Air Terjun Sigura-Gura, Cantiknya Pesona Wisata Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Reporter : Nasa
Selasa, 4 Agustus 2020 11:41
Air Terjun Sigura-Gura, Cantiknya Pesona Wisata Air Terjun Tertinggi di Indonesia
Tingginya mengalahkan air terjun Madakadipura dan Air Terjun Payakumbuh.

Wisata air terjun biasanya menjadi lokasi wisata favorit masyarakat Indonesia. Hampir seluruh kawasan di Indonesia pasti memiliki kawasan air trjun yang indah.

Tapi tahu gak sih kamu kalau air terjun tertinggi di Indonesia terletak di Sumatera Utara. Adalah air terjun Sigura-Gura, yang disebut memiliki ketinggian mencapai 250 meter.

Menurut info dari laman Twisata, objek wisata air terjun Sigura-Gura berada di kawasan Kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumatera Utara loh. Makanya letaknya tak jauh dari lokasi wisata Danau Toba.

1 dari 4 halaman

Bendungan Sigura-Gura © Diadona

2 dari 4 halaman

Jadi Pembangkit Listrik Tenaga Air

Air terjun Sigura-Gura ini tak hanya memiliki pemandangan yang sangat indah, namun juga difungsikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Di sekitar air terjun Sigura-Gura memang dibangun sebuah bendungan.

Bendungan tersebut diberi nama serupa yakni bendungan Sigura-Gura. Kabarnya, bendungan Sigura-Gura ini merupakan bendungan terbesar kedua di Indonesia setelah bendungan Sutami Malang loh.

3 dari 4 halaman

Air Terjun Sigura-Gura © Diadona

4 dari 4 halaman

Akses Menuju Air Terjun Sigura-Gura

Lokasi air terjun Sigura-Gura bisa diakses dengan mudah jika kamu naik pesawat langsung menuju Bandar Udara Sibisa Toba Samosir. Dari sana, kamu bisa langsung menuju air terjun Sigura-Gura sambil melewati indahnya danau Toba.

Boleh nih diagendakan tahun depan untuk berwisata ke kawasan ini.

Beri Komentar