Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Cinta dan Nafsu dalam Hubungan Asmara

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 3 Mei 2021 16:15
Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Cinta dan Nafsu dalam Hubungan Asmara
Cinta dan nafsu seringkali berjalan beriringan.

Banyak yang beranggapan bahwa nafsu dan cinta adalah satu paket, karena sering terjadi pada 2 sisi perasaan romantis. Meski keduanya kerap berjalan beriringan, nyatanya ada perbedaan mendasar antara cinta dan nafsu.

Nafsu seringkali timbul secara singkat, sedangkan cinta kadangkala butuh waktu yang lama. Lantas apa lagi perbedaan antara cinta dan nafsu? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1 dari 6 halaman

1. Ketika menghabiskan malam bersama

 

Ilustrasi Menghabiskan Waktu dengan PasanganIlustrasi Menghabiskan Waktu dengan Pasangan © shutterstock.com/id/g/Ivanko80

Saat dua orang saling tertarik secara fisik, seringkali mereka menghabiskan malam bersama dengan melakukan kontak fisik atau bahkan hubungan intim yang panas. Tapi jika mereka dilingkupi perasaan jatuh cinta, mereka akan menghabiskan waktu untuk saling mengenal lewat perbincangan yang personal.

Orang-orang yang jatuh cinta nggak akan kehabisan bahan untuk mengobrol dan mencari tahu lebih dalam mengenai lawan bicaranya. Apalagi jika menemukan topik yang menarik, bisa-bisa mereka malah lupa waktu.

2 dari 6 halaman

2. Menikmati waktu secara berkualitas

Seseorang yang hanya bernafsu pada pasangannya, biasanya akan segera pergi jika gairahnya sudah terpuaskan. Bisa dibilang, mereka akan datang jika merasa butuh dan akan pergi saat sudah puas.

Lain halnya dengan seseorang yang jatuh cinta, mereka akan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk dinikmati bersama. Entah mengobrol sambil cuddling atau sambil makan bersama, semua dilakukan dengan melibatkan perasaan.

3 dari 6 halaman

3. Alasan kamu memikirkan dia

Ilustrasi Memikirkan PasanganIlustrasi Memikirkan Pasangan © shutterstock.com/id/g/HBRH

Seseorang yang hanya bernafsu dan benar-benar jatuh cinta, tentunya sama-sama memikirkan pasangan mereka. Tapi tentunya ada perbedaan, mengenai apa yang muncul dalam pikirannya.

Jika nafsu lebih dominan, tentunya yang ada dalam pikiran hanyalah fisik pasangan dan kontak fisik yang sudah kalian jalani. Tapi jika kamu sedang jatuh cinta, biasanya kamu akan lebih banyak memikirkan momen-momen manis yang kalian jalani, atau kata-kata romantis yang terlontar.

4 dari 6 halaman

4. Berkenalan dengan orang dekatnya

Seseorang yang benar-benar serius menjalin hubungan dengan dasar cinta, biasanya akan punya rencana jangka panjang dengan kekasihnya. Seringkali hal ini dimulai dengan saling mengenalkan orang dekat pada pasangan.

Tapi jika kamu atau mungkin si dia selalu menghindar dan nggak mau berkenalan dengan orang dekatmu, tentunya ada yang patut dicurigai. Bisa jadi karena dia belum siap atau memang hanya bernafsu pada fisikmu saja.

5 dari 6 halaman

5. Nafsu dan cinta datang di waktu berbeda

Ilustrasi Jatuh CintaIlustrasi Jatuh Cinta © shutterstock.com/g/DisobeyArt

Meski nafsu dan cinta terlihat serupa bahkan bisa berjalan beriringan, nyatanya dua hal ini datang di waktu yang berbeda. Nafsu bisa datang saat itu juga saat kita memandang fisik.

Sedangkan cinta nggak bisa datang dalam sekejap mata. Butuh waktu yang nggak sebentar dan butuh proses yang panjang sampai kita bisa benar-benar cinta dengan seseorang.

6 dari 6 halaman

6. Cinta dan nafsu menurut sains

Sebuah riset dilakukan untuk membandingan cinta dan nafsu, serta apa yang terjadi di otak ketika kita mengalami dua hal tersebut. Hasil riset menyebut bahwa cinta dan nafsu sebenarnya masih tersambung, tapi mereka mengaktifkan area yang berbeda di otak.

Saat seseorang bernafsu, area tertentu pada otak akan aktif dan memberikan kenikmatan sesaat. Sedangkan saat jatuh cinta, akan timbul perasaan adiksi atau ketergantungan.


Nah, itu dia beda antara nafsu dan cinta. Gimana, kamu dan si dia benar-benar cinta atau malah nafsu belaka?

Beri Komentar