10 Manfaat Vitamin B Complex bagi Ibu Hamil

Reporter : Sheila Fathin
Jumat, 16 April 2021 16:13
10 Manfaat Vitamin B Complex bagi Ibu Hamil
Vitamin B Complex sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Sebab, ibu hamil butuh banyak nutrisi dalam tubuhnya.

Manfaat vitamin B memerankan peranan penting dalam menjaga kesehatan dan kestabilan tubuh. Merupakan bahan penyusun tubuh yang sehat, vitamin B memiliki dampak mampu meningkatkan energi, fungsi otak hingga metabolisme. Apalagi vitamin B sangat penting bagi wanita yang sedang hamil dan menyusui. Vitamin ini memiliki banyak fungsi yang bagus untuk ibu hamil. 

Dengan vitamin B ibu hamil dapat meningkatkan energi dan meredakan mula, menurunkan risiko preeklampsia dan masih banyak lagi manfaat dari vitamin B yang baik untuk ibu hamil. Berikut ini manfaat vitamin B bagi ibu hamil.

1 dari 2 halaman

Manfaat Vitamin B Complex

Manfaat Vitamin B © Diadona

Mengurangi Stress dan Meningkatkan Mood

Manfaat vitamin B complex adalah untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan mood. Terdapat penelitian yang berjudul Effects Of High-dose B Vitamin Complex With Vitamin C And Minerals On Subjective Mood And Performance In Healthy Males (2010), mengatakan bahwa vitamin B complex dapat meningkatkan semangat dan meningkatkan kemampuan kognitif kamu. Selain itu, vitamin  B kompleks dengan dosis tinggi dapat meningkatkan kesehatan mental dan stres secara umum dan meningkatkan kinerja secara kognitif. Ditambah lagi, multivitamin yang mengandung vitamin B kompleks tingkat tinggi selama 90 hari mengurangi stres dan kelelahan mental.

Mengurangi Gejala Kecemasan dan Depresi

Walaupun vitamin B complex bukanlah sebuah obat untuk mengatasi masalah kesehatan mental, manfaat vitamin B complex dapat membantu memperbaiki gejala depresi dan kecemasan. Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa pengobatan dengan vitamin B complex selama kurang lebih 60 hari bisa menyebabkan perubahan secara signifikan dalam gejala depresi dan kecemasan. 

2 dari 2 halaman

Manfaat Vitamin B Complex bagi Ibu Hamil

Manfaat Vitamin B © Diadona

Vitamin B complex penting bagi ibu hamil. Menjadi penting karena saat sedang hamil, asupan vitamin yang dibutuhkan cukup banyak agar bayi dan si ibu tetap dalam keadaan sehat. Di samping itu, cara kerja vitamin hanya didukung dari pola makan yang sehat. 

Vitamin B complex terdiri dari 8 macam vitamin yang memainkan peran penting dalam kesehatan dan kekuatan bayi saat berkembang. Apa saja manfaat kedelapan vitamin dari vitamin B complex ini?

Vitamin B1

Manfaat vitamin B complex satu ini berperan penting dalam perkembangan otak bayi. Sekitar 1,4 miligram vitamin B-1 adalah dosis harian yang direkomendasikan untuk wanita hamil. Sumber vitamin alami termasuk ragi, beras merah, pasta gandum dan lain sebagainya.

Vitamin B2 

Manfaat vitamin B2 penting untuk kesehatan mata dan kulit kamu. Sekitar 1,4 miligram vitamin B2 merupakan dosis harian yang direkomendasikan untuk wanita hamil. Beberapa sumber vitamin yang umum adalah kalkun, ayam. ikan, sayuran hijau, produk susu dan telur. 

Vitamin B3 

Manfaat vitamin B ini meningkatkan metabolisme nutrisi dan pencernaan. 18 miligram vitamin B-3 adalah dosis harian yang direkomendasikan untuk wanita hamil.

Vitamin B5

Manfaat vitamin ini membantu mengatasi kram kaki dan juga membantu dalam menghasilkan hormon. Enam miligram vitamin B-5 adalah dosis harian yang direkomendasikan untuk wanita hamil.

Vitamin B6

Vitamin B complex yang terdiri dari beberapa vitamin B yang diantaranya adalah vitamin B 6 memainkan peran penting dalam perkembangan otak dan sistem saraf bayi. Manfaat vitamin B6 juga berperan dalam memproduksi dua neurotransmiter penting yaitu serotonin dan norepinefrin.

Vitamin B7

Kekurangan biotin dapat terjadi selama kehamilan, jadi ibu hamil perlu memastikan bahwa mendapatkan cukup biotin. Sumber alami Biotin termasuk kuning telur, hati, lobak Swiss, ragi dan susu.

Kekurangan biotin dapat terjadi selama kehamilan, jadi Anda perlu memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup biotin. Sumber alami Biotin termasuk kuning telur, hati, lobak Swiss, ragi dan susu.

Vitamin B9

Manfaat vitamin B9 adalah vitamin B terpenting bagi wanita hamil yang mengandung asam folat. Sumber makanan termasuk jeruk bali, jeruk, brokoli dan sayuran berdaun hijau seperti bayam. Asparagus juga bagus.

Vitamin B12

Manfaat vitamin B12 adalah untuk menjaga sistem saraf ibu hamil. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi ikan, unggas, dan susu merupakan sumber vitamin B12 yang baik.

Manfaat vitamin B complex memang bagus untuk kesehatan. Ditambah vitamin B complex mengandung bermacam-macam jenis vitamin B yang dapat memenuhi asupan vitamin harian kamu. Selain bagus untuk tubuh juga, bagus untuk ibu hamil, lho, Diazens.

Beri Komentar