12 Tempat Wisata Bandungan Semarang yang Populer dan Terkenal

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 18 Februari 2020 22:29
12 Tempat Wisata Bandungan Semarang yang Populer dan Terkenal
Bandungan menawarkan destinasi wisata yang menarik dan beragam. Berikut ini sederet wisata Bandungan yang tak boleh kamu lewatkan.

Semarang bisa dibilang sebagai salah satu kota wisata di Jawa Tengah. Tak hanya di pusat kotanya saja, di beragam daerahnya pun juga menawarkan wisata yang sangat menarik. Salah satunya Kecamatan Bandungan. Kecamatan satu ini merupakan bagian dari Kabupaten Semarang.

Di Bandungan kamu bisa menjumpai beragam wisata mulai dari alam hingga sejarah yakni candi. Lalu, apa lagi wisata menarik dan populer lainnya di kecamatan ini? Langsung saja yuk simak 12 tempat wisata Bandungan yang terkenal sebagaimana dirangkum dari sederet sumber (18/02) berikut ini. Cek, yuk!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata Bandungan Semarang

Jika kamu berencana berlibur ke daerah Bandungan dalam waktu dekat, berikut ini rekomendasi wisata ciamik yang bisa kamu kunjungi. Cek selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Taman Bunga Celosia

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dhian A (@melo_dhiandra) pada

Tempat wisata Bandungan pertama yang wajib kamu kunjungi yakni Taman Bunga Celosia. Seperti namanya, taman ini menyuguhkan hamparan bunga celosia yang ditata sedemikian rupa sehingga membentuk taman yang indah. Tak sampai di situ saja, Taman Bunga Celosia juga dilengkapi dengan beragam replika landmark dunia yang terkenal.

Tiket masuknya juga cukup terjangkau yakni Rp. 5 ribu untuk anak-anak dan Rp. 10 ribu untuk dewasa. Nah, jika kamu tertarik langsung saja berkunjung ke Jl. Wisata Gedong Songo KM 05, Bandungan, Semarang.

2. Candi Gedong Songo

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh sekitar semarang (@semarang_sekitar) pada

Daerah Bandungan juga memiliki candi yang tak kalah menarik yakni Candi Gedong Songo. Candi Gedong sendiri merupakan candi Hindu peninggalan dari zaman Wangsa Sanjaya. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8.

Selain menikmati keindahan Candi Songo, kamu juga bisa menikmati beragam fasilitas menarik lainnya seperti berkuda, berendam di pemandian air panas, dan juga berkemah. Udaranya pun cukup sejuk karena berada di area pegunungan, tepatnya di ketinggian sekitar 1200 mdpl.

3. Camp Mawar

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rifka Muhammad (@mr.maulana__) pada

Jika kamu mengira Camp Mawar adalah wisata yang juga menyuguhkan taman mawar, sepertinya kamu harus kecewa. Camp Mawar sendiri merupakan post pertama pendakian Gunung Ungaran jika kamu memilih melewati trek Umbul Sidomukti atau Jimbaran. Di sini, kamu bisa berkemah sembari menyaksikan panorama sekitar yang indah.

Camp Mawar juga kerap dijadikan sebagai spot camping wisatawan. Dari sini, kamu juga bisa menyaksikan panorama Kota Ungaran. Untuk fasilitasnya, kamu enggak perlu khawatir karena cukup lengkap. Seperti musholla, warung makan, toilet, hingga spot foto tersedia di kawasan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Bandungan Semarang

Tenang saja, tak hanya itu saja masih banyak lagi destinasi wisata Bandungan yang bisa kamu juelajahi. Seperti beberapa destinasi wisata berikut ini. Cek, yuk!

1. Umbul Sidomukti

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh ExploreJava | ExploreIndonesia (@javascenery) pada

Berbicara tentang destinasi wisata di Bandungan sepertinya kurang lengkap ya jika belum menyebut Umbul Sidomukti. Wisata satu ini juga termasuk salah satu wisata yang terkenal di Semarang. Umbul Sidomukti menghadirkan wisata lengkap dalam satu kawasan. Mulai dari camping ground, outbound, pondok wisata, pondok lesehan hingga meeting room bisa kamu temukan di sini.

Salah satu fasilitas menarik yang ditawarkan Umbul Sidomukti yakni kolam renangnya. Memiliki konsep terbuka, kolam renang ini sangat menarik karena kamu bisa berenang sembari menyaksikan panorama sekitar yang mempesona. Hal ini juga enggak lepas dari letak Umbul Sidomukti sendiri yang terletak di lereng Gunung Ungaran.

2. Kebun Krisan Bandungan

Kamu pecinta bunga krisan? Saat ke Bandungan, kamu bisa sekalian mampir ke Kebun Bunga Krisan di Dusun Clapar, Desa Duren, Kecamatan Bandungan. Di sini, kamu bisa menjumpai beragam jenis krisan. Dengan luas lahan sekitar 6,4 hektar, setidaknya kamu bisa menjumpai sekitar 20 varietas krisan di kawasan wisata Bandungan ini.

