dimanfaatkan untuk mengungkapkan kasih sayang kepada orang terkasih.

Namun, bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki pasangan?

1 dari 3 halaman

Di Korea Selatan, hari valentine bukan hanya dirayakan oleh dua sejoli yang sedang dimabuk asmara saja. Hari penuh keromantisan itu juga turut dimeriahkan oleh para jomblo alias mereka yang tak punya kekasih.

 

Hari untuk merayakan kesendirian para jomblo di Korea Selatan ini disebut dengan Black Day. Seperti sedang berkabung, selama merayakan Black Day para jomblo akan menggunakan pakaian serba hitam. Para single ini akan berkumpul minum dan makan makanan serba hitam.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Jajangmyeon © Diadona

Salah satu santapan yang mereka makan adalah Jajangmyeon. Mi dengan saus kental yang terbuat dari kacang hitam. Dilansir Smith Sonian Mag, semangkuk mi dinilai sebagai hidangan yang cocok untuk seseorang yang sedang patah hati dan dinilai dapat menghibur mereka.

Selain itu, jajangmyeon memiliki arti penting di Korea Selatan, karena diibaratkan sebagai jenis makanan penghibur yang banyak disukai. Terlebih warnanya juga hitam, cocok dengan nama tradisi para jomblo di Korea Selatan tersebut.

3 dari 3 halaman

Bukan hanya makan jjajangmyeon, saat Black Day biasanya mereka juga minum kopi hitam. Tidak heran ketika Black Day tiba, permintaan kopi hitam di kafe-kafe akan laris manis.

Selain Black Day, di Korea Selatan juga punya hari-hari unik lainnya, Salah satunya White Day. Perayaan yang banyak dirayakan di Asia ini biasanya dirayakan pada 14 Maret.

Berbeda dengan Black Day yang dirayakan para jomblo, White day justru hari yang digunakan untuk membalas hadiah yang diberikan pada saat Valentine.

Gimana? Tertarik mencobanya? :) 

 

Beri Komentar