Jangan Gegabah, Ini Cara Cerdas Hadapi Orang Ketiga dalam Hubungan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 23 Maret 2021 09:15
Jangan Gegabah, Ini Cara Cerdas Hadapi Orang Ketiga dalam Hubungan
Jaga kehormatan, selesaikan masalah secara elegan.

Munculnya orang ketiga dalam sebuah hubungan percintaan memang sangat menyakitkan. Timbul rasa sedih, kecewa, marah, bahkan rendah diri bagi para korbannya.

Biasanya, permasalahan orang ketiga ini diselesaikan dengan cara yang bar-bar dan penuh emosi. Padahal, ada loh cara untuk menghadapi munculnya orang ketiga dengan sikap yang elegan dan terhormat.

Jika kamu sedang dihadapkan dengan masalah tersebut, coba deh simak ulasan berikut ini.

1 dari 4 halaman

1. Kumpulkan bukti-bukti

Ilustrasi Stalking © Diadona

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yakni mengumpulkan bukti. Terlepas dari siapa yang salah atau siapa yang benar, kamu harus benar-benar memahami apa yang terjadi. Jangan buru-buru menyalahkan pihak ketiga, siapa tahu justru pasanganmu yang mulai bermain api. Dan lagi, jangan buru-buru menuduh jikka kamu tak punya cukup bukti.

2. Tenangkan diri

Jika kamu sudah menemukan fakta-fakta mengenai adanya orang ketiga, jangan biarkan emosi negatif menguasaimu. Tetaplah tenang dan pikirkan langkah apa yang akan kamu lakukan. Persiapkan diri terhadap segala kemungkinan, termasuk mendengar pengakuan dari pasangan. Akankah kamu bertahan dan memaafkan atau justru mengakhiri hubungan?

2 dari 4 halaman

3. Konfrontasi pada pasangan

Ilustrasi Konfrontasi © Diadona

Dengan emosi yang sudah stabil dan bukti-bukti yang cukup, ada baiknya jika kamu langsung mengkonfrontasi pasangan. Atau jika ada momen yang jelas-jelas menunjukkan pasanganmu sedang berhubungan dengan si orang ketiga, kamu bisa langsung menangkap basah mereka. Namun ingat, jangan langsung marah-marah dan lepas kendali ya..

4. Jangan buru-buru marah di sosmed

Salah satu hal yang paling penting yakni jangan mengumbar masalahmu dengan pasangan di sosmed. Tahan diri dan jangan luapkan amarah di sosmed, apalagi sampai menandai orang ketiga tersebut. Hal tersebut memang bisa terlihat efektif untuk memberi 'pelajaran' bagi orang ketiga, tapi tentunya hal ini bisa merendahkan dirimu dan membuat kamu sendiri malu loh..

3 dari 4 halaman

5. Pikirkan kemungkinan konfrontasi pada orang ketiga

Ilustrasi Perempuan Merenung © Diadona

Perasaan terkhianati oleh sesama perempuan memang menimbulkan rasa sakit hati yang tak terkira, sehingga wajar saja jika kamu ingin melakukan konfrontasi padanya. Namun perlu diingat, pikirkan lagi apa tujuanmu melakukan konfrontasi padanya? Jika memang kamu perlu mendengar pendapatnya, maka hal ini sah-sah saja untuk dilakukan. Tapi jika kamu hanya ingin marah-marah dan meluapkan emosi, kayaknya mending nggak usah deh.

6. Jangan balas dendam sembarangan

Namanya amarah tentu bisa dilampiaskan dengan cara beragam, salah satu yang sering terjadi yakni dengan melakukan balas dendam. Namun sebaiknya kamu jangan buru-buru balas dendam pada orang ketiga tersebut deh. Bisa jadi yang salah justru pasanganmu loh.. Lagipula, melakukan balas dendam murahan hanya akan membuat reputasimu menjadi jelek di mata orang lain.

4 dari 4 halaman

7. Minta saran orang terpercaya

ilustrasi wanita curhat © Diadona

Jika kamu nggak sanggup menghadapi masalah ini sendiri, sebaiknya beceritalah dan minta saran pada orang terpercaya deh. Pastikan dia nggak bermulut ember yang bisa menyebarkan masalah ini pada orang lain ya. Kadangkala, saran orang lain juga perlu untuk menjadi pertimbangan bagaimana kamu harus bersikap.


Well, itu dia 7 cara yang bisa kamu lakukan jika hubunganmu dirusak oleh orang ketiga. Pikirkan baik-baik, apakah hubunganmu masih bisa dilanjutkan atau lebih baik diakhiri saja.

Beri Komentar