Begini Wujud Sungai Tersempit di Dunia, Lebarnya Cuma 15 Cm

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 5 Januari 2022 14:17
Begini Wujud Sungai Tersempit di Dunia, Lebarnya Cuma 15 Cm
Tempat ini bahkan lebih mirip parit ketimbang disebut Sungai.

Selain menjadi salah satu tempat yang tak bisa lepas dari kehidupan manusia. Selain menjadi tempat air mengalir, sungai juga menjadi sumber air untuk masyarakat sekitar, baik itu untuk mengairi sawah, mandi, minum, dan lain sebagainya. Bahkan, di beberapa daerah, ada sungai yang memiliki keunikan tersendiri hingga menjadi tempat wisata.

Di dunia ini, Sungai Amazon dikenal sebagai sungai terbesar di dunia. Namun, pernah terpikir gak sih, di mana sungai tersempit di dunia? Ternyata sungai tersempit di dunia beneran ada, loh. Namanya adalah Sungai Hualai. Di mana itu? Yuk kita telusuri!

1 dari 4 halaman

Sungai Hualai

Sungai HualaiSungai Hualai © odditycentral.com

Sungai Hualai berada di dataran Mongolia, tepatnya China bagian utara. Seperti dijelaskan di atas, sungai ini memang dikenal sebagai sungai tersempit di dunia. Benar saja, sungai ini hanya berukuran beberapa puluh sentimeter saja pada titik terlebarnya.

Melansir dari Oddity Central, Sungai Hualai memiliki panjang lebih dari 17 kilometer. Namun, yang menjadi keunikannya adalah lebar sungai ini, yaitu hanya 15 sentimeter pada titik terlebarnya, dan hanya 4 sentimeter saja pada titik tersempitnya.

2 dari 4 halaman

Tuai Perdebatan

Sungai HualaiSungai Hualai © odditycentral.com

Meskipun banyak yang menyebut jika aliran ini adalah sungai, namun, ada juga yang menganggap jika aliran ini bukanlah sebuah sungai, melainkan hanyalah sebuah parit. Hal ini karena lebar sungai ini yang hanya beberapa sentimeter saja.

Uniknya, aliran air ini terus mengalir sepanjang tahun. Bahkan, Hualai juga memiliki beberapa elemen yang menjadikannya layak disebut sungai. Seperti adanya cekungan yang jelas, padang rumput dan juga beberapa faktor lain.

Sungai Hualai telah mengalir melalui padang rumput Gongger setidaknya kurang lebih selama 10 ribu tahun. Rupanya, itu berasal dari mata air bawah tanah dan mengalir ke Danau Dalai Nur di cagar alam Hexigten Grasslands.

3 dari 4 halaman

Dijuluki Sungai Jembatan Buku

Sungai HualaiSungai Hualai © odditycentral.com

Selain menjadi sungai tersempit di dunia, ternyata Sungai Hualai ini punya julukan tersendiri, loh. Sungai ini juga punya nama lain 'Book Bridge River' atau Sungai Jembatan Buku.

Nama ini diberikan bukan tanpa alasan. Dahulu, diceritakan ada seorang anak laki-laki yang sedang berjalan-jalan di dekat Sungai Hualai. Namun, tanpa sengaja anak laki-laki ini tersandung hingga akhirnya dia terjatuh bersama barang bawaannya, yaitu sebuah buku.

Buku itu terjatuh tepat di salah satu bagian tersempit dari Hualai. Buku itu ternyata justru menjadi sebuah jembatan yang berguna bagi semut yang mencoba untuk sampai ke seberang. Dari situlah nama Sungai Jembatan Buku tercipta.

Beri Komentar