12 Destinasi Objek Wisata Alam Jogja yang Terbaru 2019

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 4 Januari 2020 13:46
12 Destinasi Objek Wisata Alam Jogja yang Terbaru 2019
Jogja memang kaya akan destinasi wisata, salah satunya wisata alam. Berikut ini beragam wisata alam Jogja yang terbaru dan menarik.

Sudah menjadi rahasia umum jika Jogja merupakan salah satu destinasi wisata utama dan populer di Jawa tengah. Beragam tempat wisata bisa kamu jumpai saat berkunjung ke provinsi satu ini. Meski kental dengan wisata budaya dan sejarahnya, Jogja juga memiliki beragam wisata alam yang tak kalah mempesona.

Seperti yang kita tahu, salah satu destinasi wisata alam di Jogja yang sangat populer yaitu Pantai Parangtritis dengan gumuk pasirnya. Tapi, enggak hanya itu saja, masih banyak berbagai destinasi wisata alam yang bisa kamu jelajahi saat berlibur di Jogja. Dirangkum dari berbagai sumber(04/91), berikut ini beragam destinasi objek wisata alam Jogja yang terbaru.

1 dari 4 halaman

Objek Wisata Alam Jogja

Objek wisata alam Jogja memang sangat beraneka ragam. Mulai dari bukit, pantai, hingga air terjun yang indah. Berikut ini beberapa destinasi wisata alam Jogja yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke kota ini.

1. Bukit Panguk

      View this post on Instagram

Sunrise. Harus berkorban bangun lbh pagi. Jam 4 dr rumah untuk mengejar lautan kabut dan matahari terbit . Bukit Panguk Kediwung, Dlingo, Bantul. Photo by: @kesetwelcome_ . #pesonjogja #jogja #bukitpanguk #bantul

A post shared by Pesona Jogja (@pesonajogja) on

Bukit Panguk merupakan salah satu spot terbaik buat kamu yang ingin menikmati sunrise di Jogja. Disini, kamu akan disuguhkan panorama cantik dari perbukitan hijau dan juga lautan awan yang indah. Tak sampai disitu, di kawasan ini juga terdapat beberapa spot foto yang siap mempercantik feed instagrammu.

2. Resoinangun Garden

Enggak hanya wisata pantai saja, di wilayah selatan Yogyakarta juga terdapat kebun bunga yang indah. Tempat wisata yang instragrammable ini berada di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupatgen Bantul. Di Resoinangun Garden terdapat berbagai spot foto lengkap dengan aksesorisnya yang akan membuat fotomu lebih menarik. Untuk harga tiketnya sendiri, kamu enggak perlu khawatir karean harganya cukup terjangkau yaitu sekitar Rp. 5 ribu saja.

3. Pantai Sinden & Pulau Kalong

      View this post on Instagram

Pantai Kalong yang memiliki nama lain Pantai Sinden ini mirip dengan Pantai timang dengan Jembatan gantung dan Gondola. Bedanya, jarak antara Pantai dan karangnya lebih pendek dibandingkan Pantai timang . Jembatan ini menghubungkan daratan dengan pulau karang yang ada di tengah lautan. Panjangnya memang hanya sekitar 100 meter, namun berada di atas ketinggian dengan pemandangan dibawah berupa deburan ombak tentu membuat nyali yang akan melewatinya ciut. Wah berani mencoba? Yuk uji adrenaline kamu disini! . Foto dolan dari @ginanjarrisang . #ayodolan #ayodolanjogja #pantaikalong #pantaisinden #yogyakarta

A post shared by INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) on

Jika kebanyakan pantai memiliki pasir berwarna putih, Pantai Sinden & Pulau Kalong cukup unik karena berupa tebing tinggi yang langsung berbatasan dengan laut. Pulau Kalong sendiri merupakan pulau karang berwarna hijau yang berada tepat di seberang pantai ini. Untuk menyeberang ke Pulau Kalong, kamu bisa menggunakan jembatan gantung yang tersedia. Hembusan angin laut yang menggoyangkan jembatan dijamin akan memacu adrenalinmu saat melewati jembatan gantung ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Alam Jogja

Selain destinasi wisata di atas, masih banyak lagi tempat wisata alam di Jogja yang tak kalah menarik dan indah. Penasaran dimana saja tempatnya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini ya.

