Ada Kolam Air Asin Beracun di Bawah Laut Meksiko

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 10 Mei 2022 18:31
Ada Kolam Air Asin Beracun di Bawah Laut Meksiko
Kolam bawah laut ini menjadi pemandangan unik sekaligus berbahaya. Butuh kapal selam agar manusia bisa menyelaminya.

Dunia memang memiliki beragam tempat-tempat unik yang punya sejuta misteri. Salah satunya adalah tempat yang ada di Meksiko ini. Sebuah fenomena unik hadir di lautan, yaitu munculnya kolam di tengah-tengah laut.

Meskipun unik, sayangnya tempat ini justru cukup berbahaya dan sangat dilarang untuk diselami. Di mana tempat itu? Yuk kita kunjungi!

1 dari 3 halaman

Brine Pools

Brine Pool MeksikoBrine Pool Meksiko © squarespace-cdn.com

Kolam air asin ini bisa ditemukan di Teluk Meksiko. Kolam ini memiliki salinitas air tiga hingga delapan kali lebih banyak daripada lautan di sekitarnya.

Kolam air asin ini berukuran 1 meter dengan luas sekitar 20 km yang disebut Brine Pools.

Saat ikan dan hewan lair berkeliaran di dalamnya, mereka akan mengalami shock toxic bahkan hingga kematian.

2 dari 3 halaman

Terbentuknya Brine Pools

Brine Pool MeksikoBrine Pool Meksiko © losangelestimes.com

Melansir dari The Travel, saat ini, teluk Meksiko merupakan sebuah cekungan laut yang cukup dalam. Namun, jauh sebelum itu, kurang lebih di zaman dinosaurus atau periode Jurassic tengah, Teluk Meksiko merupakan laut dangkal yang terputus dan kemudian sempat mengering. Karena hal tersebut yang kemudian menghasilkan lapisan garam setebal 8 km.

Lalu, ketika Teluk kembali terisi dengan air laut, lapisan garam terjaga oleh sedimen dan terkubur lebih dalam.

Seiring berjalannya waktu, berat sedimen ini telah mendorong garam ke dalam kubah di beberapa tempat. Garam kemudian larut dan membentuk kolam air asin tersebut.

3 dari 3 halaman

Brine Pool MeksikoBrine Pool Meksiko © bbc.co.uk

Hewan laut biasanya tak akan bertahan hidup di sana, karena mereka akan menjadi shock dan tak bisa bernapas dalam air. Beberapa kolam air asin dipenuhi hewan mati seperti ikan, kepiting, amphipods, dan berbagai organisme.

Bahkan, jika ada manusia yang hendak menyelami laut tersebut, mereka biasanya akan diminta untuk menyewa kapal selam. Salah satu perusahaan yang menawarkan ini adalah OceanGate Experiences. Perusahaan inilah yang juga menawarkan tur hingga sampai ke Titanic.

Biasanya para turis akan memberi tahu di mana dan kapan kapal pesiranya akan bersandar. Lalu kemudian tur ini akan dilanjutakan oleh pihak OceanGate Experiences.

Tertarik untuk menyelaminya?

      View this post on Instagram      

A post shared by OceanX (@oceanx)

 

Beri Komentar