15 Tempat Wisata di Sumatera Utara termasuk Daerah Balige, Medan, dan Pematang Siantar

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 17 Februari 2020 23:14
15 Tempat Wisata di Sumatera Utara termasuk Daerah Balige, Medan, dan Pematang Siantar
Banyak tempat wisata yang menarik dan wajib kamu kunjungi di Sumatera Utara. Apa saja itu? Cek di sini, ya.

Tak hanya Pulau Jawa saja, beragam pulau lainnya di Indonesia memiliki beragam destinasi wisata yang snagat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya provinsi Sumatera Utara. Apa nih yang muncul di pikiran kamu pertama kali saat menyebut Sumatera Utara? Danau Toba atau Istana Maimun mungkin? Memang benar keduanya merupakan beberapa diantara wisata menarik dan ikonik yang ada di provinsi ini.

Tak hanya itu saja, Provinsi Sumatera Utara masih menyimpan sederet wisata menarik lainnya. Tentunya juga panorama alam yang mempesona. Melansir dari berbagai sumber (17/02), yuk kita simak 15 tempat wisata di Sumatera Utara yang wajib kamu kunjungi di bawah ini. Apa saja destinasi wisatanya?

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Balige Sumatera Utara

Tempat wisata di Sumatera Utra yang pertama yuk kita mulai dari Balige. Balige sendiri merupakan ibukota dari Kbaupaten Toba Samosir. Yuk, langsung saja kita simak beragam destinasi wistanya.

1. Pulau Samosir

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh ADVENTURE SAMOSIR (@adventuresamosir) pada

Pasti sebagaian besar dari kamu sudah familiar dengan pulau yang terletak di tengah-tengah Danau Toba ini ya. Apalagi cerita legenda tentang keduanya cukup terkenal di Indonesia. Nah, saat ke Sumatera, kamu bisa menyempatkan singgah ke Pulau Samosir.

Pulau Samosir sendiri tak hanya menawarkan paorama alam yang indah, namun juga budaya, kuliner, dan sejarah yang sangat menarik untuk di explore. Untuk mencapai salah satu tempat wisata di Sumatera ini kamu bisa menggunakan kapal ferry, kapal wisata, kapal penumpang maupun speed boat.

2. Air Terjun Situmurun

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) pada

Selanjutnya, masih berada di kawasan Danau Toba yakni Air Terjun Situmurun. Air Terjun Situmurun sendiri terletak di Jonggi Nihuta, Lumban Julu, Tobasa. Menariknya, air terjun in merupakan satu-satunya air terjun yang aliran airnya langsung jatuh ke Danau Toba.

Untuk keindahannya sudah enggak perlu kamu ragukan lagi. Perpaduan air terjun berlatar tebing dengan tetumbuhan hijau sangat cantik bersanding bersama Danau Toba di sekitarnya. Nah, untuk mencapainya kamu bisa menggunakan kapal melalui Balige maupun rute Ajibata atau Marapat.

3. Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Priyanka & Sagar ? (@the_arcticterns) pada

Di sekitar Danau Toba kamu juga bisa menjumpai taman bunga yang indah. Sebenarnya, Kebun Bunga Sapo Juma Tongging ini adalah sebuah penginapan. Meski berada dalam kawasan penginapan, kamu enggak harus menginap di resort ini dulu kok untuk bisa menikmatinya. Kebun bunga ini terbuka juga untuk pengunjung luar.

Kebun Bunga Sapo Juma Tongging menawarkan hamparan aneka bunga warna-warni yang memanjakan mata. Suasana sekelilingnya pun juga asri dengan memiliki hawa yang sejuk. Bila kamu suka berfoto, pastinya kamu enggak boleh melewatkan berkunjung ke tempat wisata di Sumatera satu ini.

4. Bukit Gibeon

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh medandjaya (@visit_sumut) pada

Bukit Gibeon bisa menjadi salah satu alternatif wisata keluarga di sekitaran Danau Toba. Lokasinya sendiri tepatnya berada di Desa Parsaroan, Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir. Di kawasan ini, kamu bisa menikmati kesegaran bermain air di kolam renang sembari menyaksikan panorama indah yang disuguhkan sekitarnya.

