Mirip di Film Twilight, Ternyata di Dunia Ini Ada Orang yang Gak Bisa Kena Sinar Matahari!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 9 Mei 2020 08:27
Mirip di Film Twilight, Ternyata di Dunia Ini Ada Orang yang Gak Bisa Kena Sinar Matahari!
Benar-benar ada ternyata kayak vampir!

Kamu tau Twillight, kan? Ya itu adalah film yang di dalamnya adalah vampir. Vampir kita kenal sebagai sosok yang nggak bisa kena sinar matahari. Kalau sampai terkena, mereka bakan kesiksa. Bukan main-main, bisa-bisa mereka lenyap dari muka bumi.

Tapi gimana kalau misalnya hal serupa benar-benar terjadi? Maksudnya, kalau ternyata di dunia ada kayak vampir yang benar-benar gak bisa kena sinar matahari?

1 dari 4 halaman

Xeroderma Pigmentosum

Melansir dari Genetic Home Reference, ternyata ada lho manusia yang gak bisa kena matahari! Kondisi ini disebut dengan Xeroderma Pigmentosum, singkatnya bisa menjadi XP.

Istilah digunakan untuk suatu kondisi bawaan yang ditandai dengan sensitivitas ekstrim terhadap sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari. Bisa memerangaruhi mata dan area kulit yang terkena paparan sinar matahari, bahkan sistem saraf.

2 dari 4 halaman

Tanda-Tanda XP

Orang dengan XP, jika terkena sinar matahari kulitnya akan memerah dan melepuh. Nggak sebentar berlangusngnya, bahkan bisa berminggu-minggu. Mata mereka juga bisa memerah dan teriritasi, dan korneanya berubah menjadi keruh. Untuk beberapa orang, bulu mata bisa rontok dan kelopak mata mungkin menipis, lalu bisa berubah abnormal entah menjadi ke dalam atau ke luar. Penglihatan pun terganggu.

Orang dengan XP bisa dilihat tanda-tanda sejak masa anak-anak. Biasanya hanya dalam beberapa menit di luar, mereka sudah akan merasa sangat tersengat. Lalu, biasanya muncul bintik-bintik kulit di are yang terpapar sinar matahari, seperti wajah, lengan, dan bibir. Kulit menjadi kering dan terdapat perubahan warna kulit alias pigmentasi. Kombinasi tersebutlah yang memberi istilah Xeroderma Pigmentosum.

3 dari 4 halaman

Berisko Terkena Kanker

Untuk selanjutnya, orang dengan XP sangat berisiko terkena kanker, terutama kanker kulit. Bagian yang paling sering menjadi sasaran adalah wajah, bibir, dan kelopak mata. Namun, kanker orang dengan XP juga bisa berkembang di kulit kepala, mata, dan ujung lidah. Bahkan, bisa-bisa menyebabkan tumor otak. Kalau orang itu merokok, kanker paru-paru pun risikonya sangat tinggi.

 

4 dari 4 halaman

Penyakit atau kelainan ini bisa dibilang langka. Jadi, kamu bakal jarang sekali menemukan ornag dengan XP di kehidupan nyatamu. Ya seperti vampir di film Twillight, jarang banget, bukan?

Beri Komentar