Beragam Destinasi Tempat Wisata Pulau Seribu Lengkap dengan Paketnya

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 4 Januari 2020 12:38
Beragam Destinasi Tempat Wisata Pulau Seribu Lengkap dengan Paketnya
Berbagai destinasi wisata Pulau Seribu sekaligus paketnya yang bisa menjadi rekomendasi liburan kamu.

Biasanya, kita melihat kota Jakarta sebagai kota yang sibuk dan padat. Jika kita bergeser sedikit, ternyata kota ini juga memiliki destinasi wisata alam cantik yang tak kalah dengan kota lainnya. Dimana lagi jika bukan di Kepuluan Seribu.

Gugusan pulau cantik ini terletak di sebelah utara Ibukota Jakarta. Dengan didominasi oleh perairan, Pulau Seribu menawarkan pesona alam yang luar biasa. Saat ini, sudah banyak paket perjalanan yang ditawarkan jika kamu ingin menghabiskan liburan di Kepulauan seribu. Melansir dari berbagai sumber (04/01), di bawah ini berbagai paket dan tempat wisata Pulau Seribu yang menarik.

1 dari 4 halaman

Paket Pulau Seribu

Seperti yang kita tahu bahwa Pulau Seribu terdiri dari beberapa gugusan pulau. Di setiap masing-masing pulaunya menawarkan pesona keindahan yang berbeda. Pulau Seribu sendiri bisa dikategorikan menjadi tiga yaitu Pulau Resort, Pulau Penduduk, dan Pulau Private atau Pribadi. Nah, jika kamu ingin mengelilingi dan merasakan langsung keindahan pulau tersebut, beberapa paket wisata di bawah ini bisa menjadi pilihan.

1. Paket Wisata Pulau Bidadari

Pulau Bidadari merupakan resort wisata yang berkonsep alam di Pulau Seribu. Jaraknya sendiri cukup dekat dengan ibukota yaitu sekitar 15km atau 30 menit menggunakan speedboat dari Marina Ancol. Selain kamu bisa berwisata alam, di pulau ini kamu juga bisa menjumpai bangunan-bangunan bersejarah bekas peninggalan Belanda, salah satunya Benteng Martello.

Suasana yang nyaman dan asri bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke Pulau Bidadari. Tak hanya itu, paket ini biasanya juga menawarkan jelajah ke pulau-pulau terdekat dari Pulau Bidadari seperti Pulau Onrust, Pulau Kelor, dan Pulau Kahyangan.

Untuk menikmati paket Pulau Bidadari, kamu harus menyiapkan budget sekitar Rp. 350 ribu untuk orang dewasa maupun anak-anak. Bila kamu ingin menginap selama 2 hari 1 malam, kamu akan dikenakan tarif sekitar Rp. 800 ribu sampai Rp. 1 juta tergantung dengan kamar yang kamu pilih.

2. Paket Wisata Pulau Ayer

Pulau Ayer © Diadona

Sama halnya dengan Pulau Bidadari, lokasi Pulau Ayer juga cukup dekat dengan Jakarta. Kurang lebih kamu harus menempuh jarak sekitar 20 sampai 30 menit dengan menggunakan speedboat dari Marina Ancol untuk sampai ke pulau cantik ini. Pulau Ayer sendiri merupakan pulau resort yang menawarkan konsep modern dengan balutan kayu.

Saat berkunjung ke pulau ini kamu akan disambut dengan pantai pasir putih yang bersih dan pepohonan hijau yang rindang. Pulau Ayer juga menawarkan fasilitas olahraga air yang cukup lengkap seperti jet sky, banan boat, surf bike, dan lainnya.

Harga paket Pulau Ayer sendiri sekitar Rp. 390 ribu untuk orang dewasa dan Rp. 369 ribu untuk anak-anak. Ingin menginap? Tentu saja bisa. Untuk tarif menginap selama 2 hari 1 malam yaitu sekitar Rp. 800 ribu sampai Rp. 1,3 juta tergantung dengan kamar yang kamu pilih pastinya.

3. Paket Wisata Pulau Putri

Suasana lingkungan asri dengan udara yang segar siap menyambutmu saat berkunjung ke Pulau Putri. Satu hal yang menjadi daya tarik dari Pulau Putri adalah adanya Undersea Aquarium atau akuarium bawah laut dimana kamu bisa melihat keindahan bawah laut Pulau Putri dari dalam akuarium ini. Untuk harga paket wisata ini sendiri berkisar antara Rp. 850 ribu - 900 ribu untuk orang dewasa dan Rp. 750 ribu untuk anak-anak. Sedangkan jika kamu ingin menginap, kamu harus menyiapkan budget sekitar Rp. 1,5 juta untuk orang dewasa dan anak-anak akan dihitung dengan harga berbeda.

