Rahasia Hubungan Asmara Makin Langgeng dan Harmonis, Terapkan Spontanitas Yuk!

Reporter : Arifina
Selasa, 6 Desember 2022 08:00
Rahasia Hubungan Asmara Makin Langgeng dan Harmonis, Terapkan Spontanitas Yuk!
Tindakan spontanitas lebih meyakinkan dibanding kode-kode guys :)

Banyak faktor untuk menjadikan hubungan asmara kian langgeng dan lebih harmonis. Bentuk perhatian misalnya, kepekaan, dan beberapa hal lain yang dinilai penting dalam romansa percintaan.

Tapi, ternyata ada hal yang lebih penting dari sekedar perhatian dan kepekaan pasangan untuk membuat hubunganmu makin harmonis, lho! Itu disebut "spontanitas".

1 dari 8 halaman

Ya, spontanitas sering kali menjadi yang sulit dibangun dalam sebuah hubungan romantis. Karena memang tak mudah untuk memahami apa yang diinginkan pasangan dan apa yang kita inginkan dari pasangan.

Apalgi, sosok pria terkadang tidak lebih sensitif dari perempuan, sehingga spontanitas mereka tidak sepeka perempuan. Kebanyakan perempuan mungkin berkeinginan lebih diperhatikan dengan kepekaan dan spontanitas yang akan membuat kita terkejut dan merasa dicintai.

2 dari 8 halaman

Ilustrasi pasangan suportif © Diadona

Namun, membangun spontanitas dalam sebuah hubungan romantis tidaklah mudah. Diperlukan waktu yang tidak sebentar. Apalagi bagi orang yang memang tidak memiliki rasa kepekaan.

Bisa jadi pula, bahasa cinta yang berbeda antara kamu dan pasangan menjadi salah satu alasan dalam memberikan perhatian satu sama lain yang berbeda. Lantas, sepenting apa sih spontanitas dalam hubungan asmara?

3 dari 8 halaman

Dilansir dari Huffington Post, psikoterapis integratif yang berbasis di West-London dan pelatih kehidupan, Hilda Burke mengatakan, tindakan spontanitas memang tidak selalu berhasil pada hubungan percintaan.

Hal itu tergantung kenyamanan masing-masing orang yang menjalani. Namun, banyak alasan mengapa hubungan bisa goyah di tengah jalan, salah satunya kehilangan antusiasme pada pasangan kita.

4 dari 8 halaman

Nah, untuk mengembalikannya, spontanitas ini dinilai bisa membantu mengingatkan kita tentang perasaan yang dimiliki ketika kita pertama kali jatuh cinta dengan pasangan.

" Spontanitas membawa kita kembali ke pengalaman yang tidak dikenal. Untuk kegembiraan dan kegugupan yang tak terelakkan itulah ciri dari hari-hari awal suatu hubungan," katanya.

5 dari 8 halaman

ilustrasi pasangan menonton © Diadona

Tujuan mengingat masa lalu ini dikarenakan menghabiskan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk mengembangkan rutinitas kebahagiaan bersama bisa membuat seseorang melupakan bagian penting dari apa yang membuat tertarik satu sama lain.

Sehingga, adanya kurang rasa ingin tahu dalam hubungan sering menjadi masalah.

" Ketika satu pasangan merasa mereka tahu segalanya tentang pasangan lainnya, itu bisa menyebabkan mereka menjadi tidak tertarik. Di sinilah spontanitas bisa sangat membantu. Keingintahuan bisa dipicu oleh keadaan yang tidak terduga yang lebih mungkin muncul dengan pengambilan risiko," ungkap Dr. Tom Stevens, psikiater di London Bridge Hospital.

6 dari 8 halaman

Cara untuk Lebih Spontanitas

Tidak mudah untuk menjalani kebiasaan berbeda, apalagi harus keluar dari zona nyaman untuk menjadi lebih spontan. Ini bahkan bisa dibilang lebih sulit dari yang kita inginkan.

Sebab, kondisi masing-masing orang sudah terprogram untuk merasakan rutinitas yang memberi kita rasa stabilitas dan keamanan. Sehingga, untuk merangsang keinginan lebih spontan, kamu bisa melakukan kegiatan kecil berikut ini, apa saja?

7 dari 8 halaman

- Ubah pola pikir, dalam hal ini cobalah membuka diri untuk menjadi lebih spontan.

- Sebutkan 3 ketakutan terbesarmu. Misal, apa yang menahan kamu untuk tidak spontan? Setelah kamu mengidentifikasinya, tulis apa yang akan kamu peroleh dengan mengatasi ketakutan ini.

- Bertindaklah berdasarkan pemikiran yang tak direncanakan. Ini mungkin menelepon teman lama atau membersihkan laci secara acak di siang hari tanpa rencana menjadi salah satu yang bisa kamu lakukan.

8 dari 8 halaman

Ilustrasi pasangan berpelukan © Diadona

- Terhubung dengan orang baru. Kamu bisa mencobal untuk menemukan seseorang yang baru untuk memulai percakapan. Mungkin seperti mengajak bicara tetangga baru atau rekan kerja yang belum kamu kenal.

- Ubah rutinitas dengan cara yang kecil. Ambil rute berbeda saat pulang kantor misalnya. Kamu bisa juga mampir dulu kafe untuk minum segelas signature drink. Bisa juga memulai berolahraga setelah pulang kantor.

Nah, dengan memulai kegiatan kecil di atas, secara tidak langsung kepekaan dan spontanitasmu akan terasah. Meski membutuhkan effort yang lebih dari sebelumnya, tapi berusaha untuk menyenangkan pasangan tidak ada salahnya, kan? Hal itu bisa mempengaruhi kebahagiaan kamu juga bersama dengan pasangan.

Beri Komentar