Nggak Cuma Bikin Nyenyak, Tidur sambil Memeluk Pasangan Ternyata Banyak Manfaatnya loh!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 11 Agustus 2020 18:15
Nggak Cuma Bikin Nyenyak, Tidur sambil Memeluk Pasangan Ternyata Banyak Manfaatnya loh!
Kalo tidur jangan jauh-jauhan lagi ya hehe..

Bicara soal istirahat dan tidur di malam hari, ternyata nggak semua orang bisa menikmatinya loh. Ada-ada aja yang bisa bikin tidur di malam hari jauh dari kata nyenyak dan pulas.

Tapi tau nggak sih, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tidur bersama dan berbagi ranjang dengan pasangan ternyata bisa meningkatkan kualitas tidur loh. Bahkan, dengan memeluk pasangan, seseorang bisa tidur lebih nyenyak bahkan pulas.

1 dari 3 halaman

Mengutip dari Times of India, ada sebuah fase yang disebut rapid eye movement (REM). Dalam fase ini, tubuh akan mengonsolidasikan ingatan, mengatur emosi, dan memecahkan masalah.

Nah, ketika pasangan tidur bersama dan disertai dengan pelukan, fase REM dari kedua belah pihak akan stabil dan nggak terganggu. Penelitian yang dimuat dalam Frontiers in Psychiatry ini menyebut bahwa pasangan ini secara tidak disadari akan saling menyinkronkan pola tidur mereka.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Memeluk Pasangan saat Tidur © Diadona

Hal ini bisa terbentuk jika pasangan sama-sama mengalami kepuasan dan keterikatan dalam hubungan yang sedang dijalani. Bahkan nih, sinkronisasi tidur pasangan akan semakin terjalin manakala keduanya menganggap hubungan yang dijalani adalah suatu hal yang cukup penting untuk dipertahankan.

3 dari 3 halaman

Henning Johannes Drews, pemimpin penelitian ini menyatakan bahwa tidur dengan pasangan bisa juga meningkatkan kesehatan mental, memperbaiki ingatan, bahkan mengasah keterampilan pemecahan masalah.

Nah, jadi paham kan gimana pentingnya tidur bareng pasangan. Udahlah bikin nyenyak, eh ternyata banyak manfaatnya juga. Jadi, jangan sampe seranjang tapi malah punggung-punggungan ya hehe..

Beri Komentar