Punya Hobi Berbeda Katanya Bikin Pasangan Jadi Sering Berantem, Emang Bener?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 1 Oktober 2020 18:15
Punya Hobi Berbeda Katanya Bikin Pasangan Jadi Sering Berantem, Emang Bener?
Eits, cek dulu deh faktanya..

Pertengkaran dalam suatu hubungan emang wajar-wajar aja terjadi. Ada banyak faktor yang bisa memicu pasangan jadi bertengkar, salah satunya yakni mengenai hobi.

Banyak yang bilang hobi yang sama bisa bikin pasangan jadi rukun. Lantas, kalo gitu konsepnya.. apakah pasangan yang berbeda hobi bakalan jadi sering berantem?

Eits, jangan salah sangka dulu.. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Marriage and Family menemukan fakta bahwa pasangan yang memiliki hobi berbeda justru terlihat lebih bahagia. Nah, kok bisa gitu?

1 dari 4 halaman

1. Timbul rasa saling menghargai

Ilustrasi Pasangan Kekasih © Diadona

Hubungan yang sehat ditandai dengan sikap saling menghargai. Termasuk soal perbedaan minat dan hobi, rasa saling menghargai juga tetap diperlukan loh.

Saat kamu menghargai hobi yang dilakukan oleh pasangan, secara nggak langsung pasangan akan lebih merasa bahagia kan.. Dengan si dia terlihat bahagia, tentunya kebahagiaan itu akan menular ke kamu dong..

2 dari 4 halaman

2. Bisa lebih mengenal pasangan

Ilustrasi Pasangan Mengobrol © Diadona

Memiliki hobi yang berbeda, memungkinkan kamu dan pasangan akan semakin mengenal. Nah, kok bisa?

Ternyata, saat kamu atau dia berbagi soal hobi dan pengalaman, secara tidak langsung kalian akan lebih memahami perasaan pasangan. Dengan lebih memahami dan mengenal pasangan, kesalahpahaman dalam hubungan pun bisa diminimalisir.

3 dari 4 halaman

3. Memiliki perspektif baru

Ilustrasi Pasangan Berdiskusi © Diadona

Perbedaan yang terjadi dalam hubungan, sebenarnya memberi perspektif baru dalam cara kalian melihat suatu hal. Kamu nggak akan menilai sesuatu dari sudut pandangmu saja, tapi kamu juga bisa mempertimbangkan apa yang terlihat dari sudut pandang pasanganmu.

Dengan pemikiran seperti ini, kamu dan pasangan pun akan punya pandangan dan wawasan yang lebih luas. Kalian pun bisa jadi lebih dewasa dalam menyikapi berbagai keadaan.

4 dari 4 halaman

Segala sesuatu yang berbeda itu nggak selamanya negatif kok. Justru dengan perbedaan yang ada, kamu dan pasangan bisa saling melengkapi. Dengan keterbukaan hati dan pemahaman akan hal itu, kamu dan pasangan bisa lebih menikmati berbagai hal yang terjadi dan menghindari beragam kesalahpahaman yang bisa memicu pertengkaran.

Beri Komentar