Instagram Music kini Hadir di Indonesia! Begini Cara Menggunakannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 24 Juni 2021 13:22
Instagram Music kini Hadir di Indonesia! Begini Cara Menggunakannya
Instagram music adalah fitur dari Instagram yang bisa bikin kamu mengupload foto atau video dengan latar belakang musik yang kamu sukai

Instagram music kini hadir di Indonesia!! Yey! Dengan fitur baru tersebut, kini pengguna instagram di Indonesia bisa menambahkan cuplikan lagu sebagai latar belakang suara di unggahan story instagram mereka. Diketahui, instagram music sudah mulai bisa digunakan sejak Rabu (23/6) kemarin.

Sebenarnya sih fitur ini diluncurkan pertama kali pada 28 Juni 2018. Namun hanya beberapa negara saja yang bisa menggunakannya diantaranya AS, Inggris, Australia, Selandia Baru, Swedia, Prancis, Kanada, dan Jerman. Pengguna di Indonesia belum bisa mengaksesnya karena masih terganjal dengan lisensi musik di wilayah Indonesia, melansir Kumparan. Padahal lisensi lagu penting banget terkait dengan hak cipta.

Inilah mengapa dulu saat kita sedang membuka story instagram seseorang, terdapat pemberitahuan di halaman tersebut berupa : 'Instagram Music is not available in your region'. 

Terus gimana cara menggunakan instagram story tersebut? Yuk simak ulasan Diadona berikut yuk!

1 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Instagram Music

Instagram Music dan Cara Menggunakannya © Diadona

Pertama-tama, kamu harus melakukan update aplikasi terlebih dahulu lewat toko aplikasi yakni Google Play Store untuk pengguna Android atau App Story bagi pengguna iOS. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

- Buka aplikasi instagram versi terbaru di ponsel kamu.

- Pilih fitur story dengan klik foto profil di pojok kiri atas tau dengan meggeser layar ke arah kanan.

- Ambil foto atau video yang ingin kamu unggah dalam instagram story atau bisa juga dari gambar yang sudah tersedia di galery ponselmu.

- Diadona mau mengunggah foto bunga ah!

- Setelah foto sudah dipilih dan tampil di layar, klik ikon 'stiker' (kotak tersenyum) yang berada di panel bagian atas. Kamu akan menemukan opsi Music di bagian kanan bawah.

- Setelah diklik, kamu akan mendapati berbagai lagu yang bisa kamu pilih.

- Ada dua kolom yang tersedia, yakni 'For You' yang merupakan koleksi lagu yang direkomendasikan dan 'Browse' yakni deretan lagu yang dikelompokkan berdasarkan jenis atau genre.

- Pilih lagu yang kamu sukai. Sebelum memasangnya, kamu bisa mendengarkan dulu dengan menekan ikon 'Play' yang terletak di sebelah kiri judul lagu.

2 dari 3 halaman

Instagram Music dan Cara Menggunakannya © Diadona

- Saat lagu sudah terpilih, kamu akan melihat halaman yang bisa kamu gunakan untuk mengedit lagu tersebut kok.

- Kamu bisa memotong lagu dan memilih bagian mana yang akan kamu tampilkan di unggahan kamu dengan menggeser ke kanan dan ke kiri.

- Kamu juga bisa memilih jenis tampilan teks lirik lagu yang akan muncul.

Instagram Music dan Cara Menggunakannya © Diadona

- Sudah selesai semua? Klik tombol 'Done' yang terletak di bagian pojok kanan atas.

- Ukuran dan posisi teks atau tampilan Instagram Music bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan kamu.

- Nah, tinggal klik 'Send to' untuk menggunggahnya deh!

Setelah terposting, coba deh dengerin story instagram kamu. Ada latar belakang berupa musik di foto atau video yang kamu unggah kan?

3 dari 3 halaman

Reels di Instagram

Selain instagram music, fitur Reels kini udah bisa digunakan oleh pengguna akun isntagram di Indoensia lho! Apa itu Reels?

Yakni sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah konten video dengan durasi sepanjang 15-30 detik dan bisa ditambahkan efek lagu, filter keren dan efek dipercepat. Katanya sih Reels ini akan muncul sebagai pesaing berat TikTok.

Instagram Music dan Reels kini udah tersedia nih. Selamat berkreasi dengan membuat konten yang kreatif dan menarik!

 

Beri Komentar