Jarang Diketahui, Durasi Mandi Ternyata Bisa Ungkap Tingkat Kesepian Seseorang Lho!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 18 Juni 2020 18:25
Jarang Diketahui, Durasi Mandi Ternyata Bisa Ungkap Tingkat Kesepian Seseorang Lho!
Kamu tim mandi cepat atau mandi lama nih?

Durasi mandi tiap orang memang berbeda-beda, sebagian orang tak membutuhkan waktu lama untuk mandi. Namun sebagian lainnya justru betah untuk berlama-lama di kamar mandi, bahkan ada yang sampai hitungan jam. Kamu pernah nggak?

Mandi berlama-lama dengan air panas dianggap sering dilakukan oleh mereka yang sedang patah hati atau sebagai cara untuk melepaskan rasa stress yang ada.

Namun, dilansir dari Brightside.com, penelitian yang dilakukan di Yale University Amerika ini justru mengejutkan.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi wanita mandi malamIlustrasi wanita mandi malam © www.bustle.com

Penelitian ini melibatkan 51 peserta dengan usia 18 hingga 45 tahun. Mereka diminta untuk mengisi kuesioner mengenai kebiasaar mereka sehari-hari. Terdapat 3 pertanyaan dalam survei ini mengenai rutinitas mandi, seperti durasi dan suhu air.

Hasilnya menunjukkan jika siswa yang sedang merasa kesepian sebanyak 23% memiliki durasi mandi yang lebih lama dibanding siswa yang tak kesepian.

Menurut peneliti, hal ini menunjukkan jika semakin kesepian seseorang maka akan semakin lama mereka menghabiskan waktu di kamar mandi dan juga semakin hangat suhu air yang digunakan.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi MandiIlustrasi Mandi © unsplash.com/@rpnickson

Untuk memastikan hal ini, peneliti kembali melakukan penelitian dengan kelompok yang lebih tua yakni berusia 19 hingga 65 tahun.

Ternyata hasilnya pun serupa, namun peneliti tidak menemukan adanya hubungan antara durasi mandi dengan tingkat kesepian pada kelompok ini.

Karena orang yang lebih tua cenderung memiliki kebiasaan yang rutin dilakukan. Sedangkan pada anak muda, mereka justru masih berubah-ubah sesuai dengan suasana hati.

Beri Komentar