Wanita Sukses Cenderung Memilih Pria yang Lebih Tua untuk Jadi Pasangannya, Kenapa Gitu ya?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 16 Mei 2020 09:15
Wanita Sukses Cenderung Memilih Pria yang Lebih Tua untuk Jadi Pasangannya, Kenapa Gitu ya?
Mencari sosok ayah atau memang suratan takdir?

Pasti kamu pernah menemui perempuan-perempuan yang menjalin hubungan romansa dengan sosok yang lebih tua. Eits, jangan buru-buru dicibir, hal semacam ini normal kok.

Sara Skentelbery dan Darren Fowler, psikolog dari St. Mary's University, Halifax, Canada, menyatakan bahwa perbedaan usia saat menjalin hubungan romansa ternyata bisa membawa keuntungan bagi manusia lho.

1 dari 4 halaman

Senada dengan hal itu, Profesor Gerry Karantzas, direktur Science of Adult Relationships (SoAR) Laboratory, Deakin's School of Psychology, menyatakan bahwa kondisi tersebut biasanya dilatarbelakangi oleh keinginan seseorang untuk mencari kualitas yang berbeda pada pasangan.

Pria dan wanita sama-sama menghargai kehangatan dan rasa percaya, tapi wanita cenderung mencari investasi dalam sebuah hubungan. Untuk itulah, wanita cenderung mencari pasangan yang tidak hanya bisa memberikan harta, tapi juga waktu dan perhatian.

2 dari 4 halaman

Tapi harta bukan fokus utamanya lho. Sebab wanita yang sudah mapan secara finansial sekali pun, juga cenderung memilih pria yang memang lebih tua darinya.

Ilustrasi Pasangan Beda Usia © Diadona

Melansir dari businessinsider.com, fenomena ini dinamai dengan 'George Clooney Effect'. Mengacu pada aktor George Clooney yang sudah berusia matang dan memiliki pasangan yang jauh lebih muda dan juga sukses.

3 dari 4 halaman

Studi yang dilakukan oleh Dr. Fhionna Moore di Skotlandia ini mengungkapkan bahwa kesuksesan secara finansial membuat wanita lebih percaya diri dalam menentukan pasangan. Umumnya mereka akan memilih pasangan yang lebih atraktif secara fisik, meskipun usianya bisa jadi lebih tua.

Penelitian ini sekaligus mengarah pada kesimpulan bahwa pemilihan pasangan yang lebih tua juga tidak ada kaitannya dengan mencari sosok figur ayah. 173 wanita yang menjadi responden dalam penelitian ini kebanyakan mengungkapkan bahwa hubungan yang mereka jalani didasarkan pada kecocokan satu sama lain.

Beri Komentar