Sering Disepelekan, Perasaan Insecure Ternyata Bisa Mengancam Keharmonisan Hubungan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Minggu, 30 Agustus 2020 09:15
Sering Disepelekan, Perasaan Insecure Ternyata Bisa Mengancam Keharmonisan Hubungan
Dikit-dikit insecure, apa lama-lama nggak capek?

Perasaan insecure atau merasa tidak aman bisa terjadi kepada siapapun. Bahkan kepada seseorang yang sudah punya pasangan, rasa insecure pun bisa terjadi loh.

Apalagi jika pasangan terlihat 'lebih' dari kita, rasa insecure pun bisa menghinggapi hubungan yang sedang dijalani. Meski terkesan biasa aja, perasaan insecure diam-diam bisa mengancam keharmonisan hubungan loh.

1 dari 3 halaman

Sebuah penelitian yang dilakukan di Vrije Universiteit Amsterdam menyatakan bahwa rasa insecure bahkan bisa menghancurkan hubungan romansa yang sedang dijalani. Pikiran-pikiran negatif yang belum tentu terbukti kebenarannya, tanpa disadari menggerogoti suatu kepercayaan dalam sebuah hubungan.

Francesca Righetti, pemimpin penelitian tersebut menyatakan bahwa rasa insecure yang terjadi ketika menjalani hubungan hanya akan memberi banyak dampak buruk. Bad mood, stres, bahkan kepuasan dalam menjalani hubungan nggak akan dirasakan lagi.

2 dari 3 halaman

ilustrasi pasangan sedih © Diadona

Nggak cuma memberi dampak buruk bagi diri yang insecure, tapi pasangan pun akan ikut merasakan akibatnya. Akan timbul kekesalan dan merasa tidak dihargai, bahkan mereka pun lama-lama akan bosan menghadapi pasangan yang terus menerus merasa rendah diri.

3 dari 3 halaman

Jika hal semacam ini dibiarkan berlarut-larut hubungan percintaan pun nggak akan harmonis. Akan muncul pertengkaran-pertengkaran nggak terselesaikan, yang bisa berujung pada perpisahan.

Sebagai saran, lebih baik buang jauh-jauh rasa insecure yang timbul ya Girls. Kalau dia memilihmu jadi pasangannya, berarti kamu memang berharga bagi dia kok..

Beri Komentar