Punya Pacar Introvert? Ini Cara Berkomunikasi yang Sehat Menurut Psikolog

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Selasa, 21 Juli 2020 09:53
Punya Pacar Introvert? Ini Cara Berkomunikasi yang Sehat Menurut Psikolog
Dia jarang ngomong, gimana caranya ngerti dia maunya apa? Masa kita terus yang ngajakin ngobrol? Capek gak si? Ini nih... tips komunikasi yang bisa dilakukan kalau punya pacara introvert!

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam menjalin sebuah hubungan. Tapi gimana jadinya kalau kita punya pacar seorang yang introvert?

Orang-orang yang memiliki kepribadian introvert ini irit dalam bicara. Sulit terbuka dalam berbagai hal dan cenderung memendam apapun yang dirasakan. Konsep komunikasi seperti apa yang bisa membuat hubungan asmara kalian sehat?

Jangan khawatir, melansir dari buku The Introvert Advantage karya Marti Olsen Laney, Psy.D., kaum introver memerlukan waktu untuk berpikir sebelum merespons sesuatu. Memerlukan waktu untuk merenung sebelum bereaksi terhadap kejadian di dunia luar. Bila pasanganmu seorang introvert, ia lebih memilih berkomunikasi empat mata. Untuk berkomunikasi yang lebih baik dengannya, ada sejumlah tips yang bisa dicoba.

Gimana tuh? Yuk, simak di bawah ini!

 

1 dari 4 halaman

Jangan menyela

Seperti yang sudah disinggung di atas, kaum introvert membutuhkan banyak energi untuk melanjutkan sebuah pembicaraan. Kamu hanya perlu mendengarkan dia sampai selesai bicara. Jangan sesekali menyela karena akan mengganggu moodnya. Setelah dia selesai, kamu secara otomatis akan dipersilakan bergantian mengutarakan isi hati kepadanya.

Jangan ragu untuk mengatur pertemuan untuk membicarakan cara menjalin hubungan yang lebih baik. Dengan begini, dia bisa punya waktu untuk mempersiapkan dirinya.

 

2 dari 4 halaman

Jangan mendesak, duduk dengan tenang

Jangan terkesan kamu sangat menunggu dia bicara. Duduk aja dengan tenang dan sabar. Nikmati waktu saat dia berusaha mengumpulkan mood atau keberanian bicara. Dia mungkin saja kehabisan tenaga untuk bicara, tapi tetap ingin berbagi waktu bersama.

Oiya, jangan lupa. Saat berbicara atau mengobrol, ulangi apa yang telah kita dengar darinya sehingga ktia dapat meyakinkan pasangan bahwa kita benar-benar mendengarkannya dengan baik.

Ilustrasi pasangan ngobrol © Diadona

Misalnya, " Jadi sebenarnya orang tuaku ingin aku menjadi pilot. Aku nggak bisa, aku tertekan. Tapi aku gak bisa nolak karena takut dicap durhaka."

Maka kamu bisa mengulanginya, " Oh, pengen banget kamu jadi pilot? Terus? Terus?"

Nah, ini akan membangun kepercayaan didiri dia bahwa kamu sangat antusias dalam ceritanya. Mudah, bukan? Lanjut!

3 dari 4 halaman

Kesempatan untuk bercerita

Ilustrasi pasangan ngobrol serius © Diadona

Satu yang unik. Orang-orang introvert adalah pendengar yang baik meski dia jarang sekali ngomong. Well, kamu bisa memberikan dia kesempatan untuk bicara, karena bagaimana pun dia sebenernya juga butuh didengarkan. Hanya saja dia masih enggan berbagi karena takut orang lain tidak suka mendengar ceritanya. Atau parahnya, dia menganggap ceritanya tidak akan berarti apa-apa bagi orang lain even kamu adalah pacarnya.

Triknya, coba mulai dengan menanyakan bagaimana hari yang dialaminya. Terkadang ia butuh dibujuk untuk berbicara.

4 dari 4 halaman

Gunakan komunikasi nonverbal

Pada saat-saat tertentu, pasanganmu akan kesulitan mengumpulkan cukup banyak energi untuk berbicara atau mengutarakan perasaan. Hargai dan terima gayanya dalam berkomunikasi tersebut. Kita bisa memaksimalkan komunikasi nonverbal, seperti berpeganan tangan atau berpelukan saat dibutuhkan.

Ilustrasi Pasangan Berpelukan © Diadona

Itu adalah 4 tips yang bisa kamu lakukan kalau punya pacar introvert. Tapi akan benar-benar bekerja jika pacarmu memang introvert, bukan yang pura-pura introvert ya. Semoga langgeng!

 

Beri Komentar