12 Tempat Wisata Purbalingga dan Purwokerto Jawa Tengah yang Terbaru

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 11 Februari 2020 23:14
12 Tempat Wisata Purbalingga dan Purwokerto Jawa Tengah yang Terbaru
Tempat wisata Purbalingga dan Purwokerto yang bisa jadi rekomendasi menarik untuk liburanmu!

Purbalingga, salah satu daerah di Jawa Tengah ini tak hanya memiliki potensi di bidang industri kreatif, namun juga di bidang pariwisata. Berbagai tempat wisata menarik bisa kamu kunjungi di kabupaten satu ini seperti gua, curug, museum, hingga bukit dengan pemandangan yang memukau.

Nah, jika kamu berwisata ke Jawa Tengah, kamu bisa menjadikan Kabupaten Purbalingga ini sebagai salah satu tujuan. Untuk itu, melansir dari berbagai sumber (11/02), berikut kami sajikan sederet tempat wisata Purbalingga sekaligus juga Purwokerto yang terbaru dan menarik. Langsung saja cek yuk beragam wisatanya!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Purbalingga

Tempat wisata Purbalinga berikut ini menawarkan pengalaman seru buat liburanmu. Dimana saja destinasi wisata itu? Simak di bawah ini, yuk!

1. Curug Silintang

      View this post on Instagram      

A post shared by ExploringWaterfallsOfIndonesia (@curugmania) on

Purbalingga memiliki banyak destinasi curug yang mneawarkan panorama indah. Termasuk salah satunya Curug Silintang. Wisata Purbalingga ini terletak sekitar 19 kilometer dari pusat kota, tepatnya di Desa Tlahab.

Untuk mencapainya, kamu harus berjalan sekitar 1 kilometer dari pemukiman. Meski seperti itu, panorama yang disuguhkan Curug Silintang sangat memanjakan mata. Tak hanya keindahan air terjunnya saja, namum juga pemandangan pegunungan di sekitarnya.

2. Goa Lawa

      View this post on Instagram      

A post shared by intan ningsih (@intanpuspa1982) on

Menjadi salah satu destinasi populer di Purbalingga, Goa Lawa wajib kamu kunjungi saat berwisata ke kota ini. Goa Lawa sendiri terletak di kaki Gunung Slamet, sekitar 25 kilometer dari pusat kota. Pemandangan bebatuan dalam goa sangat menarik dipadu dengan lampu yang berwarna-warni.

Tak hanya sekedar menikmati keindahannya saja, kamu juga bisa sekalian bersantai di kafe yang terdapat di dalam salah satu wisata Purbalingga ini. Menyantap makanan sambil menikmati keindahan goa pastinya akan memberikanmu sensasi yang bebeda.

3. OWABONG

      View this post on Instagram      

A post shared by Braling Grand Hotel by Azana (@bralinggrandhotelbyazana) on

OWABONG atau Obyek Wisata Air Bojongsari juga merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Purbalingga. Sama seperti namanya, OWABONG berada di Desa Bojongsari. Wisata Purbalingga ini sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga yang menghadirkan wahana air dari anak-anak hingga dewasa.

Salah satu daya tarik sekaligus keunikan dari OWABONG yakni kamu bisa merasakan sensasi ombak deras yang dioperasikan dari pagi hingga sore. Selain ombak deras dan permainan air, OWABONG juga menyajikan beragam wahana seru lainnya seperti zipline coaster dan sirkuit gokart.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Purwokerto dan Purbalingga

Tak hanya Purbalingga, wisata Purwokerto juga bisa sekalian kamu jelajahi. Berikut ini beberapa wisata menarik di kedua daerah tersebut. Simak, yuk!

1. Puncak Sendaren

      View this post on Instagram      

A post shared by PURBALINGGA (@instapurbalingga) on

Sama halnya dengan berbagai kota lainnya, Purbalingga juga memiliki wisata ketinggian dengan pemandangan yang indah. Dari atas Puncak Sandaren ini kamu bisa menyaksikan bentang alam perbukitan hijau yang asri. Salah satu spot menarik di wisata Purbalingga ini yakni adanya jembatan bambu sepanjang 10 meter. Tak hanya bisa menikmati panorama yang indah, jembatan ini juga bisa jadi spot cantik buat kamu yang ingin berburu foto.

2. Curug Cipendok

      View this post on Instagram      

A post shared by Atika Nurhusna???? (@atikanurhusna) on

Banyak destinasi menarik di Purwokerto yang bisa kamu jelajahi. Salah satunya Curug Cipendok. Di curug ini tak hanya kamu akan dimanjakan dengan panorama air terjun yang menawan, tapi juga hewan endemik Purwokerto. Jika beruntung pastinya karena jumlahnya sendiri yang semakin menipis. Letaknya yang berada di sekitar pegunungan, membuat Curug Cipendok memiliki udara yang sejuk khas daerah pegunungan. Selain itu, pepohonan dan tumbuhan di sekitar curug ini membuatnya semakin nampak asri dan alami.

3. Bukit Watu Meja

      View this post on Instagram      

A post shared by ASTERISKA (@asteriska_) on

Bukit Watu Meja menghadirkan panorama alam yang cantik dari ketinggian. Tempat wisata satu ini terletak di Kecamatan Kebasen, Purwokerto. Dari atas Bukit Watu Meja kamu bisa menyaksikan keindahan Sungai Seray dengan latar pegunungan yang indah. Perpaduan keduanya memang sangat memanjakan mata. Jika kamu lelah mendaki dan merasa lapar, tak perlu khawatir karena di atas Bukit Watu Meja terdapat pondokan yang menjual beragam kuliner khas Purwokerto.

