Asiknya Rafting di Songa Adventure, Arung Jeram Terbaik Se-Jawa Timur yang Bikin Ketagihan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 7 Januari 2021 12:10
Asiknya Rafting di Songa Adventure, Arung Jeram Terbaik Se-Jawa Timur yang Bikin Ketagihan
Cocok buat ngilangin penat, nih.

Meski tergolong liburan ekstrim, namun kegiatan rafting banyak sekali peminatnya. Pasalnya, olahraga yang memacu adrenalin ini mampu memberikan kepuasan batin setelah melakukannya. Belum lagi, rafting menjadi salah satu cara terampuh untuk mengistirahatkan otak setelah penat bekerja atau sibuk dengan rutinitas.

Sayangnya, tidak banyak sungai yang memiliki tantangan yang pas dengan pengelolaan yang baik. Tenang, Songa Adventure, destinasi wisata arung jeram yang ada di Kabupaten Probolinggo bisa kamu jadikan jujukan. Menariknya lagi, Songa Adventure memiliki spot jeram yang dinilai terbaik se- Jawa Timur, lho!

Songa Adventure ini lokasinya berada di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Rute menuju lokasi pun cukup mudah karena banyak ditemukan petunjuk arah di sepanjang Jalan Pantura Probolinggo. Baik dari arah barat ataupun timur.

1 dari 2 halaman

Songa Adventure © Diadona

Saat datang kesini, nantinya kamu akan diberikan kenyamanan yang luar biasa baik dari sisi sungai, alamnya, hingga fasilitas yang komplit. Tak hanya itu saja, selama arung jeram, kamu juga akan menikmati daerah yang masih sangat alami seperti tebing, 7 air terjun yang sangat memukau, goa dengan ribuan kelelawar, serta menemui sekitar 50 jeram yang ringan sampai ekstrim seperti Xtravaganza, Hiu, Cucak Rowo, dan masih banyak lagi.

Aktivitas utama di sini tentu saja mengarungi Sungai Pekalen yang memiliki 2 trip, yakni Pekalen Bawah dan Pekalen Atas dengan grade II hingga III+. Untuk Pekalen Bawah atau sering disebut dengan Incredible Trip ini lebih ringan dengan panjang 10 km dan berdurasi 2 jam. Sementara Pekalen Atas atau Beautiful Trip yang lebih ekstrim ini memiliki panjang 12 km serta durasinya 2,5 jam.

Ohiya, selain arum jeram, tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas lain yang bermanfaat untuk melatih mental, lho. Misalnya seperti paintball atau simulasi peperangan dengan resiko rendah. Tenang, untuk peralatan keamanannya sudah tersedia lengkap dengan area yang luas dan mirip seperti hutan aslinya kok, guys.

2 dari 2 halaman

Songa Adventure © Diadona

Songa Adventure menyediakan paket outbound dan fun games yang berguna untuk melatih kedisiplinan, kekompakan, dan softskill lainnya. Pilihan kegiatan tersebut pastinya sangat cocok untuk pendidikan dan pelatihan (diklat) atau hanya sekadar bersenang-senang dengan keluarga dan teman. Asyik, bukan?

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata ini, ada beberapa paket yang ditawarkan. Namun kalau ingin per kegiatan saja maka akan dikenai tarif per orang. Sedangkan untuk biaya rafting Songa Bawah dikenakan Rp299.000 dan Songa Atas Rp 339.000. Harga tersebut sudah termasuk peralatan rafting, pemandu dan rescuer, minuman, makan, shuttle transportasi, serta asuransi.

Sementara, untuk biaya Paintball seharga Rp175.000 (minimal 30 orang), fun game Rp185.000, dan outbond Rp175.000 (minimal 30 orang). Soal fasilitas umum, kamu gak perlu khawatir karena disini telah tersedia kamar mandi, musholla, hingga gazebo untuk menikmati alam.

Jadi, apakah kamu tertarik memacu adrenalin di Songa Adventure? Share di kolom komentar ya!

Beri Komentar