Akui Kesalahan ke Pasangan Nggak Usah Pakai Drama, Langsung Jujur Apa Salahnya sih?

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 15 Mei 2020 10:10
Akui Kesalahan ke Pasangan Nggak Usah Pakai Drama, Langsung Jujur Apa Salahnya sih?
Ujung-ujungnya kan juga minta maaf..

Setiap pasangan tentunya pernah membuat kesalahan yang disengaja atau tidak, sebab hal itu sangat wajar.

Tanpa adanya pertengkaran tentu hubungan kalian akan terasa begitu membosankan, iya nggak? Tapi, perlu diingat membuat kesalahan dalam hubungan harus kamu akui, sekecil atau sebesar apapun itu.

Karena mau sampai kapan kamu menutupi kesalahanmu? Meski kamu beralasan ingin menjaga perasaan pasangan, kejujuran tetaplah hal yang harus dijunjung tinggi dalam hubungan.

Semakin lama kamu menutupi, makin besar juga konsekuensi yang akan kamu terima saat ketahuan. Nah mulai sekarang coba akui kesalahan ke pacar tanpa harus drama dengan cara berikut ini.

1 dari 6 halaman

Jangan Panik

Ilustrasi pasangan bertengkar © Diadona

Tentu kamu tidak ingin pasangan panik dan marah-marah saat mendengar pengakuanmu bukan? Kalau kamu lebih dulu panik, pasangan juga ikut panik.

Makanya, tenangkan dulu dirimu, buang jauh-jauh pikiran negatif dan skenario terburuk yang dapat terjadi.

Kamu tetap harus kuat, entah apapun yang terjadi, anggap saja semua itu sebagai pembelajaran agar kesalahan sama tidak terulang lagi.

2 dari 6 halaman

Cari Waktu yang Tepat

Ilustrasi Pasangan Bertengkar © Diadona

Mencari waktu yang tepat memang sulit, dan berisiko buatmu untuk menunda-nunda kesalahanmu. Tetapi, sikapi saja dengan sederhana.

Tapi ingat, jangan bicarakan saat pasangan memiliki banyak masalah, suasana hatinya sedang buruk, atau pada hari spesial pasangan.

Namun, semakin cepat semakin baik. Jangan mengulur sampai berminggu-minggu hingga berbulan-bulan, ya!

3 dari 6 halaman

Bertanggungjawablah Atas Semua Kesalahanmu, Jangan Menyalahkan Orang Lain

Ilustrasi Pasangan Bertengkar © Diadona

Saat kamu berbuat salah, bertanggungjawablah atas kesalahanmu, buktikan kesungguhanmu dengan berkomitmen dalam memperbaiki kesalahan dan jangan salahkan orang lain.

Selain itu, jangan pula kamu berpura-pura seolah kesalahanmu tidak sefatal kenyataannya atau tidak terlalu menyakiti pasangan.

4 dari 6 halaman

Jangan Update di Media Sosial Saat Bertengkar

Ilustrasi Media Sosial © Diadona

Pasangan kekanakan akan membuat drama tidak penting saat mereka bertengkar. Seperti update status di media sosial, bersikap kasar, balas dendam, menghilang tanpa jejak, dan lain sebagainya.

Pasangan berhak marah dan kecewa, tetapi dia juga harus bisa menyikapinya dengan dewasa. Ingatkan dirimu dan pasangan, apapun yang terjadi, kalian harus fokus mencari penyelesaian masalah, saling mendukung, dan memaafkan, bukannya membuat drama.

5 dari 6 halaman

Jangan Mengungkit Kesalahan di Masa Lalu

Ilustrasi pasangan bertengkar © Diadona

Cara bijak untuk mengakui kesalahan adalah dengan bersikap jujur, mendiskusikan langkah terbaik untuk memperbaiki kesalahanmu, dan mencari strategi agar kesalahan tersebut tidak terulang lagi.

Oleh karena itu, kamu tidak boleh memutarbalikkan kesalahanmu atau mengungkit dan membandingkan kesalahan pasangan agar kamu merasa lebih baik. Fokus saja pada kesalahanmu saat ini dan bicarakan secara baik-baik sampai tuntas.

6 dari 6 halaman

Akui Kesalahanmu Seluruhnya Sampai Tuntas

Ilustrasi pasangan ngobrol serius © Diadona

Ini salah satu hal yang perlu kamu lakukan, yaitu akui semua kesalahanmu dengan jujur, semenyakitkan atau separah apapun itu.

Kalau suatu hari nanti pasangan tahu kamu tidak sepenuhnya jujur, fondasi kepercayaan hubungan akan hancur.

Bahkan, pacarmu mungkin tidak akan bisa percaya padamu lagi, dan akhirnya kamu tidak akan bisa memiliki hubungan sehat tanpa kepercayaan, lho.

Nah, dengan mengakui kesalahanmu seperti diatas, kamu dapat memperkuat ikatan hubungan, dan meminimalisir kebencian di masa depan. Selain itu kamu juga akan berkembang menjadi orang yang lebih bijak setelah masalah berlalu. Semoga berhasil!

Beri Komentar