4. Paket Wisata Pulau Pari

Pulau Pari merupakan salah satu pulau wisata yang letaknya cukup berdekatan dengan Pulau Tidung dan Pulau Pramuka. Pulau ini menawarkan pesona keindahan lautnya yang jernih dengan pantai berpasir putih. Banyak aktifitas yang bisa kamu lakukan di pulai ini seperti bersepeda mengelilingi perkampungan, menjelajah perairan pulau dengan sampan, dan juga menyelam di perairan dangkalnya.

Untuk mencapai pulau ini, kamu bisa melalui dua cara yaitu menaiki kapal fery dari Kali Adem atau menaiki speedboat dari Marina Ancol. Untuk paket menginap selama 2 hari 1 malam dengan menggunakan kapan fery dari Kali Adem, kamu akan dikenakan budget sekitar Rp. 330 ribu sampai Rp. 745 tergantung dengan banyak peserta. Jika kamu memilih menggunakan speedboat dari Marina Ancol, budget yang harus kamu siapkan yaitu sekitar Rp. 600 ribu sampai Rp. 1,1 juta per orangnya.

2 dari 4 halaman

Paket Wisata Pulau Seribu 2 Hari 1 Malam

Menikmati keindahan Pulau Seribu memang enggak cukup kalau hanya satu hari saja. Untuk itu, kamu bisa memilih paket wisata Pulau Seribu 2D1N atau 2 hari 1 malam. Saat ini, hampir semua agen perjalanan sudah menawarkan paket satu ini dengan harga dan fasilitas yang menarik. Berikut ini beragam pilihan paket wisata Pulau Seribu.

1. Pulau Sepa

Pulau Sepa merupakan salah satu pulau resort yang menawarkan keindahan bawah laut yang juga menjadi daya tarik utama di pulau ini. Pantai dengan pasir putih dengan air lautnya yang jernih juga menjadi kelebihan dari Pulau Sepa. Di pulai ini, kamu bisa menikmati cottage dengan konsep eco modern dimana semua bahannya terbuat dari kayu yang menampilkan kesan eksotis.

Paket wisata selama 2 hari 1 malam di Pulau Sepa ini berkisar antara Rp. 1,5 juta sampai Rp. 1,7 juta untuk orang dewasa dan Rp. 1,1 juta sampai Rp. 1,3 juta untuk anak-anak. Pastinya semua harga ini tergantung dengan tipe kamar yang kamu pilih nantinya.

2. Pulau Harapan

Pulau Harapan © Diadona

Pulau Harapan bisa dibilang lebih tenang dan alami dibandingkan pulau penduduk di Pulau Seribu lainnya. Karena lingkungan lautnya yang masih terjaga, Pulau Harapan menjadi salah satu spot favorit bagi para pecinta diving maupun snorkeling. Selain itu, pulau ini letaknya juga lumayan berdekatan dengan bandara udara Kepulauan Seribu yaitu yang berada di Pulau Panjang sehingga akan lebih memudahkan kamu jika ingin langsung mengunjungi pulau-pulau cantik di kawasan ini.

Sama seperti pulau di Pulau Pari, untuk menuju pulau ini kamu bisa dengan menggunakan dua cara yaitu via Kali Adem dan Marina Ancol. Jika kamu memilih via Kali Adem, kamu perlu menyiapkan budget sekitar Rp. 350 ribu sampai Rp. 800 ribu tergantung jumlah peserta. Sedangkan jika melalui Marina Ancol sekitar Rp. 770 ribu sampai Rp. 1,3 juta.

3. Pulau Genteng Kecil

Berbeda dari pulau sebelumnya yang merupakan pulau resort dan penduduk, Pulau Genteng kecil merupakan pulau pribadi atau private di Kepulauan Seribu. Selain menawarkan keindahan panorama pantainya, Pulau Genteng Kecil juga memiliki ekosistem laut yang masih terjaga keindahannya. Fasilitas di pulau ini juga cukup lengkap. Biasanya, pulau ini juga digunakan untuk mengadakan acara seperti acara kantor maupun pesta.

Karena biasanya pulau ini digunakan sebagai tempat acara, paket yang ditawarkan biasanya untuk peserta dengan jumlah banyak sekaligus. Jika kamu tertarik menjadikan Pulau Genteng Kecil sebagai tempat acara, kamu bisa menyiapkan dana sekitar Rp. 1,3 juta sampai Rp. 1,7 juta untuk paket dengan 20 orang dan Rp. 1,5 juta sampai Rp. 1,8 juta untuk 10 orang.

