10 Dampak Negatif Sering Membandingkan Pasangan dengan Orang Lain

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Sabtu, 27 April 2024 11:29
10 Dampak Negatif Sering Membandingkan Pasangan dengan Orang Lain
Tak baik membandingkan pasangan dengan orang lain sebab dia bsa merasakan 10 dampak buruk bagi kesehatan mentalnya dan juga hubungan kalian.

Tak ada satu orang pun yang mau dibandingkan dengan orang lain, termasuk juga pasanganmu. Kamu saja merasa kecewa akan ekspektasi tinggi terhadap pasanganmu jika tidak sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Kendati demikian, membandingkannya dengan seseorang yang menurutmu sempurna juga tidak baik dilakukan. Bukan apa, hal ini malah akan menimbulkan berbagai masalah dan rasa sakit hati bagi kamu dan juga pasanganmu.

Tak berhenti sampai di situ, pasti akan ada dampak negatif jika kamu sering membandingkan pasangan dengan orang lain. Berikut adalah beberapa dampaknya, simak yuk Diazens!

1 dari 6 halaman

Dampak Membandingkan Pasangan dengan Orang Lain© 2024 shutterstock.com/Tirachard Kumtanom

1. Tak ada kebahagiaan saat jalin hubungan

Jalinan asmara tidak akan bahagia saat kamu sering membandingkan pasanganmu dengan orang lain. Pasti akan selalu ada rasa ketidakpuasan dan hal yang masih saja kurang.

Padahal, kunci dari hubungan yang langgeng dan bahagia adalah menerima kekurangan dalam diri pasangan. Jadi, pantas saja kamu tidak bahagia bersamanya. Hal ini lanaran kamu pun tidak menerima kekurangan darinya. 

2. Memicu Pertengkaran

Saat kamu membandingkan pasangan dengan orang lain, sudah pasti akan memicu terjadinya pertengkaran dalam hubungan. Karena bisa saja pasanganmu akhirnya malah menganggapmu tidak mencintainya, xakit hati memungkinkan terlontarnya kata-kata yang tidak mengenakkan hati dan sikap yang memicu pertengkaran.

2 dari 6 halaman

Dampak Membandingkan Pasangan dengan Orang Lain© 2024 shutterstock.com/Hananeko_Studio

3. Timbulnya toxic relationship

Rasa tidak puas akan hal yang kamu miliki menjadikan hubungan yang jalani menjadi toxic. Bahkan sampai-sampai kamu menuntut pasangan untuk jadi sosok yang kamu inginkan.

Hubungan yang tidak sehat ini jika diteruskan hanya akan menyakiti satu sama lain. Kamu akan merasa tidak bahagia dan pasangan akan merasa makin tertekan.

4. Pasangan jadi Kurang Terbuka

Membandingkan pasangan dengan orang lain dapat membawa dampak negatif pada hubungan, salah satunya adalah memicu pasangan untuk merahasiakan banyak hal. 

Ketika pasangan merasa dibandingkan, mereka tentunya merasa tidak dihargai dan dihormati. Hal inilah yang membuat mereka ragu untuk terbuka dan jujur karena takut dikritik atau direndahkan. Sehingga akhirnya lebih memilih untuk menyembunyikan perasaan, pikiran, dan bahkan tindakan mereka lainnya.

3 dari 6 halaman

Dampak Membandingkan Pasangan dengan Orang Lain© 2024 shutterstock.com/theshots.co

5. Pasangan Jadi Insecure

Dampak yang ditimbulkan dari membandingkan pasanganmu dengan orang lain adalah membuat dirinya selalu merasa insecure dan tidak berharga.

Tanpa disadari, pasanganmu akan menyakiti dan menyalahkan dirinya seniri. lalu timbul pertanyaan, " Mengapa dia tak bisa menjadi sosok yang kamu inginkan?" Padahal, yang patutnya disalahkan dalam hal ini adalah dirimu yang terlalu egois dan menuntut.

Ingatlah, nggak ada orang yang sempurna.

 

4 dari 6 halaman

Dampak Membandingkan Pasangan dengan Orang Lain© 2024 shutterstock.com/Pavel Gulea

6. Hilangnya Komunikasi

Membandingkan pasangan dengan orang lain bagaikan sambaran petir dalam hubungan. Bagaimana tidak, hal ini hanyalah akan membuat pasangan sakit dan kecewa. 

Kekecewaan itu berujung membuat pasangan enggan terbuka dan jujur, yang akhirnya hanya akan membuat komunikasi menegang dan kaku. Sehingga komunikasi dalam hubungan kalian akan terhambat, maka tak ada lagi kata harmonis dalam hubungan asmara dengan pasangan.

 

5 dari 6 halaman

Dampak Membandingkan Pasangan dengan Orang Lain© 2024 shutterstock.com/TORWAISTUDIO

7. Dibenci dan Membenci Pasangan

Karena menginginkan pasangan seperti orang lain dengan cara membandingkannya, adalah perilaku yang tidak adil dan buruk. Maka saat pasangan dibandingkan, hal itu hanyalah akan membuatmu dibenci oleh pasangan, begitu pula sebaliknya.  

Hubungan juga akan menjadi toxic atau malah berujung tragis dengan perpisahan.

8. Stress dan Tertekan 

Saat dibandingkan dengan orang lain, seseorang akan merasa nggak nyaman dan stres.  Dengan membuat perbandingan itu, hanya akan membuat mereka harus terus berbuat lebih agar bisa menjadi apa yang kamu mau dan membuatmu senang. 

6 dari 6 halaman

Dampak Membandingkan Pasangan dengan Orang Lain© 2024 shutterstock.com/Golubovy

9. Cinta yang Memudar 

Jika dibiarkan saja, dan menganggap perilaku membandingkan pasangan dengan orang lain adalah yang biasa, maka dapat dipastikan cintanya untukmu akan memudar.

Karena luka yang tergores itu akan menimbulkan keretakan dan sakit yang mendalam, pada akhirnya perilaku itu akan mematikan cinta yang sudah dibangun dan dijalin bersama.

10. Hubungan Berakhir Sia-sia

Jika memang benar cinta, maka terimalah pasanganapa adanya. Membandingkan dengan orang yang menurutmu sempurna hanya akan membuat hubungan berakhir sia-sia.

Lama kelamaan, pasangan akan merasa lelah dan bosan dengan sikapmu yang selalu menuntut dan membandingkan dirinya. Dan, akhirnya dia akan memutuskan hubungan denganmu secara sepihak. 

Penulis : Yayuk Harini, Fuzta Azma Ummi 

Beri Komentar