Lewat Musik Favoritnya, Kamu Bisa Kepoin Kepribadian Gebetan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 21 Maret 2020 16:00
Lewat Musik Favoritnya, Kamu Bisa Kepoin Kepribadian Gebetan
Rock, Pop, Jazz?

Siapa nih yang suka denegerin musik? Kamu atau gebetan? Pastinya, di antara kalian punya genre musik masing-masing untuk dijadikan playlist favorit, bukan?

Mendengarkan musik dianggap oleh sebagian orang untuk menenangkan pikiran, ataupun refrensi musik baru. Tapi, ternyata musik favorit bisa mengungkapkan kepribadian seseorang lho. Hal ini pun telah terbukti lewat sejumlah penelitian yang dilakukan para ilmuwan. Kira-kira gebetanmu suka musik yang seperti apa nih?

1 dari 7 halaman

Heavy Metal

Genre Musik © Diadona

Kontras dengan genre musik yang terbilang 'keras', penyuka musik-musik cadas justru berhati lembut lho. Menurut Adrian yang mempelajari psikologi musik, kebanyakan penggemar heavy metal punya perasaan sensitif dan mudah berempati pada orang lain.

Bahkan ia rentan tersakiti sehingga butuh sering-sering mendapat pelukan dari orang tersayang.

2 dari 7 halaman

Rock

Genre Musik © Diadona

Kalau gebetanmu suka musik rock klasik, ia pribadi yang pekerja keras, suka menjadi pusat perhatian, dan cenderung egois atau mengutamakan kepentingan diri sendiri sebelum orang lain.

Namun, kepribadian penggemar rock bisa berbeda, tergangtung turunannya. Misalnya saja seperti penyuka rock indie, yang kepribadiannya lebih kreatif dan terbuka dengan hal-hal baru, meski sedikit minder. Sementara punk rock lebih enerjik tapi rasa empatinya rendah.

3 dari 7 halaman

Klasik

Genre Musik © Diadona

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Adrian North, PhD, dikatakan bahwa penyuka musik klasik seperti ciptaan Beethoven, Chophi, Mozart atau Bach, rata-rata memiliki pikiran yang kreatif, kepercayaan tinggi, tapi di sisi lain juga introvert.

4 dari 7 halaman

Folk, Jazz, Blues

Genre Musik © Diadona

Penikmat musik folk, jazz dan blues umumnya berpikiran terbuka, sangat kreatif dan seorang pemikir yang suka membicarakan hal-hal berbau politik. Sehingga mereka suka mendengarkan musik untuk melatih ketajaman otak ketimbang meningkatkan mood.

5 dari 7 halaman

Country

Genre Musik © Diadona

Umumnya penikmat lagu-lagu Dolly Parton, Blake Shelton, Keith Urban dan Miranda Lambert berkarakter menyenangkan, ekstrovert dan pekerja keras. Tapi pemikiran mereka cenderung konservatif dan sulit terbuka pada hal-hal baru terutama pada seni dan musik kontemporer.

6 dari 7 halaman

Hip-Hop

Genre Musik © Diadona

Sifat paling menonjol dari penyuka musik hip-hop adalah keterbukaan. Kalau gebetanmu suka musik ini adalah ia pribadi ekstrovert yang mendapatkan energi dari orang-orang di sekitarnya.

Selain itu, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Peter J. Rentfrow dan Samuel D. Gosling dari University of Texas, terungkap juga bahwa fans musik hip-hop cenderung lebih frontal dalam berucap.

7 dari 7 halaman

Pop

Genre Musik © Diadona

Kalau kamu atau gebetanmu suka musik genre pop, memiliki kepribadian ramah, suka bersosialisasi dan percaya dirinya tinggi. Tapi di sisi lain juga mudah khawatir pada berbagai hal. Mereka biasanya mendengarkan musik-musik easy listening untuk meningkatkan mood.

Nah, kira-kira genre musik favorit gebetanmu apa nih? Beri tanggapan di kolom komentar ya!

Beri Komentar