Tips Tinggal Serumah dengan Mertua, Damai dan Bahagia Tanpa Drama

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 30 Maret 2021 16:30
Tips Tinggal Serumah dengan Mertua, Damai dan Bahagia Tanpa Drama
Tinggal serumah sama orangtua, kenapa tidak?

Umumnya, setiap pasangan rumah tangga akan menginginkan untuk tinggal di rumah sendiri. Yap, walau hanya mengontrak, namun tinggal berdua bersama pasangan setelah menikah memang dinilai lebih nyaman dan leluasa.

Namun, bagaimana jadinya kalau kamu diharuskan tinggal dengan mertua setelah menikah? Tak bisa mengelak, rasa canggng dan takut mungkin selalu menghantui. Terlebih kamu termasuk pengantin baru.

Tak perlu risau. Kali ini Diadona akan membagikan beberapa tips tinggal serumah dengan mertua. Seperti apa? Berikut informasi selengkapnya.

1 dari 5 halaman

1. Buat Batasan

Batasan ini dimaksudkan agar kamu dan mertua tidak terbebani untuk segala hal menyangkut urusan rumah. Diskusikan dengan mertua tentang batasan apa saja yang harus ditetapkan. Hal ini bertujuan agar segala kegiatan sehari-hari bisa terlaksana secara teratur.

Seperti halnya dengan urusan dapur. Tentukanlah siapa yang akan memasak dan menyiapkan makanan. Namun sebaiknya kamu yang melakukannya. Gak etis dong kalau mertua capai memasak, sementara kamu menyantap makanan dengan enaknya. Hehe...

2. Buang Jauh-Jauh Prasangka

Jauhi segala pikiran buruk dan prasangka. Dengan demikian, kamu akan merasa nyaman dan harmonis hidup bersama dengan mertua. Berpikirlah secara positif dan membuang pemikiran tentang segala kemungkinan buruk.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Pasangan dan Mertua © Diadona

3. Tentukan Privasi

Privasi dibutuhkan agar kamu dan pasangan bisa lebih saling mengenal, terlebih jika kamu adalah pengantin baru. Misal, menetapkan area untuk kamar tidur kamu dan pasangan. Selain itu, bentuk privasi lainnya juga bisa dilakukan dengan membatasi campur tangan mertua dalam hal mendidik buah hati dan keuangan rumah tangga.

4. Utamakan Komunikasi dengan Mertua

Mengutamakan komunikasi bisa membuat kamu menemukan solusi atas permasalahan yang tengah dihadapi. Tak hanya itu, komunikasi yang baik juga akan membuat kamu terlihat sebagai menantu yang baik. Tak lupa, selalu berbicara d

3 dari 5 halaman

5. Jangan Mudah Ikut Campur untuk Masalah Tertentu

Ada saatnya kamu tidak harus ikut campur untuk beberapa masalah yang sedang terjadi. Misalnya, pasangan kamu bertengkar dengan orang tuanya. Hal seperti ini bisa terjadi karena banyak faktor, sehingga sebagai seorang istri sebaiknya kamu tidak ikut campur ya. Hal ini juga sebagaii bentuk rasa saling menghormati di posisimu sebagai istri sekaligs anak mantu.

6. Hargai Mertua

Dengan menghargainya, kamu akan dipandang sebagai menantu idaman. Tetapi, dengan niat yang tulus, ya! Sederhananya adalah jangan menegur mertua secara langsung jika ada sesuatu hal yang kurang kamu sukai atau mengganggu perasaan secara tidak sengaja.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Tinggal dengan Mertua © Diadona

7. Jangan Segan Meminta Bantuan

Meminta bantuan kepada mertua tidak akan membuat kamu terlihat lemah. Sebaliknya hal ini malah akan membuat mereka merasa berarti lho. Pasalnya, ada saatnya kamu tidak bisa menyelesaikan atau menemukan jalan keluar terhadap masalah yang dihadapi. Hanya saja, kamu terkadang malu untuk meminta bantuan pada mertua.

8. Kenali Kebiasaan Mertua

Mengenali kebiasaan mertua akan sangat memudahkan kegiatan yang akan dilakukan dalam menjalani kehidupan serumah di kemudian hari. Bertanyalah kepada pasangan jenis makanan apa yang biasanya mertua siapkan ketika merayakan hari-hari yang spesial, dan lain sebagainya.

5 dari 5 halaman

9. Bersikap Tegas

Dengan bersikap tegas terhadap suatu hal, maka mertua juga tidak akan seenaknya dengan kehidupan rumah tanggamu. Kendati demikian, lakukanlah sikap ini dengan sewajarnya sehingga tidak menimbulkan permusuhan antara kamu dan mertua. Ingat pada pin sebelumnya, selalu tekankan rasa hormat kepada merta ya Girls.

10. Belajarlah Menahan Diri

Dengan sikap ini, maka akan membuat kehidupan dengan mertua berjalan harmonis. Tak hanya itu, kamu juga akan terhindar dari perdebatan lantaran sifatmu yang egois dan tidak bisa menahan diri. Belajar menahan diri bisa dimulai dengan tidak mementingkan ego dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Semoga kehidupan harianmu selalu diberikan kelancaran ya.

 

Beri Komentar