Jangan Diem-Diem Bae, Gini loh Tips Menjaga Pertemanan Tetap Awet dan Sehat sampai Masa Tua

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 30 Juli 2020 18:15
Jangan Diem-Diem Bae, Gini loh Tips Menjaga Pertemanan Tetap Awet dan Sehat sampai Masa Tua
Pertemanan itu wajib dijaga loh, biar nggak ada kecurangan..

Pertemanan atau bahkan persahabatan adalah satu hal yang nggak bisa dilepaskan dari hidup manusia. Sebuah studi di Flinders Universitu, Adelaide, bahkan menyebut jika pertemanan yang kuat bisa memperpanjang hidup seseorang loh.

Tanpa disadari, teman atau sahabat adalah keluarga kedua yang bisa kita pilih sendiri. Meski nggak ada persahabatan yang sempurna, tapi persahabatan yang sehat itu justru bisa dinikmati loh.

Nah, biar persahabatan itu bisa tetap awet dan sehat sampai bertahun-tahun, maka ada hal-hal yang perlu kamu lakuin loh. Merangkum dari Psychology Today, berikut adalah tips penting menjaga persahabatan.

1 dari 6 halaman

1. Jujur

Ilustrasi PersahabatanIlustrasi Persahabatan © freepik.com/freepik

Bukan hanya soal percintaan, persahabatan pun memerlukan kejujuran dan keterusterangan. Jika kamu sudah memutuskan untuk bersahabat baik dengan seseorang, maka keterbukaan diri adalah hal penting yang bisa membuat kalian tetap terhubung.

2 dari 6 halaman

2. Selalu memperbaiki kesalahan

Hubungan persahabatan pun bisa dibilang jauh dari kata sempurna. baik kamu dan dia bisa saja melakukan kesalahan yang melukai salah satu pihak.

Kalau udah kayak gitu, jalan terbaik untuk mempertahankan persahabatan hanya bisa dilalui dengan mengakui kesalahan dan meminta maaf. Jangan gengsi kalau emang beneran salah. Lagian, persahabatan yang baik itu perlu dilandasi dengan rasa pengertian kan?

3 dari 6 halaman

3. Luangkan waktu bersama

Ilustrasi PersahabatanIlustrasi Persahabatan © shutterstock.com/PRImageFactory

Meluangkan waktu bersama teman itu penting banget untuk menjaga komunikasi dan hubungan. Tapi perlu disadari, quality time itu harus diimbangi dengan pemahaman dan rasa menghargai apa yang mereka rasakan.

Jangan terlalu memaksa dia untuk menuruti kesenanganmu. Karena bagaimana pun juga, pertemanan itu perlu keterbukaan mengenai berbagai hal kan?

4 dari 6 halaman

4. Jangan banyak berharap

Nggak semua orang bisa mengekspresikan apa yang dirasakannya secara gamblang. Setiap orang pasti punya cara dan sudut pandang yang berbeda mengenai kepedulian pada sahabat.

Jadi, jangan harap dia bisa mengekspresikan banyak hal seperti dirimu ya. Bisa jadi, dia justru punya trik tersendiri untuk mengungkapkan kepeduliannya.

5 dari 6 halaman

5. Jauhkan sikap sinis

Ilustrasi PersahabatanIlustrasi Persahabatan © shutterstock.com/oduaimages

Bagaimana pun perangai seseorang, sinisme itu bisa terlihat loh. Nah, untuk menjaga persahabatan itu tetap awet, maka kamu pun sebaiknya lebih mengasihi sahabatmu dan bukannya menunjukkan sinisme.

Kalau kamu ingin sahabatmu bersikap baik, maka kamu tentu harus melakukan hal yang serupa dong?

6 dari 6 halaman

Nah itu dia beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk menjaga pertemanan agar tetap awet dan sehat. Meski nggak ada jaminan pasti bahwa persahabatan itu bisa awet, tapi nggak ada salahnya untuk mempraktikan hal tersebut kan?

Anyway, selamat hari persahabatan ya..

Beri Komentar