Tanpa Disadari, Mencium Aroma Pasangan Ternyata Bisa Bikin Tidur Jadi Lebih Nyenyak loh!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 25 Agustus 2020 18:15
Tanpa Disadari, Mencium Aroma Pasangan Ternyata Bisa Bikin Tidur Jadi Lebih Nyenyak loh!
Wah, kualitas tidur jadi lebih baik dong..

Bicara soal aroma tubuh, ternyata ada banyak pengaruh yang seringkali tanpa disadari memberi manfaat bagi kehidupan seseorang. Bukan hanya aroma tubuh diri sendiri, tapi juga aroma tubuh pasangan kita.

Aroma tubuh diri sendiri berkaitan dengan daya tarik terhadap orang lain. Begitu juga aroma tubuh pasangan, ternyata diam-diam memberi manfaat tak terduga loh.

1 dari 3 halaman

Artikel sebelumnya mengulas bahwa aroma tubuh pasangan ternyata bisa menurunkan tingkat stres. Tapi siapa sangka, aroma tubuh pasangan juga bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Sebuah penelitian yang dilakukan tim dari University of British Columbia menemukan bahwa terpapar aroma pasangan semalaman bisa membuat kualitas tidur jadi lebih baik. Bahkan hal ini tetap terjadi sekalipun pasangan tidak menemani secara fisik.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Perempuan Tidur © Diadona

Marlise Hofer, pemimpin penelitian tersebut telah melakukan survey pada 155 orang responden. Responden diberi dua kemeja identik yang digunakan sebagai sarung bantal, di mana satu kemeja telah dipakai oleh pasangan dan satunya merupakan kemeja bersih.

Pasangan mereka diminta memakai baju bersih selama 24 jam, kemudian baju tersebut dibekukan untuk menyimpan aroma mereka. Para responden kemudian diminta untuk tidur dengan beralaskan masing-masing baju tersebut selama 2 malam berturut-turut.

3 dari 3 halaman

Selama tidur, responden juga diukur secara objektif dengan arloji tidur actigraphy untuk memantau gerakan sepanjang malam. Keesokan paginya, mereka akan diminta untuk mengisi survey tentang kualitas tidur yang mereka rasakan.

Frances Chen, profesor psikologi di universitas tersebut menyatakan bahwa aroma pasangan memang bisa meningkatkan kualitas tidur, bahkan hal itu bisa terjadi di luar kesadaran orang itu sendiri. Data pun menunjukkan ketika responden tidur beralaskan pakaian sang pasangan, mereka cenderung tidur lebih nyenyak dan jarang bergerak untuk mencari posisi nyaman.

Beri Komentar