1. Bukit Paralayang

Jika berkunjung ke Parangtritis, kamu juga bisa sekalian menyempatkan untuk mengunjungi bukit satu ini. Bukit paralayang bisa di akses melalui jalur pantai Parangtritis-Panggang dengan waktu tempuh hanya sekitar 10 menit. Disini, kamu bisa menikmati keindahan pantai parangtritis dari ketinggian. Selain itu, kamu juga bisa mencoba naik paralayang dengan biaya sekitar Rp. 400 ribuan.

2. Air Terjun Kedung Pedut

      View this post on Instagram

Kayaknya sudah mau musim panas gaess, jangan lupa untuk yang seger seger yaa ???? _____________________________________ ???? Repost from @rifkiantariksa _____________________________________ ???? Air Terjun Kedung Pedut, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta _____________________________________ #objekwisatajogja #wisatajogja #jogja #jogjakarta #yogyakarta #pesonajogja #pesonaindonesia #wonderfulljogja #explorejogja #jogjaistimewa #jogjaku #kulonprogo #jogjahits #jogjaistimewa #lfl #explorebantul #exploregunungkidul #explorekulonprogo #folkjogja #exploresleman #dolanjogja #dolangunungkidul #wonderfuljogja #jogja24jam #jogjatrip #liburan #piknikjogja #visitjogja #airterjunkedungpedut

A post shared by Objek Wisata Jogja (OWJ) (@objek_wisata_jogja) on

Air Terjun Kedung Pedut menawarkan keindahan alam dengan nuansa pedesaan yang asri. Spot utama yang menarik dari wisata alam Jogja ini selain dari air terjunnya yaitu wahana sepeda terbang dimana kamu bisa menaiki sepeda dari atas ketinggian. Selain itu, fasilitas di kawasan air terjun Kedung Pedut juga terbilang cukup lengkap seperti warung makan, toilet umum, gazebo, dan tempat parkir yang bisa dengan mudah kamu temukan di sekitar area wisata alam Jogja ini.

3. Kebun Teh Nglinggo

Udara yang sejuk dan segar adalah kesan pertama yang akan kamu rasakan saat menginjakkan kaki ke tempat wisata alam ke Kebun Teh Nglinggo. Dengan tiket masuk sekitar Rp. 5 ribu per orang, kamu sudah bisa menikmati keindahan kebun teh yang meneyegarkan mata. Lokasi kebun teh ini terletak di Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

3 dari 4 halaman

Wisata Alam Jogja Terbaru

Banyak sekali alternatif wisata alam yang bisa kamu jumpai di Jogja. Terlebih, saat ini mulai bermunculan berbagai wisata alam baru yang tak kalah menarik dari berbagai wisata sebelumnya. Berikut ini beberapa rekomendasinya.

1. Jurang Tembelan Kanigoro

      View this post on Instagram

Indahnya Negeri Ku. . Pagi yang menyejukkan.????????????. ????????????????? ???? Panggonan : Jurang Tembelen, Kanigoro, Dlingo, Bantul, Yogyakarta ???? Potone. : Mas @roh_kyt ???? Modele. : Mbak @mita_oci . ???? Terimakasih karena sudah berkontribusi untuk memperkenalkan keindahan Wisata Jogja dan sekitarnya . ???? Jogja Istimewa, tertib dan berhati nyaman . Jangan lupa tag temen" kalian agar mereka juga dapat menikmati keindahan kota Jogja. Jangan lupa juga follow @lingkarjogjakarta like, share & jangan lupa hastag #lingkarjogjakarta . #folkindonesia #exploreindonesia #explorejogja #jogjaku #moodygrams #keluarbentar #indotravellers #parapejalan #indoflashlight #livefolkindonesia #hellonusantara #indonesiageographic #wonderfulindonesia #ayodolan #wonderfulworld #travelrack #instagood #instagram #folkjogja #wisataindonesia #wisatajogja #lingkarmagelang #lingkarindonesia #lingkarmalang #jurangtembelan #hutanpinusmangunan #pinusasri #kebunbuahmangunan #puncakbecici

A post shared by Wisata Jogja Istimewa ???? (@lingkarjogjakarta) on

Kota Jogja memang memiliki banyak sekali spot-spot yang cantik untuk menikmati panorama alam dari ketinggian. Salah satunya Jurang Tembelan Kanigoro. Salah satu wisata alam Joga ini berada di atas kebun buah mangunan yang berlokasi di daerah Bantul. Salah satu hal menarik dari Jurang Tembelan Kanigoro yaitu adanya sejumlah gardu pandang dengan bentuk menarik yang sangat cocok untuk kamu yang suka berswafoto.

2. Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu merupakan pantai minimalis yang sayang jika kamu lewatkan saat berkunjung ke Gunung Kidul. Pantai Wohkudu merupakan pantai tersembunyi yang berada di antara dua tebing. Hal inilah yang menyebabkan wtempat wsiata alam Jogja ini memliki garis pantai yang minimalis dam terbilang pendek.

Tapi, meskipun minimalis, pantai ini menawarkan keindahan yang luar biasa. Selain kamu bisa menikmati ombak yang tenang dengan pasir putih yang cantik, kamu juga akan dimanjakan dengan hamparan hijaunya rumput yang berada di sekekliling Pantai Wohkudu.

3. Luweng Sampang

      View this post on Instagram

Selamat Siang Kawan GNFI! Grand Canyon mini ini ada di Indonesia lho, tepatnya di Luweng Sampang, Gunungkidul, Yogyakarta. Pernah ke sini? Via @fendysapto #Indonesia #GoodNews #news #beritabaik #grandcanyon #luwengsampang #gunungkidul #yogyakarta #jogja #airterjun #GoodNewsFromIndonesia #GNFI

A post shared by Good News From Indonesia (@gnfi) on

Luweng Sampang memang salah satu destinasi wisata unik yang menawarkan lanskap tebing yang unik. Kunikan lanskap tebing inilah yang menjadi salah satu daya tarik utama dari tempat wisata alam Jogja ini. Meski lokasinya terbilang tersembunyi, Luweng Sampang tetap menjadi destinasi wisata yang populer di kalangan wisatawan.

4 dari 4 halaman

Destinasi Wisata Alam Jogja

Masih banyak lagi wisata alam yang bisa kamu jelajahi saat berkunjung ke Yogyakarta. Apa saja destinasi wisata lainnya? Gulir ke bawah ya untuk mengetahui selengkapnya.

1. Pantai Watunene

      View this post on Instagram

Secret place. ????? . . . ???? Pantai Watunene. (Pantai Watunene, adalah salah satu pantai di Gunungkidul yang terletak sebelah barat dari Pantai Seruni dan belum banyak diketahui banyak orang.) #wonderfuljogja #jogjajateng #beach #exploregunungkidul #sky #sunset #jogjaku #jogjaistimewa #pantaigunungkidul #pantaijogja #pantaiwatunene #pantaiseruni #folkjogja #jogja24jam #yogjakarta #beritainaja #javascenery #jogjascenery #explorejogja #dolanjogja

A post shared by Rahmasari Khomsiyah (@rhmsri_k) on

Pantai Watunene memang hampir mirip dengan pantai Dreamland di Bali. Hal inilah yang membuatnya mendapat julukan Dreamlandnya Gunung Kidul. Salah satu alasan kenapa pantai ini terbilang mirip dengan pantai Dreamland di Bali yaitu karena lokasi pantainya yang berada di balik tebing tinggi. Di salah satu wisata alam Jogja ini, kamu bisa menikmati suasana pantai yang tenang dan alami. 

2. Goa Pindul

Goa Pindul menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Jogja. Daya tarik utama dari wisata alam Jogja satu ini yaitu susur goa. Kamu bisa merasakan pengalaman seru menyusuri Goa Pindul dengan menggunakan perahu ban.

3. Curug Setawing

      View this post on Instagram

Selamat pagi.. Jangan lupa mandi. ????curug setawing, girimulyo. Kulon progo. - #explorejogja #wonderfuljogja #kulonprogo #curugsetawing #instanusantara #instajogja #pesonajogja #jogjaimages #jogjaku #vsco #vscocam #oddzhaheho #jogjaimages #kelilingindonesia #jalanjalanjogja

A post shared by Oddy Widyantoro (@od.dz) on

Curug Setawing merupakan salah satu air terjun indah yang menjulang setinggi 45 meter. Wisata alam Jogja ini berlokasi di daerah pegunungan Menoreh, tepatnya di daerah perkampungan bernama Jatimulyo. Curug Setawing yang mengalirkan air dari pegunungan memberikan sensasi sejuk saat berada di kawasan ini. Tapi, pastikan kamu datang di musim penghujan ya karena Curug Setawing akan mengering di musim kemarau.

Cukup menarik kan berbagai destinasi objek wisata alam Jogja di atas? Semoga membantu, ya.

Beri Komentar