4. Pulau Pramuka

Ilustrasi Pelepasan Anak Penyu © Diadona

Satu lagi yang menjadi pulau favorit bagi wisatawan saat berkunjung ke Pulau Seribu yaitu Pulau Pramuka. Gugusan terumbu karang yang tersebar di kawasan pulau ini menjadi daya tarik dari Pulau Pramuka. Di dalam pulau ini juga terdapat penangkaran penyu sisik dan jika kamu datang di waktu yang tepat, kamu bisa ikut melepaskan penyu-penyu kecil di tepi pantai. Seru, kan?

Pulau Pramuka juga dapat diakses melalui dua cara yaitu melalui Kali Adem dan Marina Ancol. Buat kamu yang berniat menghabiskan liburan di pulau ini, kamu bisa memilih paket menginap selama 2 hari 1 malam di Pulau Pramuka dengan budget sekitar Rp. 360 ribu sampai Rp. 1,6 juta. Hal ini kembali lagi tergantung dengan jumlah peserta dan akses yang kamu pilih.

3 dari 4 halaman

Paket Wisata Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Pulau Tidung © Diadona

Pulau Tidung bisa dikatakan sebagai salah satu destinasi populer dan favorit bagi wisatawan. Daya tarik utama dari pulau ini yaitu adanya Jembatan Cinta yang menjadi penghubung dari Pulau Tidung Besar menuju Pulau Tidung Kecil sekaligus ikon di pulau ini. Selain itu, Pulau Tidung juga menawarkan pesona pantai dengan laut biru jernih dan pasir putih yang indah.

Banyak berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berlibur ke Pulau Tidung selain mengunjungi Jembatan Cinta. Antara lain seperti snorkeling, memancing, bermain water sport dan bermain di pantai. Untuk mencapai pulau ini, kamu juga bisa melalui beberapa cara. Pertama, kamu bisa menggunakan speedboat via Marina Ancol dan lainnya melalui kapal feri dari Muara Angke.

Paket wisata untuk menikmati pulau ini biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp. 700 ribu sampai Rp. 475 ribu tergantung dengan jumlah peserta. Jika ingin menikmati Pulau Tidung dengan lebih lama, kamu bisa memilih paket menginap selama 2 hari 1 malam dengan budget mulai dari Rp. 200 ribu sampai Rp. 705 ribu tergantung dengan peserta dan paket yang kamu pilih.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Pulau Seribu

Setelah kita mengetahui berbagai macam paketnya di atas, yuk sekarang kita bergeser sedikit ke berbagai tempat wisata yang ditawarkan kepulauan cantik satu ini. Kepulauan Seribu yang terdiri dari beberapa gugusan pulau memang kaya akan keindahan alam yang menjadi daya tariknya. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata Pulau Seribu yang bisa kamu pilih sebagai destinasi liburan.

1. Pulau Dolphin

Jika dibandingkan dengan pulau yang lainnya, Pulau Dolphin masih terbilang sepi dan alami. Meski seperti itu, keindahan tempat wsiata Pulau Seribu ini enggak kalah dengan berbagai pulau di sekitarnya. Salah satu daya tarik utama Pulau Dolphin yaitu keindahan bawah lautnya. Karena itu, snorkeling menjadi kegiatan utama para wisatawan saat berkunjung ke pulau ini.

2. Pulau Macan

Pulau Macan © Diadona

Tempat wisata Pulau Seribu satu ini terletak di selatan Pulau Harapan. Di pulau ini, kamu bisa menikmati perairan dengan warna biru kehijauan. Fasilitas di Pulau Macam juga cukup lengkap buat kamu yang memutuskan untuk menghabiskan waktu lebih lama lagi di pulau ini.

3. Pulau Onrust

Lokasi Pulau Onrust masih berdekatan dengan Pulau Bidadari. Suasana wisata Pulau Seribu satu ini masih kental dengan nuansa dulu. Selain itu, di Pulau Onrust kamu bisa menjumpai banyak bangunan tua peningggalan Belanda yang juga menjadi objek wisata dari pulau ini.

4. Pulau Kotok

Daya tarik utama dari Pulau Kotok yaitu wisata bawah lautnya. Terumbu karang yang masih terjaga dengan beragam biota lautnya menjadi spot favorit bagi pecinta diving dan snorkeling. Sama dengan kebanyakan pulau lainnya, tempat wisata Pulau Seribu satu ini juga menyediakan beragam olahraga air yang bisa kamu coba.

Sangat menarik kan beragam tempat sekaligus paket wisata di Kepulauan Seribu? Sekarang, kamu bisa mulai merancang nih destinasi mana yang akan kamu kunjungi saat berlibur di kepulauan ini.

Beri Komentar