Di Bukit Gibeon juga terdapat air terjun yang sangat menarik. Karena, airnya yang langsung jatuh langsung ke kolam renang. Kamu bisa nih merasakan sensasi guyuran air terjun di bawahnya. Sebenarnya, Bukit Gibeon atau Pusat Seminar Bukit Gibeon merupakan tempat sekolah pendeta sekaligus tempat ibadah. Jadi, tak heran jika kamu akan menjumpai rumah peribadatan di kawasan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Tempat Wisata di Sumatera Utara

Provinsi Sumatera Utara sendiri memiliki sederet wisata ciamik. Mulai dari alam hingga budaya dan sejarahnya bisa jadi destinasi wisata yang sangat menarik. Seperti beberapa destinasi wisata berikut ini. Yuk, cek daftar wisatanya!

1. Desa Wisata Tomok

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh riswenny (@nova_sittumorang11) pada

Terletak di Pulau Samosir, Desa Wisata Tomok merupakan destinasi yang tepat jika kamu ingin lebih mengenal tentang budaya Batak Toba. Di sini, kamu bisa menyaksikan sarkofagus batu besar kepala suka Sidabutar. Selain itu, ada juga kompleks pemakaman raja-raja Batak di masa lalu sekaligus Museum Batak.

Salah satu budaya yang terkenal dari Desa Wisata Tomok ini yakni pertunjukkan boneka Sigale-Galenya. Sigale-Gale sendiri merupakan boneka kayu seukuran orang dewasa yang bisa bergerak sekaligus menari sendiri. Menarik, ya. Nah, setelah puas berkeliling desa, kamu bisa membeli oleh-oleh khasnya di Pusat Souvenir Tomok.

2. Istana Maimun

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Like Indonesia (@like_medan) pada

Saat berwisata ke Medan, kamu bisa berkunjung ke salah satu ikon wisatanya yakni Istana Maimun. Istana dengn 30 ruangan ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Deli. Di dalamnya, kamu bisa menyaksikan koleksi beragam senjata, foto-foto keluarga sultan, dan perabotsn Belanda kuno, dan lainnya.

Desain interiornya sendiri juga sangat menarik karena merupakan perpaduan dari berbagai budaya seperti India, Belanda, Islam, Spanyol, Melayu, dan Italia. Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara ini berada di Jl. Brigadir Jenderal Katamso, Aur, Medan Maimun, Medan.

3. Air Terjun Sipiso-piso

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Triptrap liburan murah (@triptrapliburan) pada

Memiliki ketinggian sekitar 120 meter, Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Lokasinya sendiri berada tak jauh dari Danau Toba. Tepatnya terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Kata piso sendiri berarti pisau dalam bahasa Indonesia. Hal ini enggak lepas dari bentuk Air Terjun Sipiso-piso yang kecil dan panjang, mirip dengan pisau jika dilihat dari kejauhan. Tak hanya bentuknya saja yang menarik, panorama yang dimiliki tempat wisata di Sumatera Utara ini juga sangat memanjakan mata.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara

Pasti kamu sudah enggak asing lagi ya dengan kota satu ini. Medan sendiri merupakan ibukota dari provinsi Sumatera Barat. Banyak wisata yang menarik lho yang ditawarkan kota ini. Apa saja itu?

1. Tjong A Fie Mansion

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Emir Haris (@emir_haris) pada

Wisata menarik pertama yang bisa kamu tuju saat di Medan yakni Tjong A Fi Mansion. Bangunan ini dulunya merupakan rumah dari Tjong A Fi, seorang pedagang besar yang senang membantu sesama. Berdiri sejak tahun 1900, salah satu tempat wisata di Sumatera Utara ini memiliki desain bangunan menarik dari perpaduan beberapa budaya yakni Cina, Melayu, dan Eropa.

Tjong A Fie Mansion sendiri memiliki luas 8000 m2 dengan 35 ruangan. Nuansa klasik Tiongkok tempo dulu sangat kental saat kamu memasuki bagian dalam dari mansion yang juga difungsikan sebagai museum ini. Kamu bisa mengunjungi tempat menarik ini setiap hari dari jam 09.00 - 17.00 WIB, kecuali pada hari raya Imlek museum akan tutup.

2. Gereja Graha Maria Annai Velangkanni

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Batak Indonesia (@bataknesia) pada

Berbeda dengan gereja kebanyakan, Gereja Graha Maria Annai Velangkanni ini memiliki arsitektur yang sangat menarik dengan sentuhan Hindu. Sekilas, gereja ini mirip dengan kuil yang ada di India. Karena, memang desain utamanya sendiri terinspirasi dari arsitektur Indo-Mogul.

Meski Gereja Graha Maria Annai Velangkanni merupakan tempat peribadatan, namun gereja ini bisa dikunjungi siapapun. Lokasinya juga cukup strategis yakni berada di Tj. Selamat, Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara.

