Punya Skill Kontrol Diri, Ini 6 Ciri Orang yang Memiliki Kecerdasan Emosional Tinggi

Reporter : Yoyok
Selasa, 25 Juli 2023 13:50
Punya Skill Kontrol Diri, Ini 6 Ciri Orang yang Memiliki Kecerdasan Emosional Tinggi
Salah satunya yaitu dengan mengontrol emosi.

Siapa bilang seseorang bakal dibilang berkualitas jika memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi. Kecerdasan intelektual memang penting, namun kecerdasan emosional juga tidak kalah berpengaruh lho.

Kecerdasan emosional tersebut yaitu kemampuan seseorang untuk mengendalikan diri serta emosi. Selain itu, kecerdasan emosional juga bisa dilihat dari seseorang yang menerima dan mengelola emosi seseorang yang ada di sekitarnya.

Seorang psikolog dan jurnalis sains bernama Daniel Goleman menulis buku tentang kecerdasan emosional. Daniel juga menjabarkan beberapa tanda seseorang memiliki kecerdasan emosional dalam bukunya tersebut.

Berikut ini adalah deretan ciri-ciri seseorang memiliki kecerdasan emosional.

1 dari 7 halaman

Memiliki Sikap Positif

Ciri pertama seseorang memiliki kecerdasan emosional tinggi adalah selalu bersikap positif. Memiliki POV atau point of view yang positif termasuk sebagai manajemen diri yang baik.

Dengan POV ini, kamu dapat melihat kebaikan dalam diri seseorang. Hal ini membantu kamu dalam membangun ketahanan diri serta peluang untuk berinovasi.

2 dari 7 halaman

Penuh Empati

Ciri berikutnya yaitu berempati atau penuh empati. Empati bisa dikatakan sebagai repons afektif dan kognitif yang kompleks pada distres emosional orang lain. Jika kamu berempati, maka akan secara alami memahami perasaaan orang lain.

Apalagi jika seorang pemimpin penuh empati, maka ia akan dengan mudah memahami perasaan orang di sekitarnya yang sedang ia pimpin.

Ilustrasi Wanita Introvert © Diadona

3 dari 7 halaman

Punya Target

Memiliki target menjadi ciri selanjutnya seseorang yang punya kecerdasan emosional selanjutnya. Mereka yang memiliki kecerdasan emosional memiliki target pencapaian dalam hidupnya.

Seseorang yang memiliki target akan selalu siap dalam hal ketidakpastian. Mereka akan selalu punya tujuan yang jelas meski jalannya akan ering berubah-ubah.

4 dari 7 halaman

Memiliki Jiwa Mengajari

Memiliki jiwa mengajari atau mentoring juga bagian dari ciri orang dengan kecerdasan emosional tinggi. Dengan sifat ini kamu akan selalu mengembangkan pembelajaran jangka panjang dan memberi feedback serta support.

Kamu juga bisa mengungkapkan maksud dengan cara yang persuasif dan jelas dengan jiwa mentoring.

Ilustrasi Wanita Karier © Diadona

5 dari 7 halaman

Mampu Bekerja Sama

Mereka yang memiliki kecerdasan emosional tinggi mampu bekerja sama dengan baik. Pola komunikasi yang diterapkan pun akan berjalan lancar kepada anggota tim.

Selama bekerja sama, mereka akan terlihat aktif, penuh tanggung jawab, dan memberi reward. Mereka juga penuh kontribusi dalam sebuah tim.

6 dari 7 halaman

Penuh Inspiratif

Mereka juga bisa menjadi sosok yang inspiratif untuk banyak orang. Mereka juga mampu menjadi visi seseorang secara keseluruhan dalam menyelesaikan tugas.

Jangan kaget jika mereka yang memiliki kecerdasan emosional dapat memanfaatkan secara penuh penuh potensi yang ada dalam diri maupun orang lain.

Beri Komentar