Kapan ya Waktu yang Tepat Memulai Hubungan Baru Setelah Perceraian?

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 29 Oktober 2020 13:15
Kapan ya Waktu yang Tepat Memulai Hubungan Baru Setelah Perceraian?
Dari mana kita tahu bahwa inilah waktu yang tepat menerima hati yang baru?

Bagi beberapa orang, memulai hubungan baru setelah bercerai memanglah sulit. Banyak pertimbangan yang dipikirkan sepeti anak, perasaan bersama mantan suami, dan beberapa sebab yang bisa jadi membuat hati merasa trauma atas kegagalan yang pernah terjadi. Lalu, bagaimana cara mengetahui bahwa diri kita siap untuk menerima hubungan yang baru?

 

1 dari 6 halaman

Waktu yang Tepat buat Memulai Hubungan Baru Setelah Bercerai

Ilustrasi PasanganIlustrasi Pasangan © Shutterstock.com

Tentu, proses mencari dan memahami hubungan baru setelah perceraian sangatlah berbeda untuk setiap orang. Ada yang siap dengan segala kemungkinan berkencan, bahkan ada pula yang butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa meyakinkan diri bahwa mereka sudah bisa memulai hubungan lagi.

Hal terpenting yang harus kita perhatikan pertama kali adalah emosi diri sendiri. Tanyakan juga pada diri mengapa kita ingin mulai berkencan lagi. Jika tujuan memulai hubungan baru hanya untuk mengobati sakit hati pasca perceraian, ada baiknya untuk menetralkan semua hal itu.

Lalu dari mana seseorang tahu kalau sudah siap buat menjalin hubungan lagi?

2 dari 6 halaman

1. Pikirkan Apa yang Diinginkan untuk Saat Ini dan ke Depannya

Kita terlebih dahulu harus mengetahui apa saja keinginan kita dengan hubungan baru ini. Bisa jadi pada hubungan berikutnya kita ingin mendapatkan karakteristik yang baru dari pasangan. Kemungkinan lainnya adalah kita ingin menemukan seseorang dengan beberapa karakteristik yang sama dengan diri kita. Jika kita sudah bisa menentukannya, barulah kita boleh yakin kalau diri kita sudah siap untuk mengukir cinta yang baru.

3 dari 6 halaman

2. Pastikan Jika Perasaan Kita Sudah Netral Pada Mantan Pasangan

Ilustrasi Pasangan KekasihIlustrasi Pasangan Kekasih © shutterstock.com/winnievinzence

Penting untuk meyakinkan diri tentang perasaan yang kita rasakan. Bisa saja kita masih memiliki sedikit perasaan cinta dan perhatian pada mantan pasangan kan?

Jika kita masih kepikiran akan sosok sang mantan, lebih baik jangan terlalu memaksakan diri lagi membuktikan sesuatu pada mantan. Percaya saja bahwa hal ini tidak akan berakhir dengan lebih baik.

4 dari 6 halaman

3. Kita Sudah Mulai Menjalani Rutinitas Seperti Biasa

Pada saat menjalani proses perceraian, pastinya rutinitas harian kita sedikit banyak terganggu. Hal ini bisa menjadi salah satu yang bisa memastikan bahwa kita sudah siap atau belum memulai hubungan baru setelah bercerai.

Rasakan apa yang ada di dalam diri, apa kita sudah merasa nyaman kembali dengan kerjaan sehari-hari, apa kita sudah merasa produktif seperti sebelum terjadi perceraian. Jika demikian, sepertinya kita memang sudah benar-benar move on dan siap menyambut hidup yang baru.

5 dari 6 halaman

4. Minta Dikenalkan oleh Teman

Ilustrasi Pasangan Bergandengan TanganIlustrasi Pasangan Bergandengan Tangan © shutterstock.com/g/loreanto

Jika 3 pertanda perasaan di atas sudah kita miliki, sekaranglah waktunya kita mencari. Tidak usah terburu-buru. Salah satu cara terbaik untuk bertemu dengan pasangan baru adalah melalui rekomendasi. Hal yang harus kita lakukan adalah membiarkan teman atau orang lain tahu kalau kita sudah dalam status lajang kembali.

6 dari 6 halaman

Mintalah pertolongan teman kita untuk mengenalkan di acara pesta atau pertemuan sosial. Kita tentu juga bisa mengikuti berbagai kegiatan sosial yang memungkinkan kita bertemu dengan orang banyak. Perbayak pergaulan untuk bertemu dengan banyak orang di luar sana. Otomatis, kita akan memiliki peluang yang lebih untuk menerima sosok baru dalam hidup kita.

Beri Komentar