Anti Autophobia, Ini 5 Cara Mengusir Rasa Sepi

Reporter : Yoyok
Jumat, 21 Juli 2023 15:50
Anti Autophobia, Ini 5 Cara Mengusir Rasa Sepi
Tidak sedikit orang-orang zaman sekarang yang sedih karena merasa kesepian.

Rasa kesepian memang bisa dirasakan semua orang. Entah itu sepi karena tidak punya pacar, teman-teman pada sibuk, atau sedang jauh dari keluarga. Atau, bisa saja itu sebuah gangguan kecemasan.

Jangan pernah meremehkan rasa kesepian yang sedang dirasakan. Bisa jadi kamu sedang mengidap Autophobia. Autophobia adalah perasaan cemas yang berlebihan terhadap kesendirian.

Dikutip dari Alodokter, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengusir rasa kesepian.

1 dari 6 halaman

Aktivitas Rutin

Rasa kesepian sering kali muncul ketika kamu tidak melakukan aktivitas apapun alias hanya berdiam diri. maka dari itu, menyibukkan diri dengan aktivitas rutin juga bisa menjadi cara untuk mengusir rasa sepi.

Tidak perlu aktivitas ribet, kamu bisa rutin untuk jogging pagi atau olahraga lain, atau menjalani hobi yang sekiranya membuatmu aktif untuk melakukannya.

Ilustrasi Wanita Sedih © Diadona

2 dari 6 halaman

Komunitas

Bergabung dengan kelompok atau komunitas juga bisa mengusir rasa sepi yang diaasakan. Cobalah untuk bergabung dengan komunitas baru yang kegiatannya belum pernah kamu coba sebelumnya.

Kamu bisa bergabung dengan komunitas yang bergerak di bidang sosial. Selain memiliki aktivitas, kamu juga memiliki teman baru.

3 dari 6 halaman

Meditasi

Menurut penelitian, meditasi yang rutin efektif untuk mengurangi rasa kesepian. Selain mengusir rasa sepi, meditasi tentunya mampu untuk memebuat batin jadi merasa tenang.

Kamu juga bisa merasa lebih care dengan diri sendiri dengan meditasi. Nantinya, dengan meditasi, kamu bisa lebih menghargai diri sendiri.

Ilustrasi Wanita Pesimis © Diadona

4 dari 6 halaman

Memelihara Hewan

Tips berikutnya yang mampu mengusir rasa sepi adalah memelihara hewan. Cobalah untuk memelihara hewan yang dapat berinteraksi dengan manusia, seperti anjing, kucing, atau burung.

Hewan juga ampuh memberikan dukungan sosial serta menjadi sahabat.

5 dari 6 halaman

Support System

Menjaga support system atau orang-orang terdekata juga mampu untuk mengatasi ras sepi yang kamu rasakan. Support system tersebut seperti keluarga, pasangan, atau teman.

Kamu tidak harus bertemu langsung untuk menjalin komunikasi dengan mereka. Di zaman serba digital seperti ini, panggilan jarak jauh seperti telepon atau video call bisa kamu manfaatkan.

Beri Komentar