Muda-Mudi Ketahuilah 7 Tanda Ini Agar Kamu Tau Sudahkah Siap Menikah atau Belum

Reporter : Galang
Selasa, 19 April 2022 09:42
Muda-Mudi Ketahuilah 7 Tanda Ini Agar Kamu Tau Sudahkah Siap Menikah atau Belum
Yakin kamu siap menikah?

Pernikahan adalah satu buah keputusan terbesar di dalam hidup manusia. Tidak peduli selama apa kamu bersama pasangan, jika tidak ada kehendak ke arah sana maka tidak ada langkah besar yang diambil.

Menikah perlu membuat pertimbangan dan kesiapan yang matang sebelum akhirnya mantap ke jenjang hubungan yang lebih serius tersebut. Lalu, apa saja tanda-tanda kamu siap menikah?

Mengutip dari Wedding Wire, kesiapan menikah tidak selalu sama pada setiap individu. Gagasan siap menikah dapat berarti hal yang berbeda bagi orang berbeda.

Berikut 7 tanda bahwa kamu siap menikah:

1 dari 7 halaman

Mencintai diri sendiri

Ilustrasi Toxic RelationshipIlustrasi Toxic Relationship © shutterstock.com/g/4774344sean

Kamu tidak bisa bahagia dengan orang lain, apalagi jika kamu belum bisa 100 persen bahagia dengan diri sendiri. Tentu, ketika memiliki pasangan juga memiliki sisi positif dibandingkan ketika sendiri. Misalnya dapat meminta dukungan pasangan saat kamu merasa sedih.

2 dari 7 halaman

Siap berkomitmen

Menurut Paulette Sherman, seorang psikolog dari My Dating & Relationship, tanda kamu siap menikah adalah ketika dapat menepati janjimu sendiri.

Selain itu kamu juga siap untuk melalui tantangan berat tanpa jaminan, memiliki kesabaran dan ketabahan serta rasa disiplin.

3 dari 7 halaman

Tidak dihantui masa lalu

Ilustrasi Toxic RelationshipIlustrasi Toxic Relationship © imdb.com

Menikah juga punya arti rela menghabiskan waktu saat ini dan menata masa depan bersama pasangan. Dengan kata lain, kamu sudah tidak memikirkan mantan kekasih dan hubungan asmara di masa lalu.

4 dari 7 halaman

Realistis

Sebelum kamu memilih untuk menuju jenjang pernikahan, penting untuk diketahui bahwa bersama dengan saat-saat bahagia, dan saat di mana pasangan akan berharap lebih padamu, tapi ada juga kalanya pasangan akan mengecewakan kamu.

5 dari 7 halaman

Punya visi hidup yang jelas

Alasan Solo Traveling adalah Cara Melepaskan Diri Dari Toxic RelationshipAlasan Solo Traveling adalah Cara Melepaskan Diri Dari Toxic Relationship © © MEN

Anda tidak perlu tahu di mana Anda akan menetap atau karier apa yang akan Anda jalani sepanjang hidup Anda, tetapi salah satu tanda terpenting bahwa Anda siap untuk menikah adalah berada di halaman yang sama ketika datang persolan ingin memiliki punya anak atau tidak.

6 dari 7 halaman

Tidak menguji kesetiaan pasangan

Kalau kamu masih sering menguji kesetiaan pasangan, atau sering membandingkan dirinya dengan mantanmu. Maka hubungan kalian nantinya tidak akan sehat.

Jika kamu sudah bisa untuk mengatasi rasa insecure dan tidak sedikit-sedikit curiga terhadap pasangan, serta takut dia tidak setia, maka kamu patut bersyukur. Itu artinya kamu sudah siap untuk menjalin komitmen dalam berumah tangga.

7 dari 7 halaman

Terbuka soal keuangan

Sunk Cost Fallacy, Wujud Toxic Relationship dalam Konsep KeuanganSunk Cost Fallacy, Wujud Toxic Relationship dalam Konsep Keuangan © © MEN

Jelas artinya bahwa menikah tidak harus seseorang terlebih dulu kaya raya, tapi cukup dengan bertanggung jawab secara finansial sebagai pasangan. Hall itu artinya juga dapat berkomunikasi secara terbuka tentang semua pengeluaran dan pemasukan bersama atau pribadi kamu.

Beri Komentar