Selain kamu bisa mengenal dan menikmati beragam jenis krisan, Kebun Krisan ini juga tak kalah cantik untuk dijadikan spot foto. Jadi, siapkan kameramu juga ya.

3. Curug Tujuh Bidadari

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rajib Prakaswara (@rajib_pw) pada

Wisata Bandungan selanjutnya yakni Curug Tujuh Bidadari. Unik ya namanya. Nama Tujuh Bidadari sendiri mengacu pada keindahan wisata ini yang memiliki tujuh curug atau air terjun dengan ukuran yang berbeda-beda.

Panorama sekitarnya pun sangat asri. Curug Tujuh Bidadari sendiri terletak di kaki Gunung Ungaran, tepatnya di Desa Keseneng, Sumowono, Semarang.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Bandungan

Tak hanya beragam wisata Bandungan di atas saja yang menarik dikunjungi, sederet destinasi wisata di bawah ini juga demikian. Apa saja itu? Gulir ke bawah, ya.

1. Pondok Kopi

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Papong (@dipasatrjo) pada

Masih berada satu kawasan dengan Umbul Sidomukti, kamu juga bisa meneruskan perjalanan ke Pondok Kopi. Terletak di lereng Gunung Unggran, tak heran jika wisata Bandungan ini memiliki panorama yang indah sekaligus udara yang sejuk. Pondok Kopi sendiri memiliki bangunan berkonsep semi terbuka dengan memiliki tiga ruangan. Di sini, kamu bisa menikmati secangkir kopi sembari menyaksikan panorama indah Gunung Ungaran.

2. Legok Madu

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh tsura975 (@tsura975) pada

Tak hanya Taman Bunga Celosia, Legok Madu juga menghadirkan wisata taman bunga cantik dengan spot foto ciamik. Salah satu spot yang menarik dari wisata Bandungan ini yakni taman bunga yang disusun membentuk sepasang merak. Tak hanya itu saja ada juga spot lainnya seperti spot berbentuk tempat tidur, bakso kaktus, siluet dan masih banyak lagi. Bagaimana, tertarik berkunjung? Langsung saja kamu bisa menuju Dusun Ngipik, Bandungan.

3. Desa Wisata Sepakung

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Airy Indonesia (@airyindonesia) pada

Desa Wisata Sepakung bisa juga jadi alternatif wisata yang menarik buat kamu yang berlibur di Bandungan. Tak hanya memiliki udara yang sejuk, desa ini juga menyajikan panorama indah Gunung Merbabu dan Ungaran. Banyak beragam fasilitas seru yang bisa kamu coba di wsiata Bandungan ini.

Mulai dari sepeda udara, ayunan, hingga gardu pandang semuanya bisa kamu nikmati di Desa Wisata Sipakung. Tentunya dengan bonus panorama alam yang indah. Desa Sepakung sendiri terletak di Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

4 dari 4 halaman

Wisata Alam Bandungan

Panorama alam di daerah Bandungan juga tak kalah mempesona. Karena itu, beragam wisata alamnya sangat menarik untuk dijelajahi. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata alam Bandungan.

1. Vanasprastha Gedong Songo Park

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Wuni Prahasti (@wuniprahasti) pada

Vanasprastha Gedong Songo Park merupakan salah satu wisata menarik yang masih berada di kawasan kompleks Candi Gedong Songo. Di wisata Bandungan ini kamu akan disuguhi dengan jejeran hutan pinus yang indah dengan udara sejuk sekitar.

Daya tarik utama dari Vanasprastha Gedong Songo Park ini yakni adanya tiga rumah kayu yang telah berusia lebih dari 100 tahun. Menarik, ya. Kawasan ini juga seringkali dijadikan sebagai spot camping bagi wisatawan. Suasananya yang asri memang sangat cocok untuk refreshing dari setumpuk aktivitas.

2. Curug Sumirang

Terdapat beberapa curug yang bisa kamu kunjungi di Bandungan, salah satunya Curug Sumirang. Wisata Bandungan ini terletak di Dusun, Gintungan, Desa Gogik, Ungaran Barat. Di Curug Sumirang ini kamu akan disuguhi dengan panorama indah air terjun setinggi 45 meter. Tak hanya itu saja, pemandangan sekitarnya yang asri sangat menyegarkan mata.

3. Curug Lawe Benowo Kalisidi

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ryan (@ima_maryanto) pada

Masih tentang wisata air terjun, kamu juga bisa mengunjungi Curug Lawe Benowo Kalisidi yang berada di Desa Kalisidi, Ungaran Barat. Lokasi curug ini memang sedikit tersembunyi karena terletak di tengah pegunungan.

Tak heran jika Curug Lawe Benowo Kalisidi ini memiliki udara yang sejuk serta panorama yang indah. Karena itu, untuk mencapainya diperlukan tenaga ekstra. Tapi, semuanya akan terbayar saat kamu sampai ke curug ini karena panoramanya yang menawan.

Menarik dan beragam ya destinasi wisata yang ada di Bandungan. Nah, dari wisata Bandungan di atas, mana nih yang pernah kamu kunjungi dan jadi favorit kamu?

Beri Komentar