3 dari 4 halaman

Wisata Alam Purbalingga

Panorama Purbalingga memang enggak diragukan lagi keindahannya. Tentu saja hal ini juga membuat kabupaten satu ini memiliki wisata alam yang sangat menarik. Seperti beragam destinasi wisata alam di bawah ini.

1. Puncak Igir Wringin

      View this post on Instagram      

A post shared by Ria Kusumawati Ningrum (@ria_kusumawatiningrum) on

 

Wisata ketinggian lainnya di Purbalingga yang tak kalah menarik yakni Puncak Igir Wringin. Wisata Purbalingga satu ini juga tak kalah populer, terutaa di kalangan anak muda. Salah satu daya tarik dari tempat ini yakni adanya gardu pandang dimana kamu bisa menyaksikan panorama alam Purbalingga yang mempesona. Puncak ini juga merupakan puncak tertinggi di kawasan Gunung Wringin yang berada di Desa Panusupan, Rembang, Purbalingga.

2. Situ Tirta Marta

      View this post on Instagram      

A post shared by ???????????????????????????? ???????????????????????? ???????????? ???????????????????????????? (@hnr_product) on

 

Hampir sama dengan Umbul Ponggok di daerah Klaten, di Situ Tirta Marta ini kamu juga bisa berfoto underwater dengan beragam properti menarik seperti televisi dan motor. Airnya pun sangat jernih karena memang berasal dari sumber air alami. Saking jernihnya, kamu juga bisa lho melihat dasar dari situ ini. Situ Tirta Marta sendiri berada di Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga.

3. Curug Nini

      View this post on Instagram      

A post shared by PURBALINGGA (@instapurbalingga) on

Berbeda dengan air terjun kebanyakan, Curug Nini berukuran lebih mini dengan tinggi sekitar 10 meter saja. Meski seperti itu, keindahannya juga bisa disandingkan dengan beragam curug lainnya. Selain itu, kolam di bawah aliran air terjun ini enggak terlalu dalam dan cukup luas. Sehingga cukup aman buat kamu yang ingin menyegarkan badan. Jika penasaran, kamu bisa berkunjung ke Curug Nini dan merasakan kesegaran airnya secara langsung di Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Purbalinga.

4 dari 4 halaman

Obyek Wisata Purbalingga

Obyek wisata Purbalingga lainnya berikut ini sama menariknya untuk dijadikan destinasi wisata. Lansgung saja cek tempat wisatanya berikut ini, yuk!

1. Museum Uang Purbalingga

      View this post on Instagram      

A post shared by PURBALINGGA (@instapurbalingga) on

Purbalingga tak hanya menyuguhkan wisata alam saja, tapi juga ada wisata sejarah yang tak kalah menarik. Museum Uang Purbalingga ini menyajikan beragam koleksi uang dari Indonesia hingga mancanegara. Jumlahnya sendiri mencapai ribuan koleksi mata uang. Di sini, kamu bisa menyaksikan uang dari jaman beberapa kerajaan seperti Banten, Bali, Majapahit, hingga kerajaan Hindu Buddha.

Tak hanya mata uang saja, Museum Uang Purbalingga juga memiliki koleksi perangko, alat perkantoran kuno alat komunikasi tempo dulu, dan beragam koleksi benda bersejarah menarik lainnya. Bisa berwisata sekaligus menambah wawasan, ya.

2. Agrowisata Lembah Asri Purbalingga

      View this post on Instagram      

A post shared by The Daily Serang (@desawisataserang) on

Agrowisata Lembah Asri menjadi destinasi yang pas buat kamu yang mencari tempat wisata keluarga. Banyak beragam aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di kawasan ini. Mulai dari outbound, berwisata ke kebun sayur dan stroberi hingga menikmati keindahan panorama Gunung Slamet yang memang terlihat dari kawasan ini.

Udara yang sejuk menjadi pelengkap lainnya dari Agrowisata Lembah Asri. Berjarak sekitar 23 kilometer dari pusat kota, wisata ini juga relatif terjangkau. Terlebih, lokasinya sendiri juga dekat dengan beragam wisata Purbalingga lainnya seperti Goa Lawang dan OWABONG.

3. Kutabawa Flower Garden

      View this post on Instagram      

A post shared by Riska Diana Ningrum (@riskaa_dnr05) on

Menikmati hamparan bunga bisa jadi salah satu cara menghabiskan liburan yang menyenangkan. Di Kutabawa Flower Garden kamu akan dimanjakan dengan beragam bunga beraneka warna yang cantik. Bunga-bunga ini ditata sedemikian rupa sehingga memiliki bentuk yang menarik.

Karena itu, tak heran jika wisata Purbalingga ini sangat ciamik dijadikan sebagai spot foto. Udaranya yang sejuk dan menyegarkan menjadi nilai lebih lainnya dari wisata yang terletak di Kutabawa, Kecamatan Karangreja ini.

Bagaimana destinasi wisata Purbalingga dan Purwokerto di atas? Lumayan beragam dan menarik, kan. Semoga membantu ya beragam wisata Purbalingga di atas dan selamat liburan!

Beri Komentar