Tinder Bagikan Tips dan Fitur Penting agar Aman Bersosialisasi secara Online

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 11 Februari 2021 16:15
Tinder Bagikan Tips dan Fitur Penting agar Aman Bersosialisasi secara Online
Kenalan secara online tetap wajib hati-hati loh.

Wabah virus corona yang menimpa seluruh dunia memang membuat hampir semua lini kehidupan mengalami perubahan. Yang paling terasa yakni manakala banyak hal harus dilakukan secara online atau daring.

Mulai dari pembelajaran, pekerjaan, ibadah, bahkan sampai cari jodoh, belakangan ini semuanya dijalankan dengan bantuan internet. Bersosialisasi secara online ini juga memungkinkan kita untuk bertemu orang baru dan memperluas koneksi pertemanan kita.

Meski demikian, kita tetap perlu waspada loh. Seiring dengan momentum Safer Internet Day pada 9 Februari lalu, tim Tinder Indonesia membagikan tips penting agar kita tetap aman saat bersosialisasi secara online. Kira-kira seperti apa caranya, check this out!

1 dari 6 halaman

1. Verifikasi foto

Ilustrasi Selfie © Diadona

Hal pertama yang bisa dilakukan agar kamu nggak ketemu dengan penipu online, maka kamu harus memastikan jika profil orang tersebut memiliki centang biru. Hal ini menunjukkan jika foto profilnya sudah terverifikasi alias terkonfirmasi memiliki kecocokan dengan data pengguna.

Sebaiknya, kamu juga melakukan verifikasi foto semacam ini ya.. Cara ini akan membuat kalian sama-sama aman dan terhindar dari jeratan penipu online.

2 dari 6 halaman

2. Tetaplah di dalam platform

Ilustrasi Tinder © Diadona

Sekalinya udah nemu yang match, jangan keburu ketemuan ya.. Ada baiknya jika kamu benar-benar mengenal dia sebelum memutuskan untuk akhirnya bertemu di dunia nyata.

Coba gali obrolan-obrolan lewat chat untuk saling mengenal, setelah itu lanjutkan dengan video call melalui fitur Face-to-Face Video Chat. Kalau udah benar-benar yakin, baru deh pertimbangkan untuk ketemuan.

3 dari 6 halaman

3. Selalu hormati orang yang kamu temui di Tinder

Ilustrasi Cari Pacar Lewat Tinder © Diadona

Bukan hanya di dunia nyata, berkenalan secara online melalui Tinder pun menuntut kita untuk saling menghormati dengan orang lain yang baru kita kenal. Namun, jika ada match yang mengirimkan pesan berunsur pelecehan, ancaman, perkataan yang menyinggung, atau perilaku yang tidak pantas selama obrolan berlangsung di aplikasi, maka ada 2 fitur yang ditawarkan Tinder untuk bisa kamu gunakan.

Pertama, akan muncul notifikasi 'Does this bother you?', fitur ini bisa kamu pakai untuk melaporkan kekhawatiran apa pun tentang perilaku match kamu. Kedua, buka Reporting Function yang telah disediakan oleh Tinder jika kamu tahu match kamu pakai profil palsu.

Laporan ini akan diinvestigasi oleh Tinder dan jika terbukti maka akun tersebut akan diblokir. Cara ini adalah upaya dari Tinder untuk menjaga platform tersebut tetap aman dan ramah bagi penggunanya.

4 dari 6 halaman

4. Beritahu orang lain kalau kamu ingin ketemuan dengan match-mu

Ilustrasi Pertemanan © Diadona

Jika suatu saat kamu dan match-mu akan benar-benar bertemu, penting banget untuk memberitahukan ini pada salah satu teman dekatmu. Beritahukan fotonya, kapan, dan di mana kalian akan bertemu.

Selain itu, penting juga untuk memilih lokasi yang tepat dan aman bagimu. Sehingga kalau terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu bisa lebih terlindungi.

5 dari 6 halaman

5. Jaga percakapan tetap ringan dan menyenangkan

Ilustrasi Kencan di Kedai Kopi © Diadona

Agar komunikasimu dengan si match tetap aman dan nyaman, sebisa mungkin pilihlah topik yang ringan dan menyenangkan. Kalian bisa membahas sesuatu secara umum, apalagi jika masih di awal-awal perkenalan.

Hindari pembahasan yang melipir ke arah pribadi ya Guys. Lagipula, masih banyak topik yang menarik diperbincangkan tanpa perlu menjurus pada ranah pribadi.

Beri Komentar