3. Romance Bay

Buat kamu dan pasangan yang sedang mencari tempat wisata romantis di Medan, bisa banget kamu mengunjungi Romance Bay. Romance Bay sendiri merupakan wisata pantai yang berada di sepanjang pesisir Perbaungan, Serdang Bedagai.

Di sini, kamu dan pasangan bisa menikmati panorama pantai dengan hamparan pasir putih di gazebo-gazebo yang terbuat dari bambu dan berhiaskan kain kelambu warna-warni. Romantis, ya.

4. The Le Hu Garden

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Luciana Yap (@lucianayap) pada

Tempat wisata selanjutnya yang tak kalah menarik di Medan yakni The Le Hu Garden. Di kawasan ini, kamu akan disughi panorama taman bunga yang indah. Pastinya, juga snagat cantik sebagai spot foto. Tak hanya menikmati taman bunga, di The Le Hu Garden kamu juga bisa berkeliling danau dan memancing ikan.

Fasilitas di sekitar kawasan ini pun cukup lengkap mulai dari thoilet, musholla, area pemancingan, hingga food court semuanya tersedia di The Le Hu Garden. Selain itu, biaya masuknya pun juga ramah di kantong yakni sekitar Rp. 10 ribu saja.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Pematang Siantar Sumatera Utara

Setelah Medan, sekarang yuk kita bergeser ke Pematang Siantar. Tak kalah dengan berbagai kota lainnya di Sumatera Utara, Pematang Siantar juga menyuguhkan beragam destinasi wisata yang sangat sayang jika kamu lewatkan. Cek yuk ada apa saja destinasi wisatanya.

1. Pemandian Alam Aek Manik

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mobil Travel (@siantar_mobiltravel) pada

Pemandian Alam Aek Manik menjadi salah satu wisata alam yang enggak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Pematang Siantang. Airnya yang snagat jernih menjadi salah satu daya tarik dari tempat wisata di Sumatera Utara ini. Saking jernihnya, kamu sampai bisa melihat dasar dari pemandian alam ini, lho.

Selain airnya yang jernih, panorama sekitarnya pun sangat asri dan alami. Sangat pas jika kamu sedang mencari tempat untuk menyegarkan pikiran. Lokasi Pemandian Alam Aek Manik sendiri terletak di Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

2. Kebun Teh Sidamanik

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh ???? (@sarasidauruk_) pada

Tak jauh dari Pemandian Alam Aek Manik, kamu bisa sekalian berkunjung ke Kebun Teh Sidamanik. Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara ini terbagi menjadi tiga kawasan yakni kawasan Kebun Teh Bah Butong, kawasan Kebun Teh Toba Sari, dan kawasan Kebun Teh Sidamanik.

Seperti kebanyakan perkebunan teh lainnya, kamu akan disuguhi hamparan hijaunya perkebunan teh yang menyegarkan mata. Tak ketinggalan juga suasana sejuk khas pegunungan akan menyambutmu saat menginjakkan kaki ke kawasan satu ini.

3. Air Terjun Mamabu

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dave (@david_lim8899) pada

Daerah Pematang Siantar memiliki cukup banyak air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Termasuk salah satunya Air Terjun Mamabu. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 50 meter dengan aliran air yang cukup deras. Pemandangan sekitarnya juga masih sangat asri dan terkesan alami. Tapi, untuk mencapainya kamu harus melewati medan yang cukup emnantang lebih dulu.

4. Patung Dewi Kwan Im

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh SIANTAR SIMALUNGUN (@explore_siantar) pada

Patung Dewi Kwan Im ini adalah patung raksasa dengan ketinggian mencapai 22,8 meter. Lokasinya sendiri terletak di Vihara Avalokitesvara, salah satu vihara terbesar di Pematang Siantar.

Tak hanya mengagumi keindahan patung Dewi Kwan Im saja, kamu juga bisa menikmati beragam spot menarik lainnya di vihara ini seperti jajaran Patung Shio, patung catur Mahadewa-Raja, kolam ikan hias, dan sebagainya. Patung Dewi Kwan Im sendiri terletak di Jl. Pusuk Buhit, Karo, Siantar Selatan, Kota Pematang Siantar.

Jadi, seperti itulah 15 tempat wisata di Sumatera Utara yang populer dan terkenal. Dari wisata di atas, mana nih yang pernah kamu kunjungi? Share jawabanmu di kolom komentar, ya!

Beri Komentar