Seringkali Dianggap Main-Main, Pasangan Seumuran Justru Jauh dari Perceraian lho!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 7 Maret 2020 15:05
Seringkali Dianggap Main-Main, Pasangan Seumuran Justru Jauh dari Perceraian lho!
Efek teman tapi menikah?

Beragam upaya seringkali dilakukan pasangan suami istri untuk menjaga pernikahannya tetap awet dan langgeng sampai masa tua. Namun tahu nggak sih, ternyata perbedaan usia punya pengaruh penting terhadap keharmonisan pernikahan?

Mengutip dari theatlantic.com, pasangan suami istri yang seumuran ternyata memiliki risiko perceraian yang lebih kecil. Penelitian bahkan menyebut bahwa pernikahan semacam ini biasanya akan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Pasangan Seumuran © Diadona

Randy Olson, seorang ilmuwan data menyebut bahwa semakin sedikit selisih usia pasangan yang menikah, maka semakin kecil kemungkinan perceraian yang ditimbulkan. Pasangan dengan selisih usia 1 tahun memiliki risiko perceraian 3 persen lebih besar daripada pasangan seumuran.

Peningkatan risiko perceraian sesuai dengan makin besarnya rentang usia antara suami istri. Pasangan beda usia 5 tahun memiliki risiko perceraian sebesar 18 persen, sedangkan pasangan dengan beda usia 10 tahun memiliki kemungkinan perceraian sebesar 39 persen.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Pasangan Seumuran © Diadona

Rupanya hal ini turut dipengaruhi oleh perbedaan latar belakang budaya. Pasangan yang hidup dalam generasi berbeda, cenderung memiliki latar belakang budaya yang berbeda pula. Apabila kondisi perbedaan ini tidak bisa diatur dengan baik, maka risiko konflik dan perceraian pun akan semakin tinggi.

Namun tenang aja, bukan berarti kamu nggak boleh menikah dengan orang yang beda usia denganmu ya. Kamu bebas menikahi siapapun dari rentang usia manapun, yang terpenting jangan lupa mengusahakan agar pernikahan tetap harmonis ya!

